Roboguru

Apa wawasan yang Anda dapatkan dari artikel tersebut?

Pertanyaan

Apa wawasan yang Anda dapatkan dari artikel tersebut? undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Wawasan adalah hasil tinjauan atau pandangan yang kita dapatkan setelah membaca artikel tersebut.

Artikel “Agar Asma Tak Kian Parah” membahas penyakit asma dan obat yang dapat digunakan bagi penderitanya. Ada dua jenis obat asma yang digunakan, yakni pelega dan pengontrol.

Wawasan yang kita dapatkan dalam artikel “Agar Asma Tak Kian Parah” adalah tentang cara mengatasi penyakit asma. Umumnya penderita asma hanya minum obat saat terjadi serangan dan kebanyakan pasien hanya minum obat pelega saja. Ternyata setelah diteliti, gejala asma ini dapat menjadi lebih ringan apabila diobati dengan obat pelega dan obat pengontrol sekaligus, seperti kutipan berikut:

Hasilnya, mereka yang mendapat obat yang mengandung pelega dan pengontrol sekaligus ternyata lebih sedikit mengalami serangan ketimbang yang hanya minum obat saat serangan asma datang. Karena itu, dosis minum obat pelega menjadi berkurang. "Kami juga yakin bahwa obat tersebut bisa mencegah asma berkembang ke tingkat yang lebih parah," ujar John Upham.

Dengan demikian, wawasan yang kita dapatkan dari artikel tersebut yaitu penyakit asma dapat diobati dengan minum obat yang mengandung pelega dan pengontrol sekaligus, karena dapat mengurangi terjadinya serangan asma dan mencegah penyakit asma berkembang ke tingkat yang lebih parah.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Artikel tersebut membahas topik pada bidang ...

Pembahasan Soal:

Teks artikel merupakan sebuah karya tulis lepas, berisikan opini atau pendapat penulis tentang isu permasalahan, bertujuan untuk memberi informasi, mempengaruhi, meyakinkan atau untuk menghibur pembaca.

Topik yang dibahas dalam artikel tersebut adalah topik pendidikan, yaitu gagasan Kampus Merdeka yang direncanakan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan Indonesia.

Ini adalah kutipan kalimat yang mendukung topik tersebut:

"Kampus Merdeka yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim,.."

Selain itu, istilah-istilah yang digunakan dalam teks juga merupakan kosakata bidang pendidikan, seperti kampus, mata kuliah, jurusan, semester, dan studi.

Oleh sebab itu, jawaban yang benar adalah C.undefined 

Roboguru

Artikel tersebut membahas topik pada bidang ....

Pembahasan Soal:

Artikel merupakan karya tulis nonfiksi yang ditulis secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Sedangkan, topik utama merupakan subjek utama sebuah bacaan. 

Cara mencari / menemukan topik atau tema:

  1. Membaca dan memahami keseluruhan teks.
  2. Cari kata kunci yang paling sering diulang-ulang dalam bacaan.

Artikel di atas membahas tentang kebutuhan vaksinasi covid-19 yang semakin mendesak. Seehubungan dengan bahasan tersebut, banyak kata-kata dalam bidang kesehatan yang digunakan seperti, vaksinasi, covid-19,  imunisasi, kesehatan mental.

Oleh karena itu, artikel di atas membahas topik pada bidang kesehatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Roboguru

lnformasi yang sesuai dengan artikel tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Artikel merupakan karya nonfiksi yang ditulis secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Artikel di atas membahas tentang anemia. lnformasi yang sesuai dengan hal tersebut adalah anemia terjadi ketika hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup. Hal tersebut dituliskan secara jelas pada kalimat kedua, yaitu "Selain itu, anemia terjadi ketika hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup, seperti protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Artikel terdiri atas artikel penelitian dan bukan penelitian.

Untuk mengetahui pernyataan yang sesuai dengan isi teks, kita harus membaca seluruh teks secara saksama.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah “Menurut Wali Kota Bogor, ibu rumah tangga berperan dalam menumbuhkan minat anak-anak untuk mengonsumsi ikan. “ Hal ini sesuai dengan pernyataan pada kalimat keempat pada paragraf, yaitu “Wali Kota Bogor menyebutkan bahwa tumbuhnya minat anak-anak untuk gemar mengonsumsi ikan berawal dari peran ibu rumah tangga.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space  

Roboguru

Topik artikel tersebut berkaitan dengan ......

Pembahasan Soal:

Topik merupakan salah satu bagian penting ketika ingin menulis artikel. Topik berisi poin pokok dari sebuah pembicaraan atau pokok permasalahan sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel.

Topik pada kutipan artikel di atas adalah tentang permasalahan lingkungan. Hal itu dapat dilihat dari paparan paragraf tentang kerusakan terumbu karang di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved