Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan tata surya? Sebutkan planet-planet anggota tata surya!

Apa yang dimaksud dengan tata surya? Sebutkan planet-planet anggota tata surya!space

Iklan

F. Arifin

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Trisakti

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Para ahli astronomi dan ahli fisika berpendapat bahwaalam semesta selalu berkembang melalui berbagai gejala.Tata surya yapg merupakan sebagian kecil dari alam semestadiperkirakan terbentuk sekitar 5 miliar tahun yang lalu.Banyak teori yang mengemukakan bagaimana tata surya terbentuk, di antaranya TeoriKabut atau Nebula, Teori Planetesimal, Teori Bintang Kembar, Teori Pasang Surut, TeoriAwan Debu, dan Teori Ledakan (Big Bang). Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang berputar mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Sistem tata surya tersusun menjadi beberapa bagian yaitu matahari, 4 planet luar, 4 planet dalam, sabuk asteroid (main asteroid belt), dan dibagian terluar terdapat sabuk Kuiper. Hanya enam dari delapan planet itu yang memiliki satelit alami sedangkan 2 lainnya yaitu Venus dan Merkurius tidak mempunyai satelit alami. Planet-planet yang berada dalam sistem tata surya adalahMerkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturunus, Uranus, dan Neptunus.

Para ahli astronomi dan ahli fisika berpendapat bahwa alam semesta selalu berkembang melalui berbagai gejala. Tata surya yapg merupakan sebagian kecil dari alam semesta diperkirakan terbentuk sekitar 5 miliar tahun yang lalu. Banyak teori yang mengemukakan bagaimana tata surya terbentuk, di antaranya Teori Kabut atau Nebula, Teori Planetesimal, Teori Bintang Kembar, Teori Pasang Surut, Teori Awan Debu, dan Teori Ledakan (Big Bang).  

Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang berputar mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Sistem tata surya tersusun menjadi beberapa bagian yaitu matahari, 4 planet luar, 4 planet dalam, sabuk asteroid (main asteroid belt), dan dibagian terluar terdapat sabuk Kuiper. Hanya enam dari delapan planet itu yang memiliki satelit alami sedangkan 2 lainnya yaitu Venus dan Merkurius tidak mempunyai satelit alami. Planet-planet yang berada dalam sistem tata surya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturunus, Uranus, dan Neptunus.

Latihan Bab

Sistem Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Bulan sebagai Satelit Bumi

Gerhana

36

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dengan tata surya? Tuliskan secara lengkap anggota - anggota tata surya!

505

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia