Roboguru

Apa saja contoh pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia yang melibatkan negara-negara lain?

Pertanyaan

Apa saja contoh pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia yang melibatkan negara-negara lain?space space space space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah pengaruh globalisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat. 

Konsep soal terkait dengan pengaruh globalisasi dalam bidang kehidupan masyarakat yang mana globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Dalam globalisasi akan mempengaruhi dari perubahan kehidupan masyarakat yang semakin terbuka dan bebas dnegan pertukaran nilai-nilai yang ada. Globalisasi pun mempengaruhi dalam perubahan dan kemajuan bidang-bidang kehidupan sosial. Salah satunya Adalah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yang mana globalisasi membuat ilmu pengetahuan semakin berkembang dengan banyaknya kemjuan-kemajuan yang ada baik dalam segi pengetahuan maupun fasilitas yang ada, dan juga kemjauan yang ada dalam teknologi yang semakin maju dan memudahkan masyarakat dapat mengakses segala informasi dan juga kemjauan alat komuikasi. 

Dalam kemajuan ini, juga dirasakan oleh Indonesia, yang semakin hari pengembangan IPTEK yang ada semakin maju dengan pesat, sehingga Indonesia tidak tertinggal negara-negara maju, yang mana Indonesia sudah memngembangkan dan memanfaatkan pengembangan IPTEK dalam kemajuan masyarakatnya seperti akses internet yang mulai menyebar luas, pengembangan kurikulum pendidikan , dengan demikian membudahkan Indonesia untuk dapat semakin mengembangkan diri terhadap kemajuan yang ada dan menjalin relasi dan hubungan internasional yang lebih luas. adapun beberapa contoh pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia yang melibatkan negara lain:

  • Pertukaran pelajar
  • Kolaborasi antara organisasi riset
  • Pertukaran informasi untuk memfasilitasi pengakuan akademis terhadap gelar dan sertifikat yang diberikan oleh institusi pendidikan
  • Peningkatan kapasitas kerja sama dosen, peneliti, spesialis dan ahlispace spacespace space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana sikap kita untuk menyikapi penyebaran berita hoax ?

Pembahasan Soal:

Permasalahan di era globalisasi salah satunya adalah penyebaran berita bohong atau hoax. Sikap dan perilaku kita sebagai pelajar dalam melihat masalah tersebut adalah ikut membantu pemerintah dalam membantu melakukan kampanye literasi media, agar masyarakat bisa membedakan, dan menganalisis berbagai informasi yang memiliki kecenderungan hoax. 

Contohnya; Sosialisasi kepada masyarakat, Kampanye di media sosial, dan membuat atau membagikan konten informatif seputar hoax.

Dengan melihat penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sikap dan perilaku kita terhadap hoax harus bisa menjadikan masyarakat cerdas dalam bermedia.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan gejala sosial berupa globalisasi!

Pembahasan Soal:

Gejala sosial merupakan suatu fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat, fenomena ini dapat melahirkan suatu masalah sosial yang merugikan masyarakat itu sendiri. Gejala sosial terjadi karena adanya perubahan sosial, sehingga melahirkan gejala-gejala sosial lainnya. Salah satu bentuk gejala sosial akibat perubahan sosial yaitu adanya globalisasi. Globalisasi merupakan salah satu unsur dalam kehidupan yang tidak bisa dihindari, globalisasi juga sudah merambat ke berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, IPTEK dan bidang lainnya. Contoh gejala globalisasi yaitu sebagai berikut :

  1. Kegiatan ekspor dan impor, yang kemudian mendorong kerjasama antarnegara sehingga dapat menambah devisa bagi negara
  2. Pertukaran budaya antar negara, dengan difasilitasinya teknologi canggih saat ini membuat masyarakat untuk lebih mudah dalam mengakses budaya manapun melalui internet, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru tentang kebudayaan luar.
  3. Adanya pembentukan organisasi internasional, salah satu Contoh globalisasi di bidang ini ialah terbentuknya organisasi internasional, seperti ASEAN, PBB, ataupun organisasi lainnya.undefined 

 

0

Roboguru

Kehidupan masyarakat global dan kemajuan teknologi merupakan dua hal yang saling berkaitan dan berjalan beriringan. Hal ini dapat dilihat melalui kehidupan sehari-hari masyarakat yang memanfaatkan tek...

Pembahasan Soal:

Kasus di atas, menjelaskan tentang keterkaitan antara kehidupan masyarakat global dengan kemajuan teknologi. Dalam hal ini, kemajuan teknologi dapat mempercepat perkembangan internet sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. Pada kasus di atas, menjelaskan bahwa informasi yang bisa didapatkan dari perkembangan internet, dapat berbentuk video yang bisa dengan mudah diakses melalui platform-platform yang ada di dunia maya. Sehingga, jika dianalisis berdasarkan kasus tersebut, salah satu dampak negatif dari adanya informasi dalam bentuk video yang didapatkan dari perkembangan internet yaitu tersebarnya konten-konten negatif yang dapat menimbulkan perilaku menyimpang di masyarakat. Konten-konten negatif tersebut dapat berupa video pornografi yang tersebar luas di dunia maya tanpa adanya batasan-batasan dalam mengakses video tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Keuntungan pengaruh globalisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Keuntungan pengaruh globalisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antara lain : 

  1. Dapat menyerap IPTEK yang memperlancar pembangunan
  2. Lebih mudah mendapatkan informasi space space
  3. Memiliki wawasan lebih luas dalam memahami persoalan space space
  4. Memiliki wawasan lebih luas dalam menangani persoalan

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. Justru memperlambat dukungan terhadap pembangunan.

undefined 

0

Roboguru

Contoh pengaruh globalisasi di bidang hukum dan pertahanan adalah...

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah kondisi meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia, globalisasi terjadi didalam berbagai bidang salah satunya bidang hukum, pertahanan dan keamanan.

Berikut ini adalah dampak globalisasi di bidang hukum, pertahanan, dan keamanan:

  1. semakin menguatnya supremasi hukum, dan demokrasi dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia
  2. menguatkan regulasi hukum dan perbuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
  3. menguatnya supremasi sipil dengan memadukan tentara dan polisi sebagai sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Dspace space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved