Roboguru

Apa yang menyebabkan golongan muda memilih kota Rengasdengklok sebagai tempat untuk mengamankan Soekarno dan Moh. Hatta pada tanggal 16 Agustus 1945?

Pertanyaan

Apa yang menyebabkan golongan muda memilih kota Rengasdengklok sebagai tempat untuk mengamankan Soekarno dan Moh. Hatta pada tanggal 16 Agustus 1945?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Para pemuda malam itu sekitar pukul 24.00 tanggal 15 Agustus mengadakan pertemuan di Jl Cikini 71 Jakarta. Para pemuda yang hadir, antara lain Sukarni, Wikana, Yusuf Kunto, Chaerul Saleh, dan Shodanco Singgih. Mereka sepakat untuk membawa Sukarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Tujuannya, agar kedua tokoh ini jauh dari pengaruh Jepang dan bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dipilihnya daerah Kawedanan Rengasdengklok, karena daerah itu terpencil yaitu 15 km dari Kedunggede, Karawang. Selain itu, juga ada hubungan baik antara Daidan Peta Purwakarta dan Daidan Jakarta, sehingga dari segi keamanan terjamin.

Dengan demikian, golongan muda memilih kota Rengasdengklok karena lokasinya terpencil dan jauh dari pengaruh Jepang yang membuat segi keamanan pun terjamin.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan waktu tentang kapan proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan telah menyebabkan terjadinya....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok terjadi sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 1945. Penyebab peristiwa Rengasdengklok adalah perbedaan pandangan waktu tentang pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia antara golongan tua dan golongan muda. Perbedaan paham tentang waktu pengumuman Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menyebabkan ketegangan antara golongan tua dan golongan muda. Ketegangan bermula dari berita kekalahan Jepang yang menyerah tanpa syarat pada Sekutu 15 Agustus 1945. Golongan muda menghendaki proklamasi kemerdekaan secepatnya dengan mengacu pada berita yang diterima lewat radio BBC tentang kekalahan Jepang terhadap Sekutu, namun golongan tua menghendaki kemerdekaan yang terstruktur menunggu sidang PPKI dan atas ijin dari pemerintahan Jepang saat itu dengan tujuan agar tidak terjadi pertumpahan darah.undefined

Dengan demikian, perbedaan waktu tentang kapan proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan telah menyebabkan terjadinya peristiwa Rengasdengklok.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Ceritakan kembali peristiwa sebelum proklamasi dilaksanakan dalam bentuk tulisan!

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan merupakan bentuk pernyataan sikap atau deklarasi kemerdekaan Indonesia atas segala bentuk penjajahan. Peristiwa pembacaan teks proklamasi berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945. Teks tersebut dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Moh. Hatta di Jalan Pegangsaan Timur No 56. Pelaksanaan proklamasi kemerdekaan pada mulanya berawal dari tersiarnya berita kekalahan serta menyerahnya Jepang atas sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Golongan muda mendesak golongan tua, dalam hal ini Soekarno dan Moh. Hatta, agar segera memperoklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun Soekarno dan Moh. Hatta menolak untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia secara tergesa-gesa. Mereka berdua memilih untuk merapatkan segala hal terlebih dahulu terkait kemerdekaan Indonesia dalam sidang PPKI yang rencana digelar pada tanggal 16 Agustus 1945. Namun hal tersebut justru membuat golongan muda melakukan aksi penculikan dengan membawa Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Setelah kembali dari Rengasdengklok, para pemimpin Nasional segera merumuskan naskah proklamasi di kediaman Laksamana Maeda. Proses perumusan tersebut melibatkan empat tokoh, yakni Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Soebardjo, dan Soekarni. Teks proklamasi tersebut selanjutnya diketik oleh Sayuti Malik.

Dengan demikian, urutan peristiwa sebelum proklamasi adalah kekalahan atau penyerahan Jepang atas sekutu, Peristiwa Rengasdengklok, dan terakhir adalah perumusan naskah proklamasi.

0

Roboguru

Ketegangan di Rengasdengklok dapat diakhiri setelah....

Pembahasan Soal:

Aksi Peristiwa Rengasdengklok pada awalnya dimaksudkan untuk menekan Sukarno dan Hatta agar bersedia segera memproklamirkan kemerdekaan, tetapi karena wibawa dua tokoh bangsa itu, para pemuda pun merasa segan. Sementara itu di Jakarta, Achmad Soebardjo yang termasuk tokoh dari golongan tua mengetahui peristiwa tersebut. Ia lantas menemui Wikana, salah satu tokoh pemuda. Pembicaraan pun dilakukan dan disepakati bahwa kemerdekaan harus segera dideklarasikan di Jakarta dengan syarat Soekarno dan Hatta dibawa kembali ke Jakarta. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Ketegangan di Rengasdengklok dapat diakhiri setelah....

Pembahasan Soal:

Ketegangan dapat mereda setelah Ahmad Subarjo selaku penasihat PPKI datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Golongan pemuda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Tujuannya adalah menghindari kedua tokoh dari pengaruh Jepang dan meyakinkan kembali agar proklamasi kemerdekaan segera dilaksanakan. Latar belakang peristiwa Rengasdengklok adalah terdapat perbedaan antara golongan tua dan golongan muda mengenai waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekanaan. Golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi, Soekarno dan Hatta tidak ingin terburu-buru dan menginginkan proklamasi sesuai dengan PPKI, dikarenakan kekuasaan Jepang masih mendominasi Indonesia dan takut akan adanya pertumpahan darah pada saat proklamasi. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved