Roboguru

Apabila kamu akan membuat kursi atau meja, sifat bahan yang bagaimanakah yang akan kamu pilih? Apa contoh jenis bahan yang kamu gunakan?

Pertanyaan

Apabila kamu akan membuat kursi atau meja, sifat bahan yang bagaimanakah yang akan kamu pilih? Apa contoh jenis bahan yang kamu gunakan?undefined 

Pembahasan Soal:

Untuk membuat kursi dapat digunakan bahan yang kuat dan mudah dibentuk, contohnya kayu.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Dwi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut pendapat kamu bagaimanakah ciri alat yang terbuat dari bahan-bahan yang termasuk serat, keramik, karet, dan plastik?

Pembahasan Soal:

Bahan serat merupakan bahan yang diperolah dari serat alami (tumbuhan, hewan, dan mineral) dan serat sintetis. Bahan keramik merupakan bahan yang diperoleh dari pengolahan tanah liat. Bahan karet merupakan bahan elastis yang diperoleh dari karet alam (getah pohon karet) dan karet sintetis. Plastik merupakan salah satu jenis polimer.

Ciri-ciri alat dari:

  • Bahan serat
    lembut, dapat menyerap air
  • Bahan keramik
    keras, mudah pecah
  • Bahan karet
    elastis, kuat
  • Bahan plastik
    elastis, tahan air

0

Roboguru

Berdasarkan elastisitasnya, bahan berikut yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaraan bermotor adalah ....

Pembahasan Soal:

Elastisitas merupakan kemampuan suatu benda untuk mempertahankan diri ketika terkena tarikan atau dorongan (gaya) dan mampu untuk kembali ke ukuran serta bentuk awal ketika gaya tersebut dihilangkan. Tahukah kamu terbuat dari bahan apa skok kendaraan tersebut? Skok kendaraan umumnya terbuat dari baja, dipilih baja karena memiliki elastisitas yang tinggi. Oleh karena itu, ketika skok diberi tarikan atau dorongan akibat melewati jalanan yang berlubang, skok dapat dengan mudah kembali ke ukuran dan bentuk awal. Kemampuan ini disebabkan baja memiliki kisi-kisi atau pola geometris susunan atom yang unik, pola geometris susunan atom ini akan mengalami perubahan ukuran ketika diberi gaya. Ketika gaya dihilangkan, pola geometris susunan atom akan kembali ke keadaan semula.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Perhatikan gambar kursi roda di bawah ini! Sebutkan nama jenis bahan yang ditunjuk oleh tanda panah. Setelah itu, jelaskan sifat bahan tersebut dan analisalah alasan pabrik menggunakan bahan terseb...

Pembahasan Soal:

A. kulit/ kulit sintetis fungsinya untuk estetika, menambah kenyamanan kursi roda dan melapisi busa.
B. Stainless steel atau sejenisnya, berfungsi sebagai rangka untama kursi roda yang menopang kursi roda tersebut.
C. Busa/ Sponge, berfungsi untuk memberikan kenyamanan dengan menambah bidang luas permukaan sentuh tubuh sehingga mengurangi tekanan.
D. roda karet / plastik. berfungsi untuk memperkecil gesekan sehingga kursi roda dapat digerakan dengan mudah.

Pabrik menggunakan bahan-bahan tersebut karena sesuai dengan fungsi masing-masing bahan mendukung fungsi roda keseluruhan, mulai dari kenyamanan, keamanan, dan fungsi utama kursi roda.

0

Roboguru

Sebutkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat konstruksi jembatan beserta fungsinya!

Pembahasan Soal:

Bahan untuk membuat konstruksi jembatan beton yaitu:

  1. agregat (kerikil), pasir, batu pecah. Agregat yang terdiri dari kerikil, pasir,  batu pecah apabila dipakai bersama-sama dengan bantuan media perekat akan membentuk beton. Kemudian beton ini digunakan untuk membuat kolom, pelat lantai, dinding, dll. 
  2. Baja, baja adalah jenis logam yang merupakan perpaduan antara besi (Fe) dan carbon (Ca) dengan kandungan tertentu. Pada konstruksi jembatan, baja biasanya digunakan sebagai rangka baja, beton bertulang baja, pelat, dll. Penggunaan baja ini dikarenakan baja memiliki ketahanan yang baik sehingga jembatan dapat tahan dari beban berat, terpaan angin, dan cuaca ekstrem. 
  3. Karet, karet bermutu tinggi biasanya juga digunakan sebagai bantalan jembatan (Bridge Bearing). Tujuan penggunaan bantalan karet tersebut adalah untuk mengakomodir gaya yang timbul akibat adanya beban yang diakibatkan oleh adanya pemuaian, beban hidup, beban kendaraan, getaran akibat aktivitas seismik, dll.
  4. Beton, merupakan bahan buatan yang terdiri atas campuran semen, air, agregat kasar, agregat halus, dan bahan tambahan lainnya. Beton ini biasanya merupakan bahan pokok pembuatan jembatan, seperti bahan untuk pondasi, bangunan bawah, bangunan atas, dan bangunan pelengkap.
  5. Beton bertulang (besi beton), adalah kombinasi antara beton dan baja yang berfungsi untuk menahan gaya tekan, yang biasanya digunakan untuk kolom atau pondasi supaya memiliki kekuatan topang yang baik.

Jadi, bahan untuk membuat kontruksi jembatan, diantaranya adalah : Agregat, baja, karet, beton, besi beton.

0

Roboguru

Karakteristik khas yang dimiliki oleh setiap benda adalah....

Pembahasan Soal:

Setiap benda tersusun atas atom - atom dan molekul - molekul yang berbeda ukuran, susunan, dan massa, yang memengaruhi massa jenis dari benda tersebut. Oleh karena itu, setiap benda memiliki massa jenis yang khas/berbeda dengan benda lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved