Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Rengasdengklok?

Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Rengasdengklok? 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Peristiwa Rengasdengklok merupakanaksi "penculikan" terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda dengan tujuan menjauhkan Sukarno-Hatta dari pengaruh Jepang.

Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi "penculikan" terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda dengan tujuan menjauhkan Sukarno-Hatta dari pengaruh Jepang.

Iklan

Pembahasan

Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi "penculikan" terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda. Aksi tersebut berawal dari penolakan usulan golongan muda kepada Sukarno dan Moh. Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia mengingat Jepang sudah menyerah kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Namun, usul tersebut ditolak karena menurut Sukarno segala hal yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan proklamasi harus didiskusikan terlebih dahulu dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang akan digelar pada tanggal 16 Agustus 1945. Akhirnya, pada tanggal 16 Agustus 1945dini hari, golongan muda menculik Sukarno-Hatta dan membawanya ke Rengasdengklok, Karawang.Tujuan dari aksi tersebut adalah menjauhkan Sukarno dan Moh. Hatta dari pengaruh Jepang terkait pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Peristiwa inilah yang dikenal sebagai Peristiwa Rengasdengklok. Dengan demikian, Peristiwa Rengasdengklok merupakanaksi "penculikan" terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda dengan tujuan menjauhkan Sukarno-Hatta dari pengaruh Jepang.

Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi "penculikan" terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda. Aksi tersebut berawal dari penolakan usulan golongan muda kepada Sukarno dan Moh. Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia mengingat Jepang sudah menyerah kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Namun, usul tersebut ditolak karena menurut Sukarno segala hal yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan proklamasi harus didiskusikan terlebih dahulu dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang akan digelar pada tanggal 16 Agustus 1945.

Akhirnya, pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari, golongan muda menculik Sukarno-Hatta dan membawanya ke Rengasdengklok, Karawang. Tujuan dari aksi tersebut adalah menjauhkan Sukarno dan Moh. Hatta dari pengaruh Jepang terkait pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Peristiwa inilah yang dikenal sebagai Peristiwa Rengasdengklok.

Dengan demikian, Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi "penculikan" terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda dengan tujuan menjauhkan Sukarno-Hatta dari pengaruh Jepang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

try ardiansyah

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tokoh Golongan Muda yang menginginkan kemerdekaan Indonesia murni dan hasil perjuangan bangsa Indonesia adalah ....

152

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia