Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa saja yang harus kita lakukan terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu?

Apa saja yang harus kita lakukan terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu?space 

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Perubahan cuaca yang tidak menentu disebabkan oleh pemanasan global. Pemanasan global terjadi dikarenakan adanyaefek rumah kaca. Efek rumah kaca merupakan proses peningkatan suhu rata-rata permukaan Bumi karena terperangkapnya radiasiMatahari oleh atmosferBumi. Penyebab utamanyaadalah konsentrasi gas-gas seperti uap air (H2O), karbondioksida (CO2), metana (CH4), ozon (O3), nitrogenoksida (N2O), CFC (Chloro Fluoro Carbon), dan HFC (Hidro Fluoro Carbon) meningkat di atmosfer bumi dan membentuk rumah kaca. Yang harus kita lakukan ketika terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan membantu prosespengurangan emisi gas-gas rumah kaca. Banyak cara yang bisa kita lakukan contohnya adalah: Mempraktekanprinsip dasar 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). Reuse berarti menggunakan benda yang bisa digunakan lagi. Reduce berarti meminimalisir pemakaianproduk yang merusak lingkungan. Recycle berarti mendaur ulang sampah yang masih bisa kita manfaatkan. Menghemat energi listrik. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Membatasi penggunaan plastik.

Perubahan cuaca yang tidak menentu disebabkan oleh pemanasan global. Pemanasan global terjadi dikarenakan adanya efek rumah kaca. Efek rumah kaca merupakan proses peningkatan suhu rata-rata permukaan Bumi karena terperangkapnya radiasi Matahari oleh atmosfer Bumi. Penyebab utamanya adalah konsentrasi gas-gas seperti uap air (H2O), karbondioksida (CO2), metana (CH4), ozon (O3), nitrogen oksida (N2O), CFC (Chloro Fluoro Carbon), dan HFC (Hidro Fluoro Carbon) meningkat di atmosfer bumi dan membentuk rumah kaca.

Yang harus kita lakukan ketika terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan membantu proses pengurangan emisi gas-gas rumah kaca. Banyak cara yang bisa kita lakukan contohnya adalah:

  1. Mempraktekan prinsip dasar 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). Reuse berarti menggunakan benda yang bisa digunakan lagi. Reduce berarti meminimalisir pemakaian produk yang merusak lingkungan. Recycle berarti mendaur ulang sampah yang masih bisa kita manfaatkan.
  2. Menghemat energi listrik.
  3. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.
  4. Membatasi penggunaan plastik.space 

Konsep Kilat

Penyebab Pemanasan Global

Dampak Pemanasan Global

Pengendalian Pemanasan Global

Latihan Bab

238

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Sering terjadi badai. Pulau kecil tenggelam. Kerusakan ekosistem. Bertambahnya tingkat keasaman air laut. Berdasarkan pernyataan tersebut ...

528

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia