Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa perbedaan mikroskop, teropong bintang, dan teropong Bumi tentangkekuatan lensa yang dipergunakan?

Apa perbedaan mikroskop, teropong bintang, dan teropong Bumi tentang kekuatan lensa yang dipergunakan?

Iklan

F. Arifin

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Trisakti

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kekuatan lensa yang digunakan mikroskop lebih tajam dibandingkan teropong karena untuk melihat bendayang tidak dapat dilihat oleh matadan teropong berfungsimemperjelas gambar yang jauh.

kekuatan lensa yang digunakan mikroskop lebih tajam dibandingkan teropong karena untuk melihat benda yang tidak dapat dilihat oleh mata dan teropong berfungsi memperjelas gambar yang jauh.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalahkekuatan lensa yang digunakan mikroskop lebih tajam dibandingkan teropong karena untuk melihat bendayang tidak dapat dilihat oleh matadan teropong berfungsimemperjelas gambar yang jauh. Mikroskop merupakan alat optik untuk melihat benda-benda sangat kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Sedangkan, Teropong atau teleskop merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat objek­objek yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Teropong bintang berfungsi untuk melihat benda-benda langit dan teropong bumi untuk menagamati benda-benda yang jauh dipermukaan bumi. Dengan demikian, kekuatan lensa yang digunakan mikroskop lebih tajam dibandingkan teropong karena untuk melihat bendayang tidak dapat dilihat oleh matadan teropong berfungsimemperjelas gambar yang jauh.

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah kekuatan lensa yang digunakan mikroskop lebih tajam dibandingkan teropong karena untuk melihat benda yang tidak dapat dilihat oleh mata dan teropong berfungsi memperjelas gambar yang jauh.

Mikroskop merupakan alat optik untuk melihat benda-benda sangat kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Sedangkan, Teropong atau teleskop merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat objek­ objek yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Teropong bintang berfungsi untuk melihat benda-benda langit dan teropong bumi untuk menagamati benda-benda yang jauh dipermukaan bumi. 
Dengan demikian, kekuatan lensa yang digunakan mikroskop lebih tajam dibandingkan teropong karena untuk melihat benda yang tidak dapat dilihat oleh mata dan teropong berfungsi memperjelas gambar yang jauh.

Latihan Bab

Gangguan Mata

Kamera

Lup

Mikroskop

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

448

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tabel di bawah ini menunjukkan jenis-jenis lensa yang digunakan pada mikroskop dan teropong. Pernyataan di atas yang benar adalah nomor ....

684

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia