Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa saja fitur-fitur geografis yang memengaruhi kebudayaan? Jelaskan.

Apa saja fitur-fitur geografis yang memengaruhi kebudayaan? Jelaskan.  

Iklan

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Fitur-fitur fisik geografi yang memengaruhi keragaman budaya antara lain iklim dan bentang alam. Iklim merupakan rata-rata cuaca di suatu wilayah yang luas dan dalam waktu yang lama. Iklim merupakan faktor lingkungan utama yang menentukan keadaan lingkungan alam dalam kaitannya dengan keadaan lahan, tanah, air, flora, dan fauna. Keadaan alam lingkungan menciptakan fondasi bagi praktik hidup manusia. Lingkungan alam dan praktik hidup mengarah pada pembentukan kelompok sosial dan karakter kepercayaan (belief), nilai, norma, dan sistem pengetahuan yang berbeda. Hal ini membentuk masyarakat dan membentuk sistem budaya pada umumnya dan membentuk cara hidup manusia. Iklim terkait erat dengan ciri-ciri bentang alam yang beraneka ragam di bumi. Bentang alam merupakan suatuunit geomorfologis yang terbentang di permukaan bumi yang dikategorikan berdasarkan karakteristik, seperti elevasi suatu tempat, kelandaian, orientasi, stratifikasi, paparan batuan, dan jenis tanah. Jenis-jenis bentang alam antara lain pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, bukit, dan lembah. Berbagai bentang alam ini memengaruhi orang untuk membentuk kebudayaannya. Contohnya, orang yang tinggal di pegunungan cenderung mengembangkan kebudayaan tertentu yang sesuai dengan alam pegunungan. Contohnya, memakai pakaian yang lebih tebal untuk mengatasi dingin. Sementara itu, orang yang tinggal di tepi pantai akan memakai pakaian yang lebih tipis agar tidak kepanasan.

Fitur-fitur fisik geografi yang memengaruhi keragaman budaya antara lain iklim dan bentang alam.

  1. Iklim merupakan rata-rata cuaca di suatu wilayah yang luas dan dalam waktu yang lama. Iklim merupakan faktor lingkungan utama yang menentukan keadaan lingkungan alam dalam kaitannya dengan keadaan lahan, tanah, air, flora, dan fauna. Keadaan alam lingkungan menciptakan fondasi bagi praktik hidup manusia. Lingkungan alam dan praktik hidup mengarah pada pembentukan kelompok sosial dan karakter kepercayaan (belief), nilai, norma, dan sistem pengetahuan yang berbeda. Hal ini membentuk masyarakat dan membentuk sistem budaya pada umumnya dan membentuk cara hidup manusia.
  2. Iklim terkait erat dengan ciri-ciri bentang alam yang beraneka ragam di bumi. Bentang alam merupakan suatu unit geomorfologis yang terbentang di permukaan bumi yang dikategorikan berdasarkan karakteristik, seperti elevasi suatu tempat, kelandaian, orientasi, stratifikasi, paparan batuan, dan jenis tanah. Jenis-jenis bentang alam antara lain pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, bukit, dan lembah. Berbagai bentang alam ini memengaruhi orang untuk membentuk kebudayaannya. Contohnya, orang yang tinggal di pegunungan cenderung mengembangkan kebudayaan tertentu yang sesuai dengan alam pegunungan. Contohnya, memakai pakaian yang lebih tebal untuk mengatasi dingin. Sementara itu, orang yang tinggal di tepi pantai akan memakai pakaian yang lebih tipis agar tidak kepanasan.space 

Latihan Bab

Gambaran Umum Tentang Budaya

Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia

Pembentukan Kebudayaan Nasional

2rb+

Stephanie Goey

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh kondisi geografis terhadap perkembangan budaya di suatu wilayah!

94

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia