Roboguru

Apa yang dimaksud svarloka?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud svarloka?

Pembahasan Soal:

Svarloka adalah kuil tertinggi dalam ajaran Hindu. Svarloka melambangkan tempat para dewa atau jiwa yang telah disucikan.

Jadi, Svarloka adalah kuil tertinggi yang merupakan tempat dimana dewa atau jiwa yang telah disucikan tinggal.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Atap candi ini bisa diartikan sebagai perlambang dunia dewa dan jiwa yang sudah mencapai tahap kesempurnaan, disebut bagian ....

Pembahasan Soal:

Bagian terakhir dari corak Candi Hindu ini adalah Svarloka atau atap candi. Atap candi ini bisa diartikan sebagai perlambang dunia dewa dan jiwa yang sudah mencapai tahap kesempurnaan. Pada umumnya, bentuk dari Swarloka ini adalah berbentuk limas dan memiliki tiga tingkatan. Tingkatan paling atas mengerucut. Bagian atap terdapat rongga yang berbentuk batu persegi dengan gambar teratai yang melambangkan takhta dewa. Bagian puncak Candi Hindu juga biasa disebut dengan istilah Ratna.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Perhatikan hal - hal berikut!   Bhurloka Bhurvaloka Svarloka Andah Cakra Bagian bangunan candi ditunjukkan pada nomor.....

Pembahasan Soal:

Struktur bangunan candi Hindu memiliki kesamaan dengan candi Buddha. Beberapa persamaan pada candi Hindu dan Buddha dapat dilihat dari beberapa ragam hias pada setiap bagian candi. Candi Hindu dan Buddha sama-sama terdiri dari tiga bagian, yaitu kaki candi, tubuh candi, dan atap. Terdapat perbedaan dalam penyebutan ketiga tingkatan dunia yang digambarkan pada bagian candi tersebut. Pada candi Hindu, ketiga tingkatan itu disebut dengan Bhurloka, Bhuvarloka dan Svarloka. Pada candi Buddha ketiga tingkatan itu disebut dengan istilah, Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.

Jadi, jawabannya adalah A.

0

Roboguru

Bagian candi Hindu yang melambangkan dunia para dewa adalah....

Pembahasan Soal:

Salah satu pengaruh kerajaan Hindu yang masih bertahan hingga saat ini yaitu arsitektur candi. Candi terdiri dari 3 bagian utama yaitu bhurloka, bhuvarloka, dan svarloka. Bhurloka melambangkan dunia manusia, bhuvarloka melambangkan dunia orang-orang yang tersucikan, dan svarloka melambangkan dunia para dewa. Pengaruh sistem tiga tahap hidup religius manusia ini bertahan cukup lama.

0

Roboguru

Pada bagian atap candi selalu terdiri dari susunan tingkatan yang mengkecil ke atas, dan diakhiri dengan mahkota yang disimbolkan sebagai tempat ....

Pembahasan Soal:

Candi merupakan salah satu peninggalan pada masa kejayaan Hindu Budha. Candi bercorak Hindu dan Budha memiliki karakteristik masing-masing. Dalam hal ini, candi Hindu terdiri atas tiga bagian, yakni Bhurloka (atap candi) melambangkan dunia fana, Bhurvaloka (tubuh candi) melambangkan dunia pemurnian, dan Svarloka (atap candi) melambangkan dunia para dewa. Atap candi terdiri atas susunan tiga tingkatan yang semakin ke atas semakin kecil ukurannya dan bagian ujungnya diberi stupa. Sedangkan, didalamnya terdapat rongga kecil yang dasarnya berupa batu segi empat berpahatkan gambar teratai merah sebagai takhta dewa. Hal itu ditujukan sebagai tempat bersemayam sementara sang dewa.

Dengan demikian, Pada bagian atap candi selalu terdiri dari susunan tingkatan yang mengkecil ke atas, dan diakhiri dengan mahkota yang disimbolkan sebagai tempat para dewa.

0

Roboguru

Tuliskan pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang agama!

Pembahasan Soal:

Masuknya Hindu dan Budha ke Indonesia tentunya sangat berpengaruh besar terhadap bidang agama. Dengan masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia maka sistem kepercayaan warga Indonesia menjadi berubah. Meskipun masyarakat mempercayai ajaran Hindu ataupun Budha akan tetapi mereka tetap tidak meninggalkan kepercayaan mereka terhadap pemujaan roh nenek moyang, karena menurut warga Indonesia melakukan pemujaan terhadap roh nenek moyang merupakan suatu hal yang sangat sakral. Dengan masuknya ajaran Hindu dan Budha maka mereka yang menganut ajaran Hindu memuja dewa-dewa yaitu Dewa Siwa, Dewa Brahma dan Dewa Wisnu. Dan para penganut ajaran Budha melakukan upacara pemujaan atau penyembahan terhadap Sang Budha.undefined

Dengan demikian, masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia menjadikan sistem kepercayaan masyarakat Indonesia menjadi berubah. Meskipun masyarakat mempercayai ajaran Hindu ataupun Buddha akan tetapi mereka tetap tidak meninggalkan kepercayaan mereka terhadap pemujaan roh nenek moyang (animisme dan dinamisme).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved