Roboguru

Apa saja kesamaan pohon jambu dan tanaman tomat?

Pertanyaan

Apa saja kesamaan pohon jambu dan tanaman tomat? 

Pembahasan Soal:

Pohon jambu dan tanaman tomat keduanya termasuk ke dalam Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) yaitu tumbuhan yang bijinya terbungkus dalam buah yang dibentuk dari bakal buah (ovarium). Lebih khususnya lagi, pohon jambu dan tanaman tomat keduanya sama-sama tergolong ke dalam tumbuhan dikotil, sehingga pohon jambu dan tanaman tomat juga memiliki kesamaan lainnya seperti:

  • Memiliki kambium pada batang dan akarnya sehingga mengalami pertumbuhan sekunder (pertambahan diameter).
  • Memiliki pembuluh angkut yang tersusun secara teratur.
  • Memiliki batang bercabang.
  • Akarnya tersusun atas sistem akar tunggang dengan akar-akar lateral. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup?

Pembahasan Soal:

Perbedaan tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) adalah:

  1. Alat Perkembangbiakan: Gymnospermae memiliki strobilus, tidak berbunga dan terpisah antara tanaman jantan dan betina, sedangkan Angiospermae berkembang biak dengan bunga yang dapat terpisah atau bergabung antara tanaman jantan dan betina.
  2. Biji: Gymnospermae memiliki biji yang terbuka, sedangkan Angiospermae memiliki biji yang tertutup oleh buah dan kotiledon.
  3. Daun: Daun pada Gymnospermae berbentuk seperti jarum, sementara pada Angiospermae dapat berentuk seperti sirip atau bercabang.
  4. Kambium: Gymnospermae memiliki kambium dan dapat bercabang, sementara pada Angiospermae, kambium hanya terdapat pada kelompok dikotil dan tidak terdapat pada kelompok monokotil.
  5. Pembantu penyerbukan: Gymnospermae penyerbukannya sebagian besar dibantu angin, sementara Angiospermae penyerbukannya sebagian besar dibantu oleh hewan seperti serangga.
  6. Batang kayu: Gymnospermae batang kayunya lunak (softwood), sementara Angiospermae batang kayunya dapat lunak atau keras (hardwood).
Roboguru

Jelaskan perbedaan tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan dikotil!

Pembahasan Soal:

Gymnospermae adalah tanaman berbiji terbuka. Biji tanaman ini tidak dilapisi dengan cadangan makanan seperti biji pada Angiosperma. Tanaman gymnosperma tidak memiliki bunga. Tanaman jenis ini memiliki organ reproduksi  berupa konus atau strobilus.

Karena tidak memiliki bunga, gymnosperma tidak memiliki sari bunga (nektar) sehingga tidak dapat menarik serangga atau hewan lain untuk membantu penyerbukan. Pada gymnosperma, penyerbukan dibantu oleh angin.

Kelompok gymnosperma terbesar saat ini adalah konifer (pinus, cemara, dan sejenisnya), diikuti oleh sikas, gnetofit (Melinjo, Ephedra, dan Welwitschia), dan Ginkgo biloba.

Angiospermae adalah tanaman berbiji tertutup, yang bijinya tertutup buah sebagai cadangan makanan. Secara umum Angiosperma dibagi menjadi tanaman berbiji tunggal (monokotil) dan berbiji belah (dikotil).

Kelompok monokotil misalnya adalah kelapa, pisang, padi, dan jagung. Sementara kelompok dikotil misalnya adalah mangga, jeruk, pepaya dan durian.

Perbedaan tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) adalah:

  1. Alat Perkembangbiakan: Gymnospermae memiliki strobilus, tidak berbunga dan terpisah antara tanaman jantan dan betina, sedangkan Angiospermae berkembang biak dengan bunga yang dapat terpisah atau bergabung antara tanaman jantan dan betina
  2. Biji: Gymnospermae memiliki biji yang terbuka, sedangkan Angiospermae memiliki biji yang tertutup oleh buah dan kotiledon
  3. Daun: Daun pada Gymnospermae berbentuk seperti jarum, sementara pada Angiospermae dapat berentuk seperti sirip atau bercabang
  4. Kambium: Gymnospermae memiliki kambium dan dapat bercabang, sementara pada Angiospermae, kambium hanya terdapat pada kelompok dikotil dan tidak terdapat pada kelompok monokotil
  5. Pembantu penyerbukan: Gymnospermae penyerbukannya sebagian besar dibantu angin, sementara Angiospermae penyerbukannya sebagian besar dibantu oleh hewan seperti serangga
  6. Batang kayu: Gymnospermae batang kayunya lunak (softwood), sementara Angiospermae batang kayunya dapat lunak atau keras (hardwood)
Roboguru

Golongkan tumbuhan berikut ke dalam kelompok tumbuhan monokotil atau dikotil. a. Mangga

Pembahasan Soal:

Tumbuhan monokotil dan dikotil tergolong ke dalam kelompok tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Tumbuhan monokotil memiliki ciri-ciri :

  1. Biji berkeping satu
  2. Biji memiliki satu daun lembaga
  3. Tulang daun sejajar atau melengkung
  4. Daun berseling
  5. Berkas pengangkut menyebar
  6. Bagian bunga berjumlah kelipatan 3
  7. Akar serabut
  8. Berasal dari suku Graminae (rumput-rumputan), Palmae (pinang-pinangan), Liliaceae (bawang-bawangan), dan Musaceae (pisang-pisangan).

Sementara itu, tumbuhan dikotil memiliki ciri-ciri :

  1. Biji berkeping dua.
  2. Biji memiliki 2 daun lembaga.
  3. Tulang daun menyirip atau menjari.
  4. Daun tersebar berhadapan.
  5. Berkas pengangkut tersusun dalam suatu lingkaran atau teratur.
  6. Batang bercabang.
  7. Bagian bunga berjumlah kelipatan 2, 4, atau 5.
  8. Akar tunggang.
  9. Berasal dari suku Euphorbiaceae (getah-getahan), Papilionaceae (kacang-kacangan), dan Solanaceae (terung-terungan).

Berdasarkan ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil, maka dapat disimpulkan bahwa mangga digolongkan ke dalam kelompok tumbuhan dikotil.

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri makhluk hidup dibawah ini :  Mempunyai akar serabut Bersifat eukariotik Uniseluler dan mikroskopis Alat perkembangbiakan berupa spora Memiliki klorofil dan berkas pengangku...

Pembahasan Soal:

Karena tumbuhan tersebut memiliki daun menyirip berarti tumbuhan tersebut termasuk ke dalam kelompok tumbuhan dikotil. Tumbuhan dikotil memiliki beberapa ciri yaitu berkeping biji dua, tulang daun menyirip dan menjari, akarnya tunggang, memiliki kambium pada batangnya, berkas pembuluh batang melingkar/teratur dan bunga memiliki kelipatan 2, 4 dan 5. Karena termasuk tumbuhan maka memiliki ciri eukariotik, dan tumbuhan dikotil termasuk ke dalam kelompok tumbuhan berpembuluh. 

Jadi, jawaban yang benar adalah A 

Roboguru

Berikut ini yang bukan termasuk ciri tumbuhan dikotil adalah ….

Pembahasan Soal:

Tumbuhan berbiji, dibedakan menjadi tumbuhan monokotil dan dikotil. Tumbuhan monokotil memiliki 1  keping biji sedangkan tumbuhan dikotil memiliki lebih dari 1 keping biji. Selain dari biji, perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil bisa dilihat dari akar, batang, daun, dan bunga. Pertama akar, pada monokotil akarnya serabut sedangkan pada dikotil akarnya tunggang. Kemudian batang pada monokotil tidak berkambium sedangkan pada dikotil memiliki kambium dan pada umumnya bercabang. Selanjutnya pertulangan daun, pada monokotil tulang daunnya sejajar atau melengkung sedangkan pada dikotil pertulangan daunnya menyirip atau menjari. Terakhir pada bunga, bunga pada monokotil  memiliki kelopak yang  berjumlah 3 atau kelipatannya sedangkan pada dikotil kelopak bunganya berjumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved