Roboguru

Apa yang dimaksud dengan bakteri heterotrof?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan bakteri heterotrof?    space space  

Pembahasan Soal:

Bakteri merupakan organisme bersel tunggal, prokariotik (tidak memiliki membran inti sel), dan berukuran mikroskopik sekitar 1-5 mikron. Bakteri ada yang bersifat heterotrof dan ada yang bersifat autotrof. Bakteri heterotrof merupakan bakteri yang tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga makanannya diambil dari organisme lain. Bakteri heterotrof dibagi menjadi dua kelompok, yaitu bakteri saprofit dan bakteri parasit (parasit obligat, fakultatif, dan patogen). Bakteri saprofit adalah bakteri yang makanannya berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati atau sampah. Contohnya bakteri Escherichia coli yang hidup pada usus besar manusia dan mencerna sisa-sisa makanan yang tidak dicerna oleh usus halus. Bakteri parasit merupakan bakteri yang makanannya diambil dari organisme yang menjadi inangnya. Contohnya bakteri Salmonella thyposa yang hidup pada usus halus dan menyebabkan penyakit tifus. Adapun bakteri autotrof merupakan bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dari bahan-bahan anorganik. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Yolan

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bakteri berdasarkan cara mendapatkan makanannya dibedakan menjadi .... dan ....

Pembahasan Soal:

Bakteri merupakan organisme prokariotik (tidak memiliki membran inti) yang berukuran kecil dan bersifat mikroskopis. Secara umum, bakteri tersusun atas dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, dan bahan inti. Berdasarkan cara mendapatkan makanannya, bakteri dapat dibedakan menjadi bakteri autotrof dan bakteri heterotrof.

  1. Bakteri autotrof adalah bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dari senyawa anorganik. Bakteri autotrof terdiri dari bakteri fotoautotrof dan kemoautotrof. Bakteri fotoautotrof membuat makanannya dengan bantuan energi cahaya, sedangkan bakteri kemoautotrof membuat makanannya dengan bantuan energi kimia. Contoh bakteri fotoautotrof yaitu Chlorobium dan contoh bakteri kemoautotrof yaitu Nitrobacter yang dapat mengoksidasi nitrit.
  2. Bakteri heterotrof adalah bakteri yang memperoleh makanannya dari organisme lain. Bakteri heterotrof terdiri dari bakteri saprofit dan parasit. Bakteri saprofit memperoleh makanan dengan menguraikan sisa-sisa bahan organik menjadi bahan anorganik, sedangkan bakteri parasit memperoleh makanan dari organisme hidup.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara bakteri saprofit dan parasit!

Pembahasan Soal:

Bakteri heterotrof merupakan bakteri yang tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga makanannya diambil dari organisme lain. Kelompok bakteri ini sangat tergantung pada organisme lain untuk penyediaan makanannya. Bakteri heterotrof dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu bakteri saprofit dan bakteri parasit (parasit obligat, fakultatif ,dan patogen). Bakteri saprofit merupakan bakteri yang makanannya berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati atau sampah, sedangkan bakteri parasit merupakan bakteri yang makanannya diambil dari organisme hidup yang menjadi inangnya. Bakteri saprofit tidak merugikan inangnya sedangkan bakteri parasit merugikan inangnya karena dapat menyebabkan penyakit dan mengambil nutrisi inang. 

0

Roboguru

Bakteri yang tidak dapat menyusun senyawa organik sendiri sehingga hidup dari senyawa organik makhluk hidup lain disebut . . . .

Pembahasan Soal:

Bakteri berdasarkan cara memperoleh nutrisi dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Bakteri autotrof yang mampu mengubah bahan anorganik menjadi organik sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan energinya sendiri.
  2. Bakteri heterotrof yang tidak mampu membuat sumber nutrisi dan energinya sendiri sehingga membutuhkan organisme lain.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Sebutkan klasifikasi Eubacteria berdasarkan cara mendapatkan makanannya!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan cara mendapatkan makanannya bakteri dikelompokan menjadi 2 :

  1. Bakteri Autotrof (bakteri yang memperoleh makanan dengan cara mengubah bahan anorganik menjadi organik. Berdasarkan sumber nutrisinya bakteri autotrof terbagi menjadi dua yaitu bakteri fotoautotrof dan kemoautotrof. 

    Bakteri fotoautotrof
    Bakteri yang menfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi dalam mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik. 
    Contoh : Bakteri hijau (memiliki pigmen bakterioviridin atau bakterioklorofil), dan bakteri ungu (memiliki pigmen yang disebut bakteriopurpurin)

    Bakteri kemoautotrof
    Bakteri yang memperoleh energi dengan cara mengoksidasi senyawa-senyawa kimia anorganik. 
    Contoh : bakteri Nitrosomonas (mengoksidasi senyawa amonia menjadi nitrit), bakteri Nitrobacter (mengoksidasi ion nitrit menjadi nitrat), bakteri sulfur (Thiobacillus) mengoksidasi hidrogen sulfida dan senyawa sulfur lain menjadi sufat.

  2. Bakteri Heterotrof
    bakteri yang memperoleh energi dari bahan organik yang berada disekitarnya. Bakteri heterotrof terbagi menjadi dua yaitu bakteri saprofit dan bakteri parasit.

    Bakteri saprofit
    bakteri yang memperoleh makanan dengan cara merombak bahan organik yang berupa sisa-sisa organisme atau organisme lain menjadi bahan anorganik melalui fermentasi. Biasa bakteri saprofit merupakan satu satu organisme pengurai (dekomposer) sehingga bersifat apatogen (tidak menimbulkan penyakit).
    Contoh : Escherichia coli, dan Clostridium sporangeus

    Bakteri Parasit
    merupakan bakteri yang memperoleh makanan dari inangnya. Biasa hidupnya dalam tubuh organisme lain (inang). Bersifat patogen (dapat menimbulkan penyakit).
    Contoh : Mycobacterium tuberculosis (mengakibatkan penyakit TBC)

0

Roboguru

Sebutkan 3 contoh bakteri yang berperan sebagai dekomposer atau pengurai!

Pembahasan Soal:

Contoh bakteri dekomposer

  • Methanobacterium omelanskii (pengurai asam cuka)
  • Flavobaacterium (pengurai sampah organik)
  • Clostridium sporageus (pengurai asam amino)

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved