Roboguru

Pertanyaan

Apa yg dimaksud dengan bioteknologi ? Apa saja ciri-ciri nya ? Apa saja macam-macam dan manfaat bioteknologi ?  

  1. . . .  

  2. . . .  

R. Dwi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Bioteknologi merupakan pemanfaatan prinsip-prinsip dan rekayasa terhadap organisme, sistem atau proses biologis untuk menghasilkan atau meningkatkan potensi organisme maupun menghasilkan produk dan jasa bagi kepentingan hidup manusia.Terdapat 2 jenis bioteknologi, yaitu:  

  • Bioteknologi konvensional: rekayasa yang terjadi masih dalam tingkat yang terbatas, terjadi secara alami, dan menggunakan jasad hidup secara utuh. Manipulasi yang dilakukan hanya sebatas manipulasi pada lingkungan dan media tumbuh serta tidak sampai pada tahap rekayasa genetika.  
    Ciri-ciri :
    menggunakan cara-cara/teknik sederhana, alat sederhana, diproduksi dalam jumlah kecil, dan dapat dilakukan oleh masyarakat umum. 
  • Bioteknologi Modern: menggunakan teknik rekayasa tingkat tinggi dan terarah, sehingga hasilnya dapat dikendalikan dengan baik. Teknik yang sering digunakan adalah dengan melakukan manipulasi genetik pada suatu jasad hidup secara terarah sehingga diperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan.  
    Ciri-ciri :   
    menggunakan cara/teknik yang modern, alat canggih atau kompleks, diproduksi dalam jumlah yang besar dan hanya dapat dilakukan oleh ahli. 

Manfaat bioteknologi

  • Bidang industri: produksi makanan melalui proses fermentasi sehingga makanan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama, seperti yogurt, tapai, kecap, bir, kimchi.  
  • Bidang pertanian: meningkatkan daya hasil tanaman, ketahanan terhadap gangguan hama, serta memperbaiki kualitas produk tanaman (ukuran, warna, kandungan bahan tertentu, ketahanan penyimpanan, dan lain-lain).  
  • Bidang kesehatan: adanya teknologi bayi tabung yang dapat membantu pasangan suami-istri yang sulit mendapatkan keturunan agar dapat memiliki keturunan.
  • Bidang farmasi: dapat menghasilkan antibiotik yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh mikroorganisme (seperti bakteri).  

 

21

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pada umumnya implikasi bioteknologi bagi kehidupan manusia bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, bioteknologi juga berdampak negatif dengan hilangnya plasma nutfah. Akib...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia