Roboguru

Apa prinsip dari Kimia hijau dalam kehidupan sehari-hari?

Pertanyaan

Apa prinsip dari Kimia hijau dalam kehidupan sehari-hari?

Pembahasan Soal:

Anastas dan Warner (1998) mengusulkan konsep “The Twelve Principles of Green Chemistry” yang digunakan sebagai acuan oleh para peneliti untuk melakukan penelitian yang ramah lingkungan. Berikut adalah ke-12 prinsip kimia hijau yang diusulkan oleh Anastas dan Warner :

  1. Mencegah timbulnya limbah dalam proses sintesis

  2. Mendesain produk bahan kimia yang aman

  3. Mendesain proses sintesis yang aman

  4. Menggunakan bahan baku yang dapat terbarukan

  5. Menggunakan katalis

  6. Menghindari derivatisasi dan modifikasi sementara dalam reaksi kimia

  7. Memaksimalkan atom ekonomi

  8. Menggunakan pelarut yang aman

  9. Meningkatkan efisiensi energi dalam reaksi

  10. Mendesain bahan kimia yang mudah terdegradasi

  11. Penggunaan metode analisis secara langsung untuk mengurangi polusi

  12. Meminimalisasi potensi kecelakaan

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Subaryanto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup disebut dengan ....

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia mempunyai peran yang begitu luas dengan ilmu-ilmu lainnya sehingga melahirkan beberapa cabang dalam ilmu kimia. Berikut adalah cabang-cabang ilmu kimia:

  1. Kimia organik: mengkaji struktur, komposisi, reaksi dan sintesis senyawa organik.
  2. Kimia anorganik: mengkaji senyawa anorganik, sofat, dan pembuatannya.
  3. Kimia analitik: mengkaji penelitian tentang kimia kualitatif dan kuantitatif dan cenderung berkaitan dengan pengembangan dan aplikasi peralatan analitik.
  4. Biokimia: mengkaji ilmu kimia yang berkaitan dengan biologi, khususnya sifat dan komposisi senyawa dalam makhluk hidup serta hasil perubahannya.
  5. Kimia Lingkungan: mengkaji masalah-masalah lingkungan seperti pencemaran, penanganan limbah atau sampah, dan pengadaan air bersih.
  6. Kimia farmasi: mengkaji tentang penelitian mengenali isolasi zat aktif bahan alam, pembuatan dan pengembangan bahan alam yang berkhasiat obat.
  7. Kimia fisik: mengkaji ilmu kimia yang berkaitan dengan ilmu fisika seperti energi yang menyertai reaksi kimia, sifat fisika dan sifat kimia serta perubahan kimia.
  8. Kimia pangan: mengkaji tentang penelitian untuk meningkatkan kualitas bahan pangan, zat aditif makanan dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pangan.
  9. Kimia inti: mengkaji tentang penelitian zat-zat radioaktif, penanganan dan pemanfaatannya dalam bidang kedokteran, pertanian dan hidrologi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Eka ingin mengetahui kadar asam askorbat dalam tablet vitamin C. Cabang ilmu kimia yang sebaiknya dipelajari oleh Eka adalah ....

Pembahasan Soal:

Pengujian kadar asam askorbat dalam tablet vitamin C membutuhkan pemahaman tentang kimia analitik. Pada cabang tersebut, dipelajari metode-metode pemisahan dan pengujian serta penghitungan-penghitungan komposisi, konsentrasi, dan sebagainya.undefined 

Jadi, untuk menguji kadar asam askorbat dalam vitamin C perlu mempelajari ILMU KIMIA ANALITIK.

0

Roboguru

Menurut pendapat Anda, apa yang akan terjadi bila ilmu kimia tidak ada dalam kehidupan?

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur dan sifat materi (zat), perubahan materi (zat) dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Ilmu kimia seringkali disebut sebagai pusatnya pengetahuan, sebab ilmu kimia dibutuhkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan lainnya, misalnya fisika, biologi, geografi, lingkungan hidup, geologi, kesehatan dan kedokteran, sejarah dan bahkan hukum membutuhkan ilmu kimia.

Jika tidak ada ilmu kimia, hidup manusia akan seperti pada jaman purba atau primitif, tanpa mobil, tanpa listrik, tanpa komputer, tanpa telepon genggam, tanpa CD/DVD, serta umur manusia akan pendek karena penyakit-penyakit baru yang muncul tidak ditemukan obatnya. Hal ini disebabkan karena ilmu kimia terus berkembang dan berperan juga untuk perkembangan ilmu pengetahuan yang lain. Sebagai contoh, pada bidang kedokteran dan ilmu kesehatan ilmu kimia berperan dalam menciptakan vaksin untuk penyakit-penyakit menular yang disebabkan virus atau bakteri, serta berperan juga dalam pengembangan obat-obatan jenis baru.space

Jadi, yang akan terjadi bila ilmu kimia tidak ada dalam kehidupan adalah hidup manusia akan seperti pada jaman purba atau primitif atau tidak akan berkembang seiring dengan kemajuan zaman.space

0

Roboguru

Cabang ilmu kimia yang berperan untuk mempelajari sifat fisis adalah....

Pembahasan Soal:

Pengetahuan ilmu kimia dapat membantu mengembangkan konsep-konsep dasar yang berkaitan dengan berbagai proses alam, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah pada bidang-bidang ilmu lain. Bidang keilmuan ini dikenal dengan cabang ilmu kimia, salah satunya adalah kimia fisik. Kimia fisik merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan ilmu fisika seperti energi yang menyertai reaksi kimia, sifat fisika dan sifat kimia, serta perubahan kimia.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan pengertian ilmu kimia! Manfaat apa yang diperoleh dengan belajar ilmu kimia? Salah satu manfaat belajar ilmu kimia adalah program langit biru? Apa maksudnya?

Pembahasan Soal:

Salah satu bidang ilmu yang perlu dipelajari adalah ilmu kimia. Ilmu kimia termasuk salah satu ilmu sains yang saling berkaitan dengan ilmu sains lainnya.

  1. Ilmu kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi, dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda.
  2. Manfaat mempelajari ilmu kimia adalah dapat memahami fenomena-fenomena yang terjadi di alam yang berkaitan dengan materi dan perubahan materi, selain itu dapat mengenal bahan-bahan kimia berbahaya dan menghindarinya, dapat mengetahui bahan-bahan kimia pencemar lingkungan dan mengurangi penggunaannya.
  3. Menurut Dirjen Perhubungan Darat, Ir. Iskandar Abubakar, Msc, Program langit biru merupakan program yang bermaksud untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor.space 

Jadi, ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi, dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Ilmu kimia bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya pada program langit biru.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved