Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah puisi berikut ini, kemudian kerjakan tugas-tugas di bawahnya!


Mata Air
Karya: Joko Pinurbo


Di musim kemarau semua sumber air di desa itu mengering. Perempuan-perempuan legam berbondong-bondong menggendong gentong menuju sebuah sendang di bawah pohon beringin di celah bebukitan. Tawa mereka yang renyah menggema nyaring di dinding-dinding tebing, pecah di padang-padang gersang.

Setelah berjalan lima kilometer jauhnya, mereka pun sampai di mata air yang tak pernah mati itu. Mereka ramai-ramai menuai air membuncah-buncah, menuai air mata yang mereka tanam di ladang-ladang karang. 

Bulan sering turun ke sendang itu, menemani gadis kecil yang suka mandi sendirian di situ. Langit sangat bahagia tapi belum ingin meneteskan air mata. Nanti, jika musim hujan tiba, langit akan memandikan gadis kecil itu dengan air matanya. (2002)

Sumber: http://www.jendelasastra.com/dapur-sastra/belajar-menulis/kumpulan-puisi-karya-joko-pinurbo-2002space 

Apa tema puisi di atas?

Apa tema puisi di atas?space 

Iklan

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tema pada puisi di atas adalah musim kemarau.

tema pada puisi di atas adalah musim kemarau.space 

Iklan

Pembahasan

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait.Temamerupakan gagasan pokok penyair lewat puisinya. Gagasan pokok inilah yang kemudian akan berkembang melalui penjelasan-penjelasan dan hubungan setiap katadalam puisitersebut, daritemainilah yang akan menjadi kerangka pengembanganpuisi. Tema pada puisi di atas adalah musim kemarau. Keseluruhan paragraf mengenai musim kemarau yang melanda sebuah desa, mereka merindukan musim hujan yang belum datang. Dengan demikian, tema pada puisi di atas adalah musim kemarau.

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Tema merupakan gagasan pokok penyair lewat puisinya. Gagasan pokok inilah yang kemudian akan berkembang melalui penjelasan-penjelasan dan hubungan setiap kata dalam puisi tersebut, dari tema inilah yang akan menjadi kerangka pengembangan puisi.

Tema pada puisi di atas adalah musim kemarau. Keseluruhan paragraf mengenai musim kemarau yang melanda sebuah desa, mereka merindukan musim hujan yang belum datang.

Dengan demikian, tema pada puisi di atas adalah musim kemarau.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

82

Arin

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah puisi berikut! Salju Kemanakah pergi Mencari matahari Ketika salju turun Pepohonan kehilangan daun Kemanakah jalan Mencari lingkungan Ketika tubuh kuyup dan pintu te...

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia