Roboguru

Apa yang di maksud dengan binomial nomenklatur?

Pertanyaan

Apa yang di maksud dengan binomial nomenklatur? 

Pembahasan Soal:

Binomial Numenklatur atau sistem tata nama ganda adalah kaidah penamaan makhluk hidup secara universal. Dimana, merupakan aturan penamaan baku bagi semua organisme atau makhluk hidup yang terdiri dari dua kata (binomial berarti dua nama) dari sistem taksonomi (biologi) dengan mengambil nama genus dan nama spesies. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. El

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemberian nama untuk menyebutkan suatu jenis makhluk hidup sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan gambar berikut. Hewan tersebut diberi nama macan dalam bahasa Jawa, harimau dalam ba...

Pembahasan Soal:

Sistem tata nama ganda atau binomial nomenclature adalah kaidah penamaan makhluk hidup secara universal. Sistem tata nama ini dikenalkan oleh Carolus Linnaeus. Setiap spesies makhluk hidup diberi nama yang terdiri atas dua kata. Kata pertama menunjukkan marga atau genus, yang penulisannya selalu dimulai dengan huruf besar. Kata kedua merupakan penunjuk jenis atau Epitheton specificum yang penulisannya dimulai dengan huruf kecil. Misalnya nama ilmiah harimau adalah Panthera(1) tigris(2) (Panthera = nama marga/genus; tigris = petunjuk spesies). Nama marga adalah (1), petunjuk spesies adalah (2), sedangkan (1) dan (2) adalah nama spesiesnya. Secara sederhana, sistem tata nama ganda mengikuti beberapa aturan berikut ini.

  • Menggunakan bahasa latin atau bahasa lain yang dilatinkan.
  • Terdiri atas dua kata, dimana kata pertama merupakan nama genus, sedangkan kata kedua merupakan nama spesies yang spesifik. Bila nama itu terdiri atas tiga kata, kata kedua dan ketiga harus ditulis menyatu atau ditulis dengan tanda penghubung.
  • Huruf pertama nama genus ditulis dengan huruf besar, huruf selanjutnya ditulis dengan huruf kecil.
  • Nama genus dan nama spesies dicetak miring (italic) atau dicetak tegak dengan digarisbawahi secara terpisah.
  • Nama atau singkatan nama deskriptor dapat dituliskan dibelakang nama spesies, dengan menggukan huruf tegak tanpa garis bawah.space space 

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat dari binomial nomenklatur adalah…..

Pembahasan Soal:

Binomial nomenclature merupakan sistem tata nama ilmiah secara baku pada setiap spesiesnya dengan menggunakan 2 kata. Dengan adanya Binomial nomenklatur akan mempermudah dalam mempelajari spesies yang ada di dunia karena nama yang digunakan bersifat universal.Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Karena selalu menggunakan dua kata (nama genus dan nama spesies), metode pemberian nama jenis makhluk hidup dinamakan ....

Pembahasan Soal:

Metode binomial nomenclature atau tata nama ganda merupakan metode yang sangat penting dalam pemberian nama dan klasifikasi makhluk hidup. Disebut tata nama ganda karena pemberian nama jenis makhluk hidup selalu menggunakan dua kata. Nama suatu spesies terdiri atas dua kata, kata pertama merupakan nama genus, sedangkan kata kedua merupakan penunjuk jenis (Epitheton specificum).

Jadi, metode pemberian nama jenis makhluk hidup dinamakan binomial nomenclature atau tata nama ganda. 

0

Roboguru

Jelaskan aturan pemberian nama ilmiah pada makhluk hidup (Binomial nomenclature)!

Pembahasan Soal:

Sistem binomial nomenklatur merupakan sistem pemberian nama hewan atau tumbuhan secara sah dan benar berdasar kode internasional. Pemberian nama ini diatur dengan Kode Internasional Tata Nama Hewan dan Tumbuhan dengan menggunakan sistem tata nama dua kata (binomial nomenklatur) dengan aturan-aturan sebagai berikut:

  1. Nama terdiri dari dua kata, kata pertama menunjukkan tingkatan marga (genus) yang diawali dengan huruf besar dan kata kedua menunjukkan tingkatan jenis (spesies) yang diawali dengan huruf kecil.
  2. Jika ditulis dengan huruf tegak, dua kata tersebut harus digaris bawahi, tetapi jika tidak digaris bawahi, dua kata tersebut harus dicetak miring
  3. Jika memiliki subspesies, nama tersebut ditambahkan pada kata ketiga.undefined 

0

Roboguru

Singkong mempunyai nama latin Manihot esculenta. Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan nama ilmiah tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Binomial nomenclature atau sistem tata nama ganda adalah kaidah penamaan makhluk hidup secara universal. Setiap spesies makhluk hidup diberi nama yang terdiri atas dua kata. Kata pertama menunjukkan marga atau genus, yang penulisannya selalu dimulai dengan huruf besar. Kata kedua merupakan penunjuk jenis atau Epitheton specificum yang penulisannya dimulai dengan huruf kecil. Misalnya nama ilmiah singkong yaitu Manihot(1) esculenta(2) (Manihot = nama marga/genus; esculenta = petunjuk spesies). Nama marga adalah (1), petunjuk spesies adalah (2), sedangkan (1) dan (2) adalah nama spesiesnya.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved