Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan suatu reaksi setimbang bersifat dinamis dan mikroskopis?

Apa yang dimaksud dengan suatu reaksi setimbang bersifat dinamis dan mikroskopis?space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

suatu reaksi setimbang bersifat dinamis dan mikroskopis artinya, walaupun secara makroskopis tidak teramati adanya perubahan, namun secara mikroskopis(molekul) reaksi pembentukan dan penguraian terus berlangsung(dinamis).

suatu reaksi setimbang bersifat dinamis dan mikroskopis artinya, walaupun secara makroskopis tidak teramati adanya perubahan, namun secara mikroskopis (molekul) reaksi pembentukan dan penguraian terus berlangsung (dinamis).

Iklan

Pembahasan

Reaksi kesetimbangan terjadi ketika reaksinya bolak-balik (reversibel), sistemnya tertutup, dan bersifat dinamis. Bersifat dinamis berarti secara mikroskopis reaksi berlangsung terus-menerus dalam dua arah dengan laju reaksi pembentukan sama dengan laju reaksi baliknya. Berlangsungnya suatu reaksi secara makroskopis dapat dilihat dari perubahan suhu, tekanan, konsentrasi, atau warna. Sedangkan perubahan mikroskopis (molekul) tidak teramati. Secara mikroskopis reaksi pembentukan produk dan sekaligus penguraiannya tetap berlangsung dengan laju yang sama, sehingga seolah-olah terlihat reaksi telah berhenti berdasarkan gejala yang dapat teramati (secara makroskopis). Jadi, suatu reaksi setimbang bersifat dinamis dan mikroskopis artinya, walaupun secara makroskopis tidak teramati adanya perubahan, namun secara mikroskopis(molekul) reaksi pembentukan dan penguraian terus berlangsung(dinamis).

Reaksi kesetimbangan terjadi ketika reaksinya bolak-balik (reversibel), sistemnya tertutup, dan bersifat dinamis.

Bersifat dinamis berarti secara mikroskopis reaksi berlangsung terus-menerus dalam dua arah dengan laju reaksi pembentukan sama dengan laju reaksi baliknya. Berlangsungnya suatu reaksi secara makroskopis dapat dilihat dari perubahan suhu, tekanan, konsentrasi, atau warna. Sedangkan perubahan mikroskopis (molekul) tidak teramati. Secara mikroskopis reaksi pembentukan produk dan sekaligus penguraiannya tetap berlangsung dengan laju yang sama, sehingga seolah-olah terlihat reaksi telah berhenti berdasarkan gejala yang dapat teramati (secara makroskopis).

Jadi, suatu reaksi setimbang bersifat dinamis dan mikroskopis artinya, walaupun secara makroskopis tidak teramati adanya perubahan, namun secara mikroskopis (molekul) reaksi pembentukan dan penguraian terus berlangsung (dinamis).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sistem kesetimbangan dinamis mikroskopis adalah suatu keadaan yang menyatakan ...

59

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia