Roboguru

Apa yang dimaksud pendekatan sistem?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud pendekatan sistem?

Pembahasan Soal:

Suatu ruang yang merupakan satu kesatuan dapat ditetapkan sebagai suatu sistem (spatial system). Pendekatan sistem adalah metode berpikir sintetik yang diterapkan pada masalah yang merupakan suatu sistem. Pendekatan sistem merupakan pendekatan yang komprehensif, karena meninjau gejala atau masalah dari berbagai komponen atau aspek yang membentuk sistem gejala atau masalah tersebut.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Kartikasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kota X merupakan daerah yang rawan terjadi gempa, jenis gempa yang seringkali terjadi di tersebut pun cukup berbeda dengan gempa yang biasa terjadi di daerah lainnya di Indonesia. Fenomena tersebut me...

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menguji kebenaran dan memecahkan permasalahan geografi (gejala alam) secara sistematis yang meliputi ruang sebagai objek penelitian. Objek penelitian geografi menekankan pada fenomena geosfer yang meliputi litosfer, atmosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer. Pada soal menjelaskan fenomena daerah yang rawan terjadi gempa merupakan salah satu kajian geosfer yaitu litosfer. Litosfer merupakan batuan yang membentuk bentang alam, seperti pegunungan, plato, dataran rendah, dan lapisan tanah termasuk di dalamnya peristiwa gempa yang terjadi di kerak bumi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Indonesia memiliki keragaman tumbuhan dan hewan. Hal tersebut mengakibatkan keragaman bahan pangan antardaerah. Fenomena ini merupakan kajian penelitian tentang....

Pembahasan Soal:

Secara umum, geografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar kita, baik yang disebabkan oleh faktor alami maupun faktor manusia. Kajian penelitian yang mengkaji fenomena keragaman tumbuhan dan hewan yang ada di Indonesia adalah biosfer. Kajian biosfer fokus terhadap persebaran tumbuhan dan hewan serta faktor yang mempengaruhinya. Cabang dari geografi yang khusus mengkaji fenomena biosfer disebut biogeografi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Pendekatan kronologi menggunakan metodologi dimensi ....

Pembahasan Soal:

Pada studi geografi, metodologi dengan menggunakan dimensi waktu atau sejarah, dikenal sebagai pendekatan historis atau pendekatan kronologi.

0

Roboguru

Berikut ini yang termasuk ruang lingkup penelitian geografi fisik, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Ruang lingkup penelitian geografi terbagi menjadi tiga, yaitu geografi sosial, geografi teknik, dan geografi fisik. Geografi fisik merupakan kajian terhadap dinamika planet bumi serta tema-tema dalam ilmu alam. Geografi fisik mempelajari berbagai gejala alam yang terjadi di litosfer (lapisan batuan), biosfer (lapisan kehidupan), antroposfer (lapisan tempat manusia hidup), pedosfer (lapisan tanah), hidrosfer (lapisan air), dan atmosfer (lapisan udara). Contoh yang termasuk dalam ruang lingkup penelitian geografi fisik, yaitu 

  1. menganalisis resiko kerusakan pantai;
  2. mengidentifikasi daerah rawan longsor;
  3. pengukuran tingkat curah hujan

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Dalam melakukan penelitian geografi harus memperhatikan aspek fisik. Hal ini karena....

Pembahasan Soal:

Aspek fisik merupakan kajian geografi yang meliputi unsur-unsur geosfer yang bersifat fisik antara lain tanah, air, iklim, cuaca, dan lapisan batuan di bumi. Aspek fisik merupakan salah satu objek penelitian yang sangat penting dalam penelitian geografi. Aspek fisik bersama dengan aspek sosial dapat berkesinambungan dalam menentukan fenomena-fenomena geosfer tertentu.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved