Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah? Identifikasikan5 komponen abiotik yang ada padaekosistem sawah!

Apa yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah? Identifikasikan 5 komponen abiotik yang ada pada ekosistem sawah!space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik.

keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Sawah merupakan suatu ekosistem berupa lahan pertanian dengan permukaan tanah yang rata dan terdapat pematang sebagai pembatas. Ekosistem sawah merupakan salah satu contoh ekosistem buatan, karena sawah merupakan tempat budidaya atau tempat bercocok tanam petani.Sawah memiliki fisik permukaan yang rata, berair, dan umumnya ditanami padi, palawija, maupun tanaman lainnya. Keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Seperti komponen abiotik dan biotik yang ada di dalam lingkungan sawah. 5 komponen abiotik yang ada di sawah antara lain cahaya matahari,tanah, bebatuan, udara, dan air. Ekosistem sawah terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup yang berada di ekosistem sawah. Sedangkan komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik. Dengan demikian, keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik.

Sawah merupakan suatu ekosistem berupa lahan pertanian dengan permukaan tanah yang rata dan terdapat pematang sebagai pembatas. Ekosistem sawah merupakan salah satu contoh ekosistem buatan, karena sawah merupakan tempat budidaya atau tempat bercocok tanam petani. Sawah memiliki fisik permukaan yang rata, berair, dan umumnya ditanami padi, palawija, maupun tanaman lainnya.

Keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Seperti komponen abiotik dan biotik yang ada di dalam lingkungan sawah. 5 komponen abiotik yang ada di sawah antara lain cahaya matahari, tanah, bebatuan, udara, dan air.

Ekosistem sawah terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup yang berada di ekosistem sawah. Sedangkan komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik.space 

Dengan demikian, keseimbangan ekosistem sawah dipengaruhi oleh interaksi antara komponen ekosistem di dalam sawah itu sendiri. Komponen abiotik meliputi tanah, air, garam mineral, udara, dan cahaya matahari yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup komponen biotik.

5rb+

QIRANI MAYANDARI ZAUSTIA

Makasih ❤️

Adrian Zidan Hutomo Putero

Ini yang aku cari!

WISNU AL FHATIH

Pembahasan lengkap banget

Reyno Affarel

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan 5 komponen abiotik yang memungkinkan mempengaruhi keseimbangan ekosistem ladang!

77

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia