Roboguru

Apa yang dimaksud konsep lokasi?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud konsep lokasi?

Pembahasan Soal:

Konsep lokasi, yaitu konsep utama yang digunakan untuk mengetahui fenomena geosfer. Konsep lokasi dibagi atas lokasi absolut yang bersifat tetap (lintang dan bujur) dan lokasi relatif yang sifatnya berubah (bergantung kepada pengaruh daerah sekitar).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Kartikasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penelitian geografi mengenai peningkatan suhu udara pada bulan Maret di wilayah tropis akibat posisi matahari berada tepat di garis ekuator termasuk dalam ruang lingkup ….

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi terkait peningkatan suhu udara pada bulan Maret di wilayah tropis akibat posisi matahari berada tepat di garis ekuator termasuk dalam ruang lingkup atmosfer. Kajian pada atmosfer terkait dengan fenomena cuaca dan iklim, seperti suhu udara, tekanan udara, angin, kelembapan udara, dan curah hujan. Fenomena-fenomena tersebut dapat dijadikan bahan penelitian geografi, seperti arah pergerakannya, dinamikanya, persebarannya, dan lain-lain.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Apakah perbedaan dan persamaan antara studi kependudukan, studi lingkungan, dan studi geografi di bidang industri ? Berikan penjelasan !

Pembahasan Soal:

Studi kependudukan merupakan studi yang membahas tentang hubungan antara faktor-faktor perubahan penduduk dan faktor-faktor pembangunan. Dengan kata lain studi kependudukan lebih bersifat interdisipliner dan lebih mencakup tentang ilmu sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, politik, dan biologi.

Studi lingkungan adalah bidang multidisiplin yang membahas mengenai hubungan interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik dan membahas tentang penerapan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui kebijakan, perencanaan dan desain lingkungan.

Studi geografi merupakan suatu studi yang berhubungan dengan interelasi manusia dengan lingkungan hidupnya.

Berdasarkan ketiga definisi tersebut maka persamaannya dalam bidang industri adalah membahas tentang hubungan, interaksi, dan interelasi antara manusia dengan lingkungan hidupnya, bahwa manusia dalam menjalankan sebuah industri harus berdasar kepada dampak lingkungan dan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan. Sedangkan untuk perbedaannya yaitu objek yang dibahasnya, studi kependudukan lebih mengutamakan manusianya, studi lingkungan lebih mengutamakan lingkungannya, dan studi geografi mencakup dua hal tersebut.

0

Roboguru

Studi lingkungan berkaitan erat dengan....

Pembahasan Soal:

Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lain dan juga dengan lingkungan sekitarnya. Dalam ilmu lingkungan, ekologi dijadikan sebagai ilmu dasar untuk memahami interaksi di dalam lingkungan. Sementara itu, ilmu sosiologi merupakan ilmu yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia, khususnya lingkungan karena manusia ikut serta dalam mengelola lingkungan. Oleh karena itu ekologi dan sosiologi berkaitan erat dengan studi ingkungan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

0

Roboguru

Fenomena sosial dalam penelitian geografi terdapat pada pernyataan….

Pembahasan Soal:

Fenomena sosial dalam penelitian geografi terdapat pada pernyataan permukiman kumuh-kegiatan industri-kemiskinan. Fenomena sosial bisa dikatakan sebagai bagian daripada fakta sosial yang terjadi karena adanya bentuk-bentuk perubahan soisal sebagai akibat dari tindakan yang dilakukan seseorang dalam bermasyarakat. Fenomena sosial pada hakekatnya dapat terjadi berulang-ulang dalam waktu yang sama. Ada fenomena sosial yang berlangsung sebentar, ada pula fenomena sosial yang berlangsung dengan durasi waktu lama. Tentusaja itu semua tergantung apa fenomena sosial apa yang terjadi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan keuntungan yang didapat dari studi geografi di bawah ini : Pencemaran udara dapat dikurangi Memperpendek jarak di muka bumi Menurunnya tingkat kriminalitas Daerah terpencil bisa berub...

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk mencari kebenaran atau memecahkan masalah seputar fenomena geografi. Simpelnya, penelitian geografi dilakukan dengan cara menganalisis sebuah/beberapa fenomena geosfer untuk mendapat jawaban dari sebuah fenomena geosfer. Berdasarkan pilihan jawaban, yang termasuk manfaat studi geografi dalam bidang transportasi dan komunikasi adalah sebagai berikut :

  1. Memperpendek jarak di muka bumi (nomor 2).
  2. Daerah terpencil bisa berubah menjadi daerah maju (nomor 4).
  3. Daerah potensial dapat dikembangkan menjadi daerah berproduktivitas tinggi (nomor 5).

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved