Roboguru

Apa yang menjadi bukti Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 15...

Pertanyaan

Apa yang menjadi bukti Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 15...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sumber sejarah yang menyatakan agama Islam mulai masuk nusantara pada abad ke-15 Masehi adalah:

  • Catatan Ma-Huan adalah seorang musafir China Islam yang memberitakan pada abad ke-15 Masehi sebagian besar masyarakat Pantai Utara Jawa Timur telah memeluk Islam.
  • Pemakaman muslim kuno di Troloyo dan Trowulan Mojokerto Jawa Timur berangka tahun 1457 Masehi. Adanya pemakaman muslim tersebut membuktikan bangsawan Kerajaan Majapahit sudah memeluk agama Islam pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk.
  • Makam salah seorang Wali Songo pada makam salah satu dari Wali Songo di daerah Gresik dari Jawa Timur pada batu nisannya tertulis nama Malik Ibrahim (Bangsa Persia) yang wafat pada 1419 Masehi.
  • Catatan Suma Oriental oleh Tome Pires musafir Portugal bernama Tome Pires menulis catatan berjudul "Suma Oriental que trata do Mar Roxo ate aos Chins" (Ikhtisar Wilayah Timur dari Laut Merah hingga Negeri China) pada 1512-1515. Dalam catatan tersebut diberitakan penyebaran agama Islam di nusantara di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Jawa sampai Kepulauan Maluku.

Dengan demikian bukti-bukti Islam masuk ke Indonesia pada abad 15 ditandai dengan adanya sumber sejarah berupa catatan-catatan dan pemakaman muslim.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved