Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang kamu ketahui tentang akomodasi mata?

Apa yang kamu ketahui tentang akomodasi mata? space

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

akomodasi mata adalah kemampuan otot-otot siliar mengubah panjang fokus lensa sehingga dapat memfokuskan benda-benda berjarak dekat ataupun jauh.

akomodasi mata adalah kemampuan otot-otot siliar mengubah panjang fokus lensa sehingga dapat memfokuskan benda-benda berjarak dekat ataupun jauh.space

Iklan

Pembahasan

Mata manusia merupakan alat optikalami. Susunan dan prinsip kerja matamanusia mirip dengan kamera fotografi,yaitu cahaya dari benda yang masuk kemata melalui lensa mata akan dibiaskansehingga terbentuk bayangan padaretina. Bayangan yang terbentuk padaretina bersifat nyata, terbalik, dandiperkecil. Kesan bayangan pada retina akan diteruskan oleh sara£ mata ke otak. Otak mengubahkesan tersebut seperti aslinya sehingga kesan yang kita lihat tidak terbalik seperti bayanganpada retina. Proses ketika otot-otot siliar mengubah panjang fokus lensa sehingga dapat memfokuskanbenda-benda berjarak dekat atau berjarak jauh dengan jelas di retina disebut akomodasimata. Dalam berakomodasi, lensa mata akan menebal dan menipis untuk menghasilkanbayangan tepat di retina. Jadi, akomodasi mata adalah kemampuan otot-otot siliar mengubah panjang fokus lensa sehingga dapat memfokuskan benda-benda berjarak dekat ataupun jauh.

Mata manusia merupakan alat optik alami. Susunan dan prinsip kerja mata manusia mirip dengan kamera fotografi, yaitu cahaya dari benda yang masuk ke mata melalui lensa mata akan dibiaskan sehingga terbentuk bayangan pada retina. Bayangan yang terbentuk pada retina bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil. 

Kesan bayangan pada retina akan diteruskan oleh sara£ mata ke otak. Otak mengubah kesan tersebut seperti aslinya sehingga kesan yang kita lihat tidak terbalik seperti bayangan pada retina.

Proses ketika otot-otot siliar mengubah panjang fokus lensa sehingga dapat memfokuskan benda-benda berjarak dekat atau berjarak jauh dengan jelas di retina disebut akomodasi mata. Dalam berakomodasi, lensa mata akan menebal dan menipis untuk menghasilkan bayangan tepat di retina.

Jadi, akomodasi mata adalah kemampuan otot-otot siliar mengubah panjang fokus lensa sehingga dapat memfokuskan benda-benda berjarak dekat ataupun jauh.space

Latihan Bab

Mata

Kamera

Mikroskop

Teropong

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

222

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dengan tak berakomodasi jarak lensa mata ke retina adalah 1,5 cm, berapa kuat tersebut?

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia