Roboguru

Apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk (kompleks)?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk (kompleks)?undefined 

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua klausa atau lebih yang dijadikan menjadi satu kalimat. Kalimat majemuk memiliki lebih dari satu subjek dan objek.   

Dengan demikian, kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua klausa atau lebih yang dijadikan menjadi satu kalimat.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat yang memiliki lebih dari satu klausa dan hubungan antarklausa tidak sederajat disebut ....

Pembahasan Soal:

Secara umum, ceramah dapat diartikan kegiatan menyampaikan informasi, nasihat, ataupun ajakan di depan khalayak secara lisan.

Salah satu kaidah dari teks ceramah adalah menggunakan kalimat majemuk. Kalimat majemuk adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu klausa dan hubungan antarklausa tidak sederajat.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

0

Roboguru

Cermati kalimat-kalimat berikut ini. Lalu, mari kita belajar membedakan kalimat majemuk setara dengan kalimat majemuk bertingkat. Berikan tanda ceklis pada kolom jenis kalimat yang sesuai.

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk adalah sebuah kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih. Setiap kalimat selalu memiliki klausa yang merupakan paduan antara satu subjek dan predikat, serta bisa ditambahi objek, pelengkap, maupun keterangan. Jadi, kalimat ini merupakan sebuah kalimat yang memiliki lebih dari satu subjek, predikat, objek, ataupun pelengkap.

Jenis kalimat majemuk adalah sebagai berikut.

  • Kalimat Majemuk Setara

Kalimat ini memiliki dua klausa yang sifatnya sederajat yang digabungkan melalui konjungsi. Artinya, kedua klausa bersifat koordinatif sehingga masing-masing dapat berdiri menjadi kalimat sendiri apabila konjungsinya dilepaskan. Konjungsi yang biasa menggabungkan dua atau lebih klausa pada kalimat ini di antaranya dan, atau, sementara, tetapi, dan lalu.

  • Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat ini memiliki dua klausa yang sifatnya tidak sederajat. Ketidaksederajatan tersebut membuat salah satu klausanya tidak dapat berdiri sendiri. Bagian klausa inilah yang akan menjadi anak kalimat dalam kalimat tersebut. Sementara itu, klausa yang mampu berdiri sendiri kalaupun dipisahkan dari kalimat majemuk tersebut disebut sebagai induk kalimat. Kedua bagian kalimatnya biasanya dihubungkan dengan konjungsi seperti ketika, walaupun, sebab, karena, dan meskipun.

Kalimat "kita tidak boleh menyerah begitu cepat saat menemui kegagalan oleh karena itu, kita harus menyikapi kegagalan dengan bijaksana" merupakan kalimat majemuk bertingkat karena kedua klausa dalam kalimat tersebut memiliki sifat yang sederajat dan masing-masing tidak dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat.

Dengan demikian, kalimat tersebeut merupakan kalimat majemuk bertingkat.space 

0

Roboguru

Penggabungan kalimat tunggal di atas menjadi kalimat majemuk bertingkatyang tepat ....

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua kalimat tunggal menjadi satu kalimat yang dihubungkan oleh kata sambung atau konjungsi. Kalimat majemuk dibubuhi dengan konjungsi tetapi, namun, walau, dan sebagainya.

Kalimat majemuk pada soal di atas adalah sebagai berikut.

Mobil ini dirakit di Indonesia, tetapi konstruksi mobil itu sederhana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!   Hidup harus terus berjalan meskipun banyak cobaan yang menghadang. Bu Dewi menyayangi semua anak asuhnya seperti beliau menyayangi anaknya sendiri. Para mur...

Pembahasan Soal:

Kalimat Majemuk hubungan perbandingan menyatakan bahwa anak kalimat sebagai perbandingan atau mirip dengan induk kalimat. Kalimat majemuk ini menggunakan kata penghubung seperti, ibarat, laksana, sebagaimana, daripada, alih-alih. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah kalimat 2 dan 5.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!   Gina berdoa dengan sungguh-sungguh agar keinginan menjadi dokter dapat terwujud. Hasna lebih memilih berdiam diri daripada ikut membicarakan keburukan orang ...

Pembahasan Soal:

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved