Roboguru

Apa tujuan sumpah palapa?

Pertanyaan

Apa tujuan sumpah palapa?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Gadjah Mada adalah sosok penting di masa lalu yang masih dikenang hingga saat ini. Gadjah Mada sering disebut-sebut sebagai ilham dari cita-cita persatuan Bangsa Indonesia sebab di masa lalu Gadjah Mada lah yang mencetuskan tekad untuk mempersatukan semua pulau-pulau di nusantara dalam satu kesatuan di bawah kepemimpinan Majapahit. Sumpah Palapa ini ini sendiri berisi ikrar Gadjah Mada yang menyebutkan dirinya akan terus berpuasa dan baru melepas puasa yang dijalankannya apabila cita-citanya menaklukkan sejumlah wilayah terwujud. Sumpah Palapa ini sendiri diucapkan Gadjah Mada pada pengangkatannya sebagai Patih Amangkubhumi (Perdana Menteri).

Dengan demikian, tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa adalah sebagai IKRAR yang kesungguhannya mempersatukan nusantara (pulau-pulau di luar Jawa) agar tunduk dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Orang-orang yang tergolong dalam Kasta Sudra adalah….

Pembahasan Soal:

Dalam kebudayaaan Hindu, dikenal stratifikasi sosial atau pelapisan sosial. Masyarakat dibagi menjadi tingkatan atau lapisan yang disebut kasta atau warna. Ada empat kasta yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Sistem ini disebut juga dengan Catur Warna (Empat Warna). Sistem ini berasal dari India, negara asal agama Hindu, dan diterapkan juga di Indonesia pada masa Hindu Buddha. Pada masa sekarang, masyarakat Bali yang beragama Hindu juga menerapkan sistem ini. Di Indonesia, penerapan sistem kasta tidak sekaku atau seketat di India. Di India, dalam penerapan paling ketat, orang yang berlainan kasta dilarang menikah, dan bahkan orang dari kasta tinggi tidak boleh makan dari piring yang sama atau terkena bayang-bayang orang berkasta rendah. Keempat kasta tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kasta Brahmana. Brahmana adalah kasta para pendeta, pemuka agama, dan guru. Orang dari kasta Brahmana diberi hak untuk memimpin upacara keagamaan, memberi pemberkatan dan mengelola kuil.
  2. Kasta Ksatria. Kasta ini adalah para prajurit, para raja dan bangsawan. Orang dari kasta Brahmana umumnya menyelenggarakan pemerintahan dan memimpin kerajaan. Mereka juga yang umumnya memimpin peperangan.
  3. Kasta Waisya. Kasta ini adalah para pedagang, perajin dan pengusaha. Orang dari kasta Waisya bergerak dibidang perniagan dan keuangan.
  4. Kasta Sudra. Kasta ini adalah kasta paling rendah, terdiri dari para petani, buruh, pembantu, kuli, dan kaum buangan. Mereka umumnya berada di kedudukan sosial yang rendah dan miskin. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Kitab Weda ditulis dengan Bahasa Sansekerta yang hanya dipahami oleh kaum…

Pembahasan Soal:

Kitab Weda adalah kitab suci agama Hindu. Kitab Weda merupakan kumpulan sastra-sastra kuno dari zaman India Kuno yang jumlahnya sangat banyak dan luas. Dalam ajaran Hindu, Weda termasuk dalam golongan Sruti, karena umat Hindu percaya bahwa isi Weda merupakan kumpulan wahyu dari Brahman. Kitab Weda ditulis menggunakan bahasa Sanskerta dan hanya dipahami oleh golongan Brahmana. Golongan ini terdiri dari pendeta dan agamawan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! “Teori Sudra menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia di bawa oleh orang-orang India yang berkasta Sudra, karena mereka dianggap sebagai orang-orang buangan”...

Pembahasan Soal:

Menurut Teori Sudra yang dikemukakan oleh Van Faber, para budak yang berasal dari kasta Sudra datang ke Nusantara bersama tuannya untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Kekurangan Teori Sudra adalah kaum Sudra yang merupakan orang-orang buangan pada umumnya tidak mengerti soal agama karena tingkat pengetahuan mereka yang rendah. Tidak mengusai bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa Kasta.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan oleh Kerajaan Singhasari terjadi pada masa kekuasaan raja ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Singhasari didirikan oleh Ken Arok atau Sri Ranggah Rajasa Amurwabhumi pada tahun 1222 M setelah mengalahkan kerajaan Kadiri melalui pertempuran Ganter. Dari beberapa raja yang memerintah Singhasari, salah satu raja yang terkenal adalah Kertanegara yang berkuasa pada tahun 1268-1292 M. Raja Kertanegara bercita-cita agar Singhasari menjadi kerajaan yang besar dengan menguasai beberapa daerah di luar Jawa seperti Bali, Kalimantan Barat Daya, Maluku, Sunda dan Pahang. Pada tahun 1275 M, raja Kertanegara mengirimkan Ekspedisi Pamalayu dibawah pimpinan Mahesa Anabrang (Kebo Anabrang). Ekspedisi ini bertujuan unutk menguasai Sriwijaya dan mengimbangi pengaruh Kubilai Khan dari Cina.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Raja kerajaan Sunda yang diperkirakan tewas dalam peristiwa perang Bubat antara Sunda dengan Majapahit ialah raja ....

Pembahasan Soal:

Salah satu peristiwa yang terkenal pada saat pemerintahan Hayam Wuruk adalah perang Bubat. Perang ini terjadi antara rombongan kerajaan Sunda dengan pasukan yang dikirim oleh Gajah Mada ke lapangan bubat. Perang ini dilatarbelakangi oleh keinginan sang patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara, yang pada saat itu hanya kerajaan Sunda satu-satunya kerajaan yang belum takluk meski sudah dua kali diadakan penyerangan. Pada 1357, Sri Baduga Maharaja beserta para pembesar Sunda datang ke wilayah Majapahit dengan maksud untuk menikahkan Diah Pitaloka Citraresmi dengan Hayam Wuruk. Akan tetapi setelah memasuki lapangan bubat, rombongan dari kerjaan Sunda dibinasakan disana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved