Roboguru

Apa yang terjadi jika mentransmisikan energi listrik dari pusat pembangkit yang jauh dari beban digunakan tegangan rendah?

Pertanyaan

Apa yang terjadi jika mentransmisikan energi listrik dari pusat pembangkit yang jauh dari beban digunakan tegangan rendah? 

Pembahasan Soal:

Besarnya energi listrik sebanding dengan dengan besarnya tegangan dan arus listrik. Saat ebergi listrik ditransmisikan menggunakan tegangan rendah maka akan arus lsitrik yang ditransmisikan akan menjadi sangat tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya, karena arus lsitrik lebih berbahaya dari tegangan listrik. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Haq

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang terjadi jika mentransmisikan energi listrik dari pusat pembangkit yang jauh dari beban digunakan listrik DC?

Pembahasan Soal:

Jika mentransmisikan energi listrik dari pusat pembangkit yang jauh dari beban digunakan listrik DC maka tegangan yang ditransmisikan tidak dapat diperbesar menggunakan transformator hal ini menyebabkan daya yang hilang diserap penghantar akan lebih besar dan energi listrik yang diterima akan menjadi semakin sedikit. 

0

Roboguru

Gambar berikut menunjukkan susunan saat magnet-magnet permanen kecil, yang menempel pada sabuk berjalan digerakkan di bawah alat deteksi. Alat terdiri atas sebuah kumparan kawat yang dililitkan pada s...

Pembahasan Soal:

Penyelesaian:

Ketika sabuk berjalan, maka setiap magnet permanen kecil mengalami perubahan GGL induksi karena ada magnet yang bergerak terhadap kumparan. Fenomena pada kasus ini memiliki kesamaan dengan generator arus bolak-balik. Berikut grafik perubahan GGL induksi terhadap waktu pada sistem gambar sehingga dapat dihasilkan pulsa yang memiliki suatu bagian positif dan bagian negatif.

(i) Ketika kumparan pada posisi horizontal (t = T/4), pergerakan kumparan tegak lurus terhadap medan magnetik. Pada posisi ini, laju perubahan fluks magnetik yang memotong kumparan mencapai maksimum sehingga GGL induksi akan mencapai nilai maksimum. Arah arus induksi adalah dari X ke Y melalui beban listrik. Tegangan X lebih besar dari tegangan Y dan disebut sebagai tegangan keluaran positif.

(ii) Ketika kumparan pada posisi vertikal (t = T/2), pergerakan kumparan sejajar terhadap medan magnetik sehingga tidak terjadi perubahan fluks magnetik yang memotong kumparan dan tidak ada GGL yang diinduksikan atau GGL = 0.

(iii) Ketika kumparan pada posisi horizontal kembali (t = 3T/4), pergerakan kumparan tegak lurus terhadap medan magnetik, tetapi posisinya bertukar. Pada posisi ini, laju perubahan fluks magnetik yang memotong kumparan mencapai maksimum sehingga GGL induksi akan mencapai nilai maksimum kembali. Arah arus induksi adalah dari Y ke X melalui beban listrik. Tegangan X lebih kecil dari tegangan Y dan disebut sebagai tegangan keluaran negatif.

Dengan demikian, pulsa yang dihasilkan oleh tiap magnet memiliki suatu bagian positif dan bagian negatif dikarenakan terjadinya perubahan medan magnetik yang memotong bidang permukaan pada arah yang berbeda.

0

Roboguru

Gambar berikut menunjukkan sebuah generator AC.   Grafik yang menampilkan GGL induksi dalam kumparan dengan tepat adalah ...

Pembahasan Soal:

Gambar tersebut merupakan generator arus bolak balik. Jika suatu rangkaian dialiri arus bolak-balik, maka akan timbul fluks magnetik yang juga berubah-ubah terhadap waktu. Perubahan fluks magnetik yang terjadi akan menginduksi kumparan dalam rangkaian itu sendiri, sehingga akan menimbulkan ggl induksi. Nilai GGL induksi yang timbul selalu berubah-ubah secara sinusoidal

Dengan demikian, grafik yang menampilkan GGL induksi dalam kumparan dengan tepat adalah grafik B. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kelompok alat-alat elektronik yang menerapkan prinsip gaya Lorentz adalah....

Pembahasan Soal:

Motor listrik digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Beberapa motor listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya motor listrik pada kipas angin berfungsi untuk menggerakkan baling-baling. Motor listrik memiliki beberapa komponen, diantaranya magnet tetap dan kumparan. Jika ada arus listrik yang mengalir pada kumparan yang terletak dalam medan magnet, maka kumparan tersebut akan mengalami gaya Lorentz sehingga kumparan akan berputar. Alat elektronik yang memanfaatkan prinsip gaya Lorentz adalah blender, mesin cuci, cooling pad (kipas PC atau laptop).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Kelompok alat berikut ini yang bekerja berdasarkan prinsip elektromagnet adalah ...

Pembahasan Soal:

Telepon, galvanometer dan relai termasuk alat yang bekerja berdasarkan prinsip elektromagnet. Sehingga, jawabannya adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved