Roboguru

Apa yang menjadi dasar penggolongan makhluk hidup dalam sistem klasifikasi lima kingdom?

Pertanyaan

Apa yang menjadi dasar penggolongan makhluk hidup dalam sistem klasifikasi lima kingdom? 

Pembahasan Soal:

Klasifikasi atau penggolongan makhluk hidup adalah cara para ahli biologi dalam mengelompokkan dan mengategorikan spesies dari organisme sehingga memudahkan dalam melakukan penelitian ataupun lainnya. Metode dalam pembuatan klasifikasi makhluk hidup ini yaitu dengan mencari persamaannya, baik persamaan anatomi (struktur tubuh), morfologi (bentuk luar tubuh), fisiologi (fungsi alat tubuh), perilaku, serta hubungan kekerabatan genetika. Salah satu ilmuwan yaitu Robert Whittaker membuat sistem klasifikasi lima kingdom berdasarkan:

  1. ciri morfologi (bentuk luar),
  2. anatomi (susunan tubuh),
  3. fisiologi,
  4. sifat-sifat biokimia,
  5. genetik.

Jadi, dasar penggolongan makhluk hidup dalam sistem klasifikasi lima kingdom adalah berdasarkan kesamaan ciri morfologi, anatomi, fisiologi, sifat biokimia, dan genetik.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Handoko

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jawablah pertanyaan berikut, Berdasarkan gambar di bawah! Berdasarkan struktur sel yang dimiliki, organisme yang mewakili kelima kingdom dapat disederhanakan menjadi dua kelompok besar. Tuliskan ke...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan struktur sel yang dimiliki, organisme dapat disederhanakan menjadi dua yaitu organisme yang prokariotik dan eukariotik. Perbedaan ini berdasarkan keberadaan membran inti. Anggota dari organisme prokariotik adalah kingdom monera karena anggota dari kingdom ini belum memilki membran inti. Sedangkan, anggota dari organisme eukariotik adalah protista, fungi, plantae, dan animalia. Keempat kingdom tersebut telah memliki membran inti.space 

Jadi, berdasarkan struktur sel yang dimiliki, organisme dapat dibedakan menjadi dua yaitu organisme prokariotik dengan anggota monera, dan organisme eukariotik dengan anggota protista, fungi, plantae, animalia.space

0

Roboguru

Sistem klasifikasi yang dikembangkan pertama kali oleh ilmuan adalah ....

Pembahasan Soal:

Sistem klasifikasi mahluk hidup pertama kali dipelopori oleh Carolus Linnaeus pada abad ke 18 (1735) dengan mengklasifikasikan makhluk hidup ke dalam dua kelompok besar, yaitu tumbuhan (kingdom plantae) dan hewan (kingdom animalia). Kingdom plantae adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri dan tidak dapat bergerak bebas sedangkan kingdom animalia makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan bergerak bebas. Sistem klasifikasi ini disebut dengan sistem klasifikasi dua kingdom. Dengan demikian, pengelompokkan makhluk hidup pertama yang dicetuskan ilmuan adalah sistem dua kingdom.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Apa perbedaan sistem klasifikasi tiga kingdom dan empat kingdom?

Pembahasan Soal:

Sistem pengklasifikasian organisme selalu berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Beberapa sistem klasifikasi organisme yang telah dikembangkan hingga saat ini oleh para ahli taksonomi adalah sistem klasifikasi dua kingdom, tiga kingdom, empat kingdom, dan lima kingdom. Adapun perbedaan dari sistem klasifikasi tiga kingdom dan empat kingdom diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem klasifikasi tiga kingdom dikemukakan oleh Ernst Haeckel, sedangkan sistem klasifikasi empat kingdom diperkenalkan oleh Herbert Copeland.
  • Sistem tiga kingdom ditandai dengan munculnya kelompok organisme yang tidak tergolong tumbuhan atau hewan, sedangkan sistem empat kingdom muncul setelah ditemukannya mikroskop elektron.
  • Sistem tiga kingdom terbagi menjadi kingdom Protista, Plantae, dan Animalia, sedangkan sistem empat kingdom terbagi menjadi kingdom Monera, Protista, Plantae, dan Animalia.space space 

 

0

Roboguru

Sistem klasifikasi merupakan hasil dari pengetahuan kita terhadap makhluk hidup karena....

Pembahasan Soal:

Sistem klasifikasi ini digunakan untuk memudahkan manusia dalam memahami dan belajar tentang makhluk hidup. Pengelompokan ini dapat didasarkan pada persamaan ciri yang ada pada makhluk hidup ini. Sistem klasifikasi ini akan terus berkembang sesuai dengan meningkatnya pengetahuan manusia terhadap ilmu pengetahuan itu sendiri. 

Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah A.space space

0

Roboguru

Sistem klasifikasi makhluk hidup pertama kali dipelopori oleh ....

Pembahasan Soal:

Sistem klasifikasi mahluk hidup pertama kali dipelopori oleh Carolus Linnaeus pada abad ke 18 dengan mengklasifikasikan makhluk hidup ke dalam dua kelompok besar, yaitu tumbuhan (kingdom plantae) dan hewan (kingdom animalia). Sistem klasifikasi ini disebut dengan sistem klasifikasi 2 kingdom. Carolus Linnaeus juga mengenalkan sistem tata nama ganda yang disebut dengan binomial nomenklatur. Aturan sistem tata nama ganda tersebut adalah:

  • Menggunakan nama latin atau dilatinkan
  • Terdiri atas dua suku kata
  • Huruf pertama pada kata pertama ditulis dengan huruf kapital, dan huruf kedua diawali dengan huruf kecil
  • Ditulis miring atau digaris bawah
  • Kata pertama menunjukan genus, dan kata kedua menunjukkan penunjuk spesies

Contohnya: Zea mays, Felis tigris, Mangifera indica

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved