Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan ancaman terhadaplingkungan terhadap kehidupan?

Apa yang dimaksud dengan ancaman terhadap lingkungan terhadap kehidupan?space 

Iklan

N. Fakhirah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia beserta makhluk hidup lainnya. Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun aktivitas manusia dalam menjaga kestabilan kehidupannya.Keseimbangan lingkungan dapat terganggu jika terjadi perubahan lingkungan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Perubahan lingkungan ini dapat menjadi ancaman bagikeberlangsungan kehidupan di dalam lingkungan tersebut.Faktor penyebab perubahan lingkungan (ancaman terhadap lingkungan) dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu faktor alam dari faktor manusia. Faktor alam, antara lain gempa bumi, gunungmeletus, gelombang tsunami, tanah longsor, banjir, angin topan, dan kemarau panjang. Faktor manusia, antara lain pembakaran dan penebangan hutan, pembangunan industri dan pemukiman, penambangan secara liar, sistem pertanian monokultur, dan pencemaran lingkungan (misalnya, akibat penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang berlebihan).

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia beserta makhluk hidup lainnya. Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun aktivitas manusia dalam menjaga kestabilan kehidupannya. Keseimbangan lingkungan dapat terganggu jika terjadi perubahan lingkungan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Perubahan lingkungan ini dapat menjadi ancaman bagikeberlangsungan kehidupan di dalam lingkungan tersebut. Faktor penyebab perubahan lingkungan (ancaman terhadap lingkungan) dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu faktor alam dari faktor manusia.

  • Faktor alam, antara lain gempa bumi, gunung meletus, gelombang tsunami, tanah longsor, banjir, angin topan, dan kemarau panjang.
  • Faktor manusia, antara lain pembakaran dan penebangan hutan, pembangunan industri dan pemukiman, penambangan secara liar, sistem pertanian monokultur, dan pencemaran lingkungan (misalnya, akibat penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang berlebihan). space 

Latihan Bab

Konsep Kilat

Keseimbangan dan Perubahan Lingkungan Hidup

Pencemaran Air

Pencemaran Tanah

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

205

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebut dan jelaskan pengaruh interaksi manusia dalam lingkungan!

3rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia