Roboguru

Apa saja alat bantu yang digunakan untuk menganalisis geografi?

Pertanyaan

Apa saja alat bantu yang digunakan untuk menganalisis geografi?

Pembahasan Soal:

Metode analisis geografi dapat bersifat kualitatif atupun kuantitatif. Alat utama yang digunakan dalam menganalisis geografi adalah sebagai berikut. 

  1. peta,
  2. citra (Image), dan
  3. Sistem Informasi Geografi (SIG).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana membedakan analisis kualitatif dengan analisis kuantitatif?

Pembahasan Soal:

Analisis data penelitian adalah upaya atau cara untuk mengolah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut dapat dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan. Adapun teknik analisis data penelitian geografi adalah sebagai berikut.

  1. Analisis data kuantitatif dalam geografi dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan, seperti analisis data spasial numerik, pengembangan teori tata ruang, serta konstruksi dan pengujian model matematis dari proses spasial. Tujuan analisis adalah menyederhanakan data ke dalam bentuk yang mudah dibaca, diinterpretasi dalam bentuk peta, tabel serta grafik. Analisis kuantitatif ini merupakan analisis yang memecahkan masalah dengan tiga metode, yaitu analisis keruangan, analisis ekologi, dan analisis kompleks wilayah ;
  2. Analisis data secara kualitatif memaparkan hasil penemuan secara mendalam melalui pendekatan deskripsi berdasarkan fenomena geosfer. Kegiatan analisis kualitatif terdiri dari proses kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan analisis kuantitatif dengan analisis kualitatif terletak pada penyajian dalam pemecahan masalah, analisis kuantitatif menyajikan data berdasarkan angka yang terukur divisualisasikan menggunakan tabel, peta dan grafik. Sedangkan analisis kualitatif menyajikan data berupa deskripsi berdasarkan fenomena geosfer.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan analisis data kualitatif dengan analisis data kuantitatif!

Pembahasan Soal:

Data penelitian yang diperoleh dari pengumpulan data disebut data mentah. Data mentah dalam penelitian akan memberi arti berupa temuan-temuan hasil penelitian jika dianalisis dan ditafsirkan. Terdapat dua teknik analisis data yakni analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengolah datanya yang disebut data lunak. Data yang dianalisis adalah kalimat yang diperoleh dari catatan lapangan, wawancara, observasi, dan penelitian terhadap dokumen atau peninggalan. Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Data yang dianalisis berupa angka-angka yang diperoleh dari tabulasi angket maupun wawancara terstruktur.  

0

Roboguru

Sebutkan tahapan-tahapan dalam menganalisis data!

Pembahasan Soal:

Analisis data ialah upaya atau cara untuk mengolah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut bisa dipahami, dan bermanfaat untuk solusi permasalahan, terutama masalah yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data dalam geografi dibagi menjadi dua, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam menganalisis data adalah sebagai berikut.

  1. Analisis kuantitatif dimulai dengan mengelompokkan data sesuai distribusi frekuensi dan ukuran tendensi sentral, data dikelompokkan dalam kelas-kelas data, melakukan pengolahan data secara statistik, data disajikan dalam bentuk peta dan diagram.
  2. Analisis kualitatif dimulai dengan melakukan reduksi data, dilanjutkan dengan melakukan triangulasi data, penyajian data ddapat dilakukan alam bentuk matrik, grafik, dan bagan, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi.  

0

Roboguru

Berdasarkan sifatnya, analisis data terbagi menjadi dua jenis, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan sifatnya, analisis data terbagi menjadi analisis data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif biasanya meliputi penelitian yang berkaitan dengan fenomena nonfisik atau sosial. Sementara, analisis kuantitatif biasanya meliputi perhitungan matematika. space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

“Laju Pertumbuhan Penduduk di desa Ciherang” Dari judul penelitian di atas, analisis yang tepat digunakan adalah ...

Pembahasan Soal:

Analisis kuantitatif adalah proses mengumpulkan dan mengevaluasi data terukur dan dapat diverifikasi.
Penelitian tentang laju pertumbuhan penduduk termasuk dalam analisis kuantitatif sebab data yang disajikan terdiri dari angka-angka sehingga memerlukan penghitungan untuk memperoleh analisis datanya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved