Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apabila harga naik maka jumlah penawaran....

Apabila harga naik maka jumlah penawaran....space space 

Iklan

N. Nurlaila

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berdasarkan penjelasan tersebut, jika harga barang naik maka jumlah penawaran juga akan naik.

berdasarkan penjelasan tersebut, jika harga barang naik maka jumlah penawaran juga akan naik. space space 

Iklan

Pembahasan

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu pengertian dari penawaran. Penawaran adalah jumlah barang/jasa yang ditawarkan oleh produsen (penjual) pada berbagai tingkat harga dalam periode tertentu. Berikut ini adalah faktor - faktor yang dapat mempengaruhi penawaran : Harga barang tersebut , harga barang yang dijual memiliki pengaruh positif (berbanding lurus) dengan jumlah penawaran yaang berarti kenaikan harga barang yang dijual akan berpengaruh terhadap kenaikan jumlah barang yang ditawarkan. Hal ini sesuai dengan yang tertera didalam hukum penawaran. Biaya produksi , yang termasuk kedalam biaya produksi adalah biaya darifaktor produksi maupun biaya operasional dari pembuatan suatu barang. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan. Biaya produksi memiliki pengaruh negatif (berbanding terbalik) terhadap jumlah barang yang ditawarkan, atau dengan kata lain semakin tinggi biaya produksi maka jumlah barang yang ditawarkan akan menurun begitupun sebaliknya. Harga barang lain , sama halnya dengan permintaan yang dimaksud dengan barang lain adalah barang subtitusi (pengganti) dan barang komplementer (pelengkap) . Harga dari kedua barang tersebut berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan. Jumlah penjual , banyaknya jumlah penjual akan menentukan jumlah barang yang ditawarkan karena penjual harus menentukan harga jual yang kompetitif untuk dapat bersaing dengan penjual lainnya. Sehingga berdasarkan penjelasan tersebut, jika harga barang naik maka jumlah penawaran juga akan naik .

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu pengertian dari penawaran. Penawaran adalah jumlah barang/jasa yang ditawarkan oleh produsen (penjual) pada berbagai tingkat harga dalam periode tertentu. Berikut ini adalah faktor - faktor yang dapat mempengaruhi penawaran : 

  • Harga barang tersebut, harga barang yang dijual memiliki pengaruh positif (berbanding lurus) dengan jumlah penawaran yaang berarti kenaikan harga barang yang dijual akan berpengaruh terhadap kenaikan jumlah barang yang ditawarkan. Hal ini sesuai dengan yang tertera didalam hukum penawaran. 
  • Biaya produksi, yang termasuk kedalam biaya produksi adalah biaya dari faktor produksi maupun biaya operasional dari pembuatan suatu barang. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan. Biaya produksi memiliki pengaruh negatif (berbanding terbalik) terhadap jumlah barang yang ditawarkan, atau dengan kata lain semakin tinggi biaya produksi maka jumlah barang yang ditawarkan akan menurun begitupun sebaliknya. 
  • Harga barang lain, sama halnya dengan permintaan yang dimaksud dengan barang lain adalah barang subtitusi (pengganti) dan barang komplementer (pelengkap). Harga dari kedua barang tersebut berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan.
  • Jumlah penjual, banyaknya jumlah penjual akan menentukan jumlah barang yang ditawarkan karena penjual harus menentukan harga jual yang kompetitif untuk dapat bersaing dengan penjual lainnya. 

Sehingga berdasarkan penjelasan tersebut, jika harga barang naik maka jumlah penawaran juga akan naikspace space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ditinjau dari sudut penjual atau produsen, hukum ini berbanding lurus dengan harga. Jadi, ada kecenderungan bila harga naik, penjual atau produsen menambah jurnlah barang yang akan dijual. Kalimat ter...

39

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia