Roboguru

Apa yang dimaksud dengan konflik horizontal dan sebutkan contohnya!

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan konflik horizontal dan sebutkan contohnya! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah definisi konflik horizontal dan contohnya.

Soal ini berkaitan dengan bentuk konflik. Berdasarkan posisi pelaku, konflik terdiri dari konflik vertikal dan horizontal. Konflik horizontal yang dibahas disoal, adalah sebuah konflik yang terjadi antara kelas sosial yang sama atau sejajar. Contoh konfliknya : konflik antara siswa seperti tawuran antar pelajar. Status sosial pihak yang berkonflik adalah sama atau sejajar yakni sebagai seorang pelajar atau siswa. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konflik yang termasuk ke dalam konflik vertikal adalah konflik ....

Pembahasan Soal:

Konflik sosial merupakan suatu peristiwa atau fenomena sosial di mana terjadi pertentangan atau pertikaian baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, maupun kelompok dengan pemerintah. Salah jenis konflik adalah konflik vertikal. Konflik vertikal pada dasarnya adalah sebuah konflik antara individu atau lembaga yang memiliki perbedaan status, baik sosial maupun politik.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.space space

0

Roboguru

Di masyarakat sering terjadi konflik yang beraneka ragam. Salah satunya konflik vertikal. Munculnya konflik vertikal dikarenakan....

Pembahasan Soal:

Konflik sosial dalam masyarakat memilki banyak sekali jenis-jenisnya, sehingga sekecil apapun sebuah konflik akan menjadikan perpecahan dan disintegrasi masyarakat. Salah satu konflik yang kompleks dalam kehidupan masyarakat dan dapat mengakibatkan konflik secera berkelanjutan adalah  konflik vertikal merupakan konflik yang terjadi antara komponen masyarakat di dalam satu struktur yang mempunyai tingkatan dan hierarki. Dalam konflik vertikal dapat terjadi apabila ada faktor berikut : 

1. Ketidakadilan distribusi sumber daya ekonomi nasional dan sulitnya akses masyarakat di daerah terhadap sumber daya tersebut.

2. Adanya ketidakpuasan terhadap peraturan yang berlaku yang diterapkan strata yang lebih tinggi kepada strata yang lebih rendah.

3. Pembatasan partisipasi politik warga negara di daerah-daerah.

Dari penjelasan itu contoh dalam konflik vertikal yaitu Buruh menuntut hak upah yang lebih tinggi sedangkan pengusaha biasanya menghendaki sebaliknya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.space space space space undefined

1

Roboguru

Di masyarakat sering kali terjadi konflik yang beraneka ragam. Salah satunya konflik vertikal. Munculnya konflik vertikal dikarenakan ...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan adanya jenis-jenis konflik yang ada di masyarakat. 

Konflik adalah  sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih. Di mana salah satu pihak berusaha yang ingin menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya.Konflik yang ada dalam kehiudpan masyarakat tidak akan pernah dapat pdihindarkan karena konflik berasal dari hubungan-hubungan sosial yang bersifat negatif yang mengarah pada persaingan dan juga pertentangan di masyarakat. Selain itu konflik berasal dari adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat tanpa adanya toleransi dan menghormati, salah satu bentuk  dari konflik adalah konflik vertikal, yang mana konflik vertikal adalah konflik yang terjadi di antara status kelompok yang berbeda. Konflik vertikal ini dapat  terjadi karena beberapa faktor yaitu : 

Faktor politik, konflik yang dimana dikarenakan terdapat sebuah bentuk dari diskriminasi akan politik dan juga ekslusifisme ideologi nasional.

Faktor struktural, konflik yang dikarenakan dari sistem-sistem sebuah negara yang mempengaruhi kondisi-kondisi masyarakat. hSalah satu contihnya adalah adanya tindak korupsi yang meraja lela.

Faktor sosial ekonomi, sebuah diskriminasi dari sistem ekonomi dan juga moderninsasi dan juga pembangunan ekonomi yang dimana dianggap tidak adil.

Dari faktor itu dapat kita analisis dari salah satu kasusu konflik vertikal yaitu pad dalam lingkungan kerja acap kali terjadi konflik antara pimpinan dan bawahan, atau yang memiliki status tinggi, dan status di bawahnya, karena belum terpenuhinya hak upah dalam pekerjaan yang cukup beresiko tinggi, sehingga hal itu mengundang adanya konflik-konflik antara buruh dnegan management perusahaan. Konflik tersebut acap kali terjadi karena adanya rasa ketidakpuasan dengan atasan undefined 

Dengan melihat penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Konflik antara atasan dan bawahan dalam sebuah kantor pajak termasuk struktur yang memiliki hierarki. Berdasarkan posisi pelaku yang berkonflik termasuk ke dalam konflik ....

Pembahasan Soal:

Konflik vertikal merupakan konflik yang terjadi antara komponen masyarakat di dalam satu struktur yang mempunyai tingkatan dan hierarki. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Setiap tanggal 1 Mei yang merupakan hari buruh, para pekerja melakukan unjuk rasa atau demonstrasi untuk menuntut hak-hak mereka seperti yang terjadi pada tanggal 1 Mei 2019 yang lalu di Jakarta dan s...

Pembahasan Soal:

Konflik antarburuh dan pengusaha termasuk konflik antarkelas karena antara buruh dan pengusaha merupakan  konflik yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan di antara kelas-kelas yang ada di masyarakat.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Antar Kelas.

 

undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved