Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan konflik?

Apa yang dimaksud dengan konflik? 

Iklan

F. Riskiyah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

lstilah konflik menurut asal katanyaberasal dari bahasa Latin, confligere yangberarti saling memukul . Dalam arti yanglebih luas, konflik diartikan sebagai suatu"proses sosial" di mana dua orang atau duakelompok orang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkanatau membuatnya tidak berdaya. Contohnyaadalah perang . Ketika perang terjadi, keduabelah pihak akan saling menghancurkan ataumembuat pihak lawan tidak berdaya. Berikut terdapat beberapa pengertian konflik menurut beberapa ahli: Soerjono Soekanto , mendefinisikan konflik sosialsebagai suatu proses sosial di mana individu ataukelompok berusaha untuk memenuhi tujuannyadengan jalan menentang pihak lawan yang disertaidengan ancaman atau kekerasan. Dr. M . Z . Lawang , menyebutkan konflik sosialsebagai perjuangan untuk memperoleh hal-halyang langka, seperti status, kekuasaan, dansebagai nya. Gillin dan Gillin , melihat konflik sebagai bagiandari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan karena perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, maupun perilaku.Perbedaan-perbedaantersebut akan memuncak menjadikonflik ketika sistem sosial masyarakatnyasudah tidak dapat mengakomodasi perbedaan-perbedaantersebut.Pada tahap selanjutnya, haltersebut akan mendorong tiap-tiap individu ataukelompok untuk saling menghancurkan. Perasaansangat memegang peranan pentingdalam mempertajam perbedaan tersebut.Perasaan juga biasanya akan mewujudkanamarah dan rasa benci yang menyebabkan lahirnya dorongan-dorongan untuk melukai ataumenyerang pihak lain.

lstilah konflik menurut asal katanya berasal dari bahasa Latin, confligere yang berarti saling memukul. Dalam arti yang lebih luas, konflik diartikan sebagai suatu "proses sosial" di mana dua orang atau dua kelompok orang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Contohnya adalah perang. Ketika perang terjadi, kedua belah pihak akan saling menghancurkan atau membuat pihak lawan tidak berdaya.

Berikut terdapat beberapa pengertian konflik menurut beberapa ahli:

  1. Soerjono Soekanto, mendefinisikan konflik sosial sebagai suatu proses sosial di mana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman atau kekerasan.
  2. Dr. M . Z . Lawang, menyebutkan konflik sosial sebagai perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang langka, seperti status, kekuasaan, dan sebagai nya.
  3. Gillin dan Gillin, melihat konflik sebagai bagian dari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan karena perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, maupun perilaku. Perbedaan-perbedaan tersebut akan memuncak menjadi konflik ketika sistem sosial masyarakatnya sudah tidak dapat mengakomodasi perbedaan-perbedaan tersebut. Pada tahap selanjutnya, hal tersebut akan mendorong tiap-tiap individu atau kelompok untuk saling menghancurkan. Perasaan sangat memegang peranan penting dalam mempertajam perbedaan tersebut. Perasaan juga biasanya akan mewujudkan amarah dan rasa benci yang menyebabkan lahirnya dorongan-dorongan untuk melukai atau menyerang pihak lain. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

zulfa assyfa

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan di bawah ini yang benar mengenai konflik dan kekerasan adalah ....

299

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia