Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa perbedaan pasar oligopoli dengan persaingan monopolistik?

Apa perbedaan pasar oligopoli dengan persaingan monopolistik? space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan pasar oligopoli dan monopolistik diantaranya jumlah penjual, tindakan penjual dalam mengambil keputusan, dan akses keluar masukpasar bagi penjual.

perbedaan pasar oligopoli dan monopolistik diantaranya jumlah penjual, tindakan penjual dalam mengambil keputusan, dan akses keluar masuk pasar bagi penjual. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pasar oligopoli adalah struktur pasar di mana terdapat sedikit perusahaan saja yang menjual produk-produknya yang identik satu sama lain. Dalam pasar oligopoli perusahaan bisa menentukan sendiri harga produknya. Perusahaan juga bisa menentukan berapa banyaknya yang harus diproduksi, tetapi harus selalu mempertimbangkan perusahaan lain yang ada di pasar.Pasar oligopoli ditandai oleh beberapa produsen yang menguasai pasar. Danterdapat ketergantungan terhadap perusahaan lain. Artinya tindakan suatu perusahaan dalam pasar oligopoli harus memperhatikan tindakan yang diambil oleh perusahaan pesaing. Setiap perusahaan mengetahui bahwa setiap perubahan kebijakan harga, kualitas, output , dan iklan dapat mendorong reaksi dari perusahaan pesaing. Selain itu akses produsen untuk keluar masuk pasar juga sulit, ini dikarenakan besarnya biaya produksi barang-barang di pasar oligopoli sehingga hanya produsen dengan modal besar yang mampu memasuki pasar. Contoh produk di pasar oligopoli seperti mobil dan handphone . Pasar monopolistik adalah pasar yang mengambil sebagian ciri pasar monopoli dan sebagian lagi ciri pasar persaingan sempurna (perpaduan). Pasar persaingan monopolistik merupakan suatu struktur pasar di mana terdapat banyak perusahaan yang menjual produk-produk sejenis, tetapi bervariasi berdasarkan merek. Dalam pasar persaingan monopolistik, perusahaan mempunyai kekuatan monopoli terhadap konsumennya, tetapi tetap harus bersaing dengan produsen lain. untuk akses pasar, produsen mudah untuk keluar masuk pasar karena modal bisnis yang diperlukan masih terjangkau. beberapa contoh produk si pasar monopolistik adalah pasta gigi, dan sabun. Jadi, perbedaan pasar oligopoli dan monopolistik diantaranya jumlah penjual, tindakan penjual dalam mengambil keputusan, dan akses keluar masukpasar bagi penjual.

Pasar oligopoli adalah struktur pasar di mana terdapat sedikit perusahaan saja yang menjual produk-produknya yang identik satu sama lain. Dalam pasar oligopoli perusahaan bisa menentukan sendiri harga produknya. Perusahaan juga bisa menentukan berapa banyaknya yang harus diproduksi, tetapi harus selalu mempertimbangkan perusahaan lain yang ada di pasar. Pasar oligopoli ditandai oleh beberapa produsen yang menguasai pasar. Dan  terdapat ketergantungan terhadap perusahaan lain. Artinya tindakan suatu perusahaan dalam pasar oligopoli harus memperhatikan tindakan yang diambil oleh perusahaan pesaing. Setiap perusahaan mengetahui bahwa setiap perubahan kebijakan harga, kualitas, output, dan iklan dapat mendorong reaksi dari perusahaan pesaing. Selain itu akses produsen untuk keluar masuk pasar juga sulit, ini dikarenakan besarnya biaya produksi barang-barang di pasar oligopoli sehingga hanya produsen dengan modal besar yang mampu memasuki pasar. Contoh produk di pasar oligopoli seperti mobil dan handphone.

Pasar monopolistik adalah pasar yang mengambil sebagian ciri pasar monopoli dan sebagian lagi ciri pasar persaingan sempurna (perpaduan). Pasar persaingan monopolistik merupakan suatu struktur pasar di mana terdapat banyak perusahaan yang menjual produk-produk sejenis, tetapi bervariasi berdasarkan merek. Dalam pasar persaingan monopolistik, perusahaan mempunyai kekuatan monopoli terhadap konsumennya, tetapi tetap harus bersaing dengan produsen lain. untuk akses pasar, produsen mudah untuk keluar masuk pasar karena modal bisnis yang diperlukan masih terjangkau. beberapa contoh produk si pasar monopolistik adalah pasta gigi, dan sabun.

Jadi, perbedaan pasar oligopoli dan monopolistik diantaranya jumlah penjual, tindakan penjual dalam mengambil keputusan, dan akses keluar masuk pasar bagi penjual. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

CA31_Thariska Fitra Ramadhani

Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Uraikan bentuk-bentuk pasar berdasarkan struktur pasarnya. Buatlah perbandingan antara bentuk-bentuk pasar tersebut.

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia