Roboguru

Apa tujuan pembuatan hormon insulin? Bagaimana pembuatannya?

Pertanyaan

Apa tujuan pembuatan hormon insulin? Bagaimana pembuatannya? 

  1. .... 

  2. .... 

Pembahasan Soal:

Tujuan pembuatan hormon insulin adalah membantu penderita diabetes melitus untuk mendapatkan hormon insulin dari luar tubuh. Hormon ini sangat diperlukan oleh penderita diabetes melitus karena kelenjar pankreas penderita tidak mampu menghsilkan hormon tersebut. Hormon insulin berfungsi untuk mengubah glukosa dalam darah menjadi glikogen. Tahapan teknologi plasmid dalam pembuatan hormon insulin adalah sebagai berikut. 

  1. Sebuah plasmid bakteri dan DNA yang mengandung gen insulin dari sel pankreas dipotong dengan enzim endonuklease restriksi. Pemotongan urutan basa DNA plasmid sesuai dengan urutan basa DNA dari sel pankreas.
  2. Fragmen DNA gen insulin disambungkan pada plasmid menggunakan enzim DNA ligase sehingga terbentuklah plasmid dengan rangkaian DNA rekombinan.
  3. Plasmid rekombinan dimasukkan ke dalam sel bakteri sehingga diperoleh bakteri yang mempunyai gen kromosom asli dan juga gen insulin.
  4. Bakteri rekombinan dikembangbiakan sehingga diperoleh populasi bakteri yang mampu menghasilkan hormon insulin dalam jumlah banyak.
  5. Hormon insulin yang dihasilkan oleh bakteri rekombinan dikumpulkan dan disuntikkan pada penderita diabetes melitus yang memerlukan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved