Roboguru
SD

Apa yang akan terjadi jika Guglielmo Marconi tidak menemukan radio?

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!

Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio

Lahir di Balogna, Italia, pada 25 April 1874. Sejak kecil ia menunjukkan minat pada bidang fisika dan elektro. Pada tahun 1895, ia memulai penelitiannya sampai menemukan telegraf tanpa kabel. Ini merupakan cikal bakal radio. Pada tahun 1897, Marconi mempresentasikan hasil temuannya. Alat komunikasi dengan menggunakan sinyal tanpa kabel yang mampu menjangkau jarak 19,3 km. Itulah radio yang hingga saat ini dirasakan manfaatnya oleh kita.

Tahun 1901, Marconi berhasil membuktikan bahwa gelombang tanpa kabel temuannya tidak akan terganggu oleh lekukan bumi. Ia menyebarkan sinyal radio pertama sejauh 3.380 km sampai menyeberangi Samudra Atlantik. Penelitian Marconi terus berkembang. Selain pemancar radio, ia menemukan perangkat komunikasi lain yang menggunakan gelombang tanpa kabel, yaitu telegram, radio, dan teknologi radar.

Atas jasa yang sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, Marconi menerima banyak penghargaan. Penghargaannya antara lain nobel di bidang fisika dan gelar kehormatan dari Kaisar Rusia.space space 

Apa yang akan terjadi jika Guglielmo Marconi tidak menemukan radio?space space 

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

informasi hanya bisa didapatkan jika kita membeli surat kabar atau informasi yang didapatkan tidak update.space space 

Pembahasan

Yang terjadi jika Guglielmo Marconi tidak menemukan radio adalah kemungkinan kita masih sulit mendapatkan informasi mengenai perkembangan dunia. Terlebih untuk daerah yang jauh dari pusat kota dengan keterbatasan sarana dan prasarana umum. Sehingga informasi hanya bisa didapatkan jika kita membeli surat kabar atau informasi yang didapatkan tidak update.space space 

184

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kamu telah mengenal berbagai penemuan. Penemuan-penemuan tersebut mempunyai pengaruh terhadap berbagai aspek dalam kehidupan kita. Tuliskan penemuan yang kamu ketahui dan pengaruhnya bagi kehidupan!

502

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia