Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang kamu ketahuiTuanku Imam Bonjol?

Apa yang kamu ketahui Tuanku Imam Bonjol? 

Iklan

C. Susilo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Tuanku Imam Bonjol yang lahir di Bonjol pada tahun 1772, memiliki nama asli Muhammad Shahab. Tuanku Imam Bonjol merupakan ulama dan mulai dikenal ketika memimpin Perang Padri yang terjadi di Sumatra Barat.

Tuanku Imam Bonjol yang lahir di Bonjol pada tahun 1772, memiliki nama asli Muhammad Shahab. Tuanku Imam Bonjol merupakan ulama dan mulai dikenal ketika memimpin Perang Padri yang terjadi di Sumatra Barat. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Nama asli dari Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Syahab. Beliauahir di Bonjol tahun 1772 Sebagai ulama dan pemimpin masyarakat setempat, Muhammad Syahab memperoleh beberapa gelar, yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam. Beliau merupakan pemimpin kaum Paderi. Kaum Paderi merupakan sebutan yang diberikan kepada sekelompok masyarakat pendukung utama penegakan syiar agama dalam tatanan masyarakat yang zaman dulu populer di tanah Minangkabau terutama pada masa Perang Padri. Tuanku Imam Bonjol dikenal sebagai pejuang yang berperang melawan Belanda dalam sebuah peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1837. Dengan demikian, Tuanku Imam Bonjol yang lahir di Bonjol pada tahun 1772, memiliki nama asli Muhammad Shahab. Tuanku Imam Bonjol merupakan ulama dan mulai dikenal ketika memimpin Perang Padri yang terjadi di Sumatra Barat.

Nama asli dari Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Syahab. Beliau ahir di Bonjol tahun 1772 Sebagai ulama dan pemimpin masyarakat setempat, Muhammad Syahab memperoleh beberapa gelar, yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam.  Beliau merupakan pemimpin kaum Paderi.

Kaum Paderi merupakan sebutan yang diberikan kepada sekelompok masyarakat pendukung utama penegakan syiar agama dalam tatanan masyarakat yang zaman dulu populer di tanah Minangkabau terutama pada masa Perang Padri. Tuanku Imam Bonjol dikenal sebagai pejuang yang berperang melawan Belanda dalam sebuah peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1837. 

Dengan demikian, Tuanku Imam Bonjol yang lahir di Bonjol pada tahun 1772, memiliki nama asli Muhammad Shahab. Tuanku Imam Bonjol merupakan ulama dan mulai dikenal ketika memimpin Perang Padri yang terjadi di Sumatra Barat. 

Konsep Kilat

Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Penjajah

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

611

Zalika maulya zahra Zalika maulya zahra

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuanku Imam Bonjol lahir di...

237

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia