Roboguru

Apa yang kamu ketahui tentang perempuran Medan Area, jelaskan!

Pertanyaan

Apa yang kamu ketahui tentang perempuran Medan Area, jelaskan!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Pertempuran Medan Area merupakan konflik bersenjata antara rakyat Indonesia dengan Pasukan Sekutu dan Nederlands-Indische Civiele Administratie (NICA). Pertempuran tersebut berlangsung pada bulan Oktober 1945 - Maret 1946. Istilah Medan Area sberasal dari tulisan di rambu-rambu yang dipasang pasukan Sekutu di sekitar Medan pada tanggal 1 Desember 1945, yang bertuliskan, “Fixed Medan Area Boundaries”. Pertempuran ini bermula dari kedatangan pasukan Sekutu dan NICA bertujuan untuk melucuti senjata yang dipegang rakyat Indonesia serta mengembalikan kekuasaan Belanda di Sumatera. Hal ini menimbulkan perlawanan rakyat Indonesia. Namun, perlawanan tersebut berhasil ditumpas oleh Belanda pada bulan April 1946 dengan didudukinya Kota Medan dan tentara Indonesia mundur ke Daerah Pematangsiantar.

Dengan demikian, pertempuran Medan Area merupakan salah satu pertempuran yang terjadi pada masa revolusi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa penyebab terjadinya pertempuran Medan Area?

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa setelah Indonesia merdeka, datang sekutu dengan memboncengi NICA yang bertujuan untuk menguasai kembali Indonesia. Akibatnya terjadi berbagai reaksi dari masyarakat, salah satu reaksi masyarakat Indonesia adalah melakukan pertentangan dan perlawanan. Perlawanan ini terjadi di berbagai daerah, seperti di Surbaya hingga Medan. Di Medan, pasukan Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Jenderal T.E.D. Kelly mendarat di Sumatra Utara pada tanggal 9 November 1945. Pendaratan pasukan Sekutu itu diboncengi oleh pasukan NICA yang telah dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan. Pemerintahan RI Sumatera Utara memperkenankan mereka menempati beberapa hotel di Medan, seperti Hotel de Boer, Grand Hotel, Hotel Astoria dan lainya, karena menghormati tugas mereka. Sebagian dari mereka ditempatkan di Binjai, Tanjung Morawa dan beberapa tempat lainnya dengan memasang tenda-tenda lapangan.

Pada mulanya, Team dari RAPWI telah mendatangi kamp-kamp tawanan di Pulu Berayan, Saentis, Rantau Prapat, Pematang Siantar dan Berastagi untuk membantu membebaskan para tawanan dan dikirim ke Medan atas persetujuan Gubernur M. Hasan. Akan tetapi, kelompok tersebut dibentuk menjadi Medan Batalion KNIL yang mengakibatkan perubahan sikap dari para tawanan yang telah dibebaskan tersebut. puncaknya terjadi insiden antara penghuni hotel yang merampas dan menginjak-injak lencana merah putih yang dipakai oleh salah satu orang pemuda. Akibatnya, insiden ini meluas ke berbagai daerah seperti Pematang Siantar dan Berastagi. Sementara itu, pada tanggal 10 Oktober 1945 dibentuk TKR Sumatera Timur dengan pimpinannya Ahmad Tahir.

Inggris merespon insiden-insiden yang meluas ini dengan memberikan ultimatum kepada bangsa Indonesia agar menyerahkan senajata kepada sekutu pada tanggal 18 Oktober 1945. Pada tanggal 1 Desember 1945, pihak Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut pinggiran kota Medan. Tindakan pihak Inggris itu merupakan tantangan bagi para pemuda. Pihak Inggris bersama NICA melakukan aksi pembersihan terhadap unsur-unsur Republik yang berada dikota Medan. Para pemuda membalas aksi-aksi tersebut, setiap usaha pengusiran dibalas dengan pengepungan, bahkan seringkali terjadi tembak menembak. Perlawanan terus memuncak, pada bulan April 1946 tentara Inggis mulai berusaha mendesak pemeintah RI ke luar kota Medan. Gubernur, Markas Divisi TKR, Walikota RI pindah ke Pematang Siantar. Dengan demikian Inggris berhasil menguasai kota Medan. Pada tanggal 10 Agustus 1946 di Tebingtinggi diadakan suatu pertemuan antara komandan-komandan pasukan yang berjuang di Medan Area. Pertemuan memutuskan dibentuknya satu komando yang bernama “Komando Resimen Laskar Rakyat Medan Area” yang dibagi atas 4 sektor dan bermarkas di Sudi Mengerti (Trepes).

Dengan demikian, penyebab terjadi pertempuran Medan Area dikarenakan pembentukan batalion KNIL dari bekas para tawanan perang ditambah dengan adanya insiden antara penghuni hotel yang menginjak-injak lencana merah putih yang dipakai pemuda Medan.

0

Roboguru

Sebutkan peristiwa konfrontasi apa saja yang terjadi setelah proklamasi!

Pembahasan Soal:

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, namun setelah dibacakannya Proklamsasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia belum sepenuhnya bisa menikmati kemerdekaan melainkan harus berjuang kembali untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut. Sejarah Indonesia selama tahun 1945–1949 dimulai dengan masuknya Sekutu diboncengi oleh Belanda dalam hal ini Netherland Indies Civil Administration (NICA) ke berbagai wilayah Indonesia setelah kekalahan Jepang, dan diakhiri dengan penyerahan kedaulatan kepada Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949. Terdapat banyak sekali peristiwa sejarah pada masa itu, pergantian berbagai posisi kabinet, Aksi Polisionil oleh Belanda, berbagai perundingan, dan peristiwa-peristiwa sejarah lainnya. Perjuangan konfrontasi senjata setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan diantaranya: Pertempuran Lima Hari di Semarang, Pertempuran 10 November di Surabaya, Peristiwa Bandung Lautan Api, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Peristiwa Merah Putih di Manado dll.

Dengan demikian, meskipun Indonesia sudah merdeka, namun masih harus berjuang demi mempertahankan kemerdekaannya terutama untuk mengadapi tentara Sekutu yang dibonceng NICA. Perjuangan dengan menggunakan senjata/ konfrontasi bersenjata setelah kemerdekaan diantaranya : Pertempuran Lima Hari di Semarang, Pertempuran 10 November di Surabaya, Peristiwa Bandung Lautan Api, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Peristiwa Merah Putih di Manado.

0

Roboguru

Jelaskan secara singkat kronologi perlawanan Medan Area ...

Pembahasan Soal:

Peristiwa Medan Area merupakan salah satu strategi perjuangan bangsa Indonesia secara fisik dalam mepertahankan kemerdekaan. Pemicu awalnya pertempuran ini adalah kedatangan pasukan Sekutu di Sumatera Utara pada 9 Oktober 1945. Tujuan kedatangan Sekutu adalah untuk melucuti senjata tentara Jepang dan membebaskan tawanan perang Sekutu. Meski demikian, hadirnya Netherlands Indies Civil Administration atau NCIA dalam barisan Sekutu membuat kecurigaan terhadap penjajahan Belanda kembali semakin membesar. Selain itu, pemicu utama Pertempuran Medan Area adalah diinjaknya lencara Merah Putih yang dikenakan oleh para Barisan Pemuda di Medan pada 13 Oktober 1945. Insiden tersebut memicu pecahnya perang di Medan. 

Di dalam pertempuran yang berlangsung akibat insiden 13 Oktober 1945, pihak Republik berhasil melumpuhkan hampir 100 orang serdadu Belanda. Melihat situasi yang demikian, Sekutu dan NICA geram sehingga menegaskan bahwa tidak boleh ada rakyat Medan yang membawa senjata, jika ada yang membawa diharuskan menyerahkan kepada pihak Belanda atau Sekutu, sehingga pada 1 Desmber 1945 penegasan itu diwujudkan dalam bentuk papan yang bertuliskan, "Fixed Boundaries Medan Area" (batas resmi wilayah Medan). Akibat dengan adanya papan bertuliskan batas wilayah Medan membuat Barisan Pemuda di Medan kian murka dan melancarkan pertempuran besar-besaran terhadap Sekutu dan NICA di bawah pimpinan Komando Abdul Karim pada 10 Desember 1945, di Deli Tua.

Setelah menghadapi kesatuan tentara Sekutu dan NICA di Medan, akhirnya pada April 1946 Medan berhasil diduduki sementara oleh Sekutu dan NICA. Namun, perjuangan rakyat Medan tidak berhenti atas itu. Perjuangan rakyat Medan dipindahkan ke luar Medan dan membentuk Barisan Pemuda Indonesia (BPI) pada 19 Agustus 1946 di Kabanjahe. Belakangan diketahui BPI merupakan salah satu unsur Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang kelak menjadi kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dengan kata lain, perjuangan menghadapi Sekutu dan NICA tetap berlangsung meskipun Kota Medan sendiri telah diduduki, perjuangan bahkan menggelora ke daerah-daerah lain di Sumatera seperti Aceh, Bukittingi, dan Padang.

Jadi, Peristiwa atau Pertempuran Medan Area terjadi pada 13 Oktober 1945 karena dilatarbelakangi penginjakan lencana Merah Putih milik Barisan Pemuda di Medan oleh Sekutu dan NICA.

0

Roboguru

Faktor yang melatarbelakangi terjadinya pertempuran antara rakyat Medan melawan pasukan NICA adalah ….

Pembahasan Soal:

Dibentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 10 Oktober 1945 ternyata tidak membuat takut tentara Sekutu. Terbukti, pada tanggal 13 Oktober 1945 terjadi sebuah insiden, di mana tentara NICA melakukan provokasi degan menginjak-injak lencana merah putih. Akibatnya, terjadi pertempuran antara rakyat kota Medan dengan pasukan NICA, hingga akhirnya pertempuran tersebut menjalar ke berbagai kota di Sumatra Utara, seperti ke Pematang Siantar dan Brastagi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Peristiwa utama yang menjadikan konflik cukup besar di Medan, sehingga rakyat Medan angkat senjata melawan sekutu adalah karena…

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, seluruh negara jajahan Jepang di Asia Tenggara diambil alih oleh pasukan Sekutu yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Tugas AFNEI adalah menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang, membebaskan tentara Sekutu yang ditahan Jepang, melucuti serta mengumpulkan orang-orang Jepang untuk dipulangkan ke negerinya.

Kedatangan tentara Sekutu ternyata juga disertai dengan kedatangan NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang bertujuan ingin kembali menegakkan kekuasaan Belanda di Indonesia. Tentara AFNEI bersama NICA sampai ke Indonesia pertama kali pada tanggal 16 September 1945 di Tanjung Priok. Kemudian, Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan, salah satunya dengan melalui perjuangan bersenjata. Salah satu perjuangan senjata yang dilakukan oleh rakyat Indonesia adalah Petempuran Medan Area.

Pertempuran Medan Area terjadi karena beberapa peristiwa. Pertama adalah insiden yang dilakukan oleh salah satu penghuni hotel di Jalan Bali, Medan tanggal 13 Oktober 1945, yang menginjak lencana merah putih. Para pemuda Indonesia yang marah kemudian menyerang hotel tersebut sehingga timbul banyak korban. Sebanyak 96 orang tewas dalam insiden tersebut, sebagian besar orang-orang NICA.

Kedua adalah adanya ultimatum dari pimpinan tentara Sekutu di Sumatera Utara yaitu T.E.D. Kelly tanggal 18 Oktober kepada rakyat Indonesia untuk menyerahkan senjatanya kepada Sekutu. Hal ini memicu perlawanan antara rakyat Medan dengan sekutu. Terlebih pada tanggal 1 Desember 1945, pihak Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut pinggiran kota Medan.

Peristiwa ini menimbulkan pertempuran yang lebih besar antara rakyat Medan melawan Sekutu. Sekutu bersama NICA melancarkan aksi besar-besaran sejak 10 Desember 1945, serta mengusir dan menindas rakyat Indonesia. Rakyat Medan merespon pada tanggal 10 Agustus 1946 dengan membentuk Komando Resimen Laskar Rakyat Medan Area untuk melanjutkan perlawanan terhadap Sekutu dan NICA. Pertempuran Medan Area berakhir tanggal 1 Desember 1946 setelah pihak NICA mengajukan gencatan senjata kepada pihak Republik.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved