Roboguru

Apa perbedaan laut transgresi dengan ingresi?

Pertanyaan

Apa perbedaan laut transgresi dengan ingresi?space 

Pembahasan Soal:

Perbedaan antara laut transgresi dan ingresi terletak pada proses terjadinya. Laut transgresi diakibatkan karena terjadi kenaikan permukaan air lait sehingga menyebabkan daratan di sekitarnya tenggelam dan meluas menjadi lautan. Kenaikan permukaan air laut ini tidak terlepas dari pengaruh akibat mencairnya es di kutub utara atau selatan pada zaman es (Pleistosen). Es di kutub tersebut mencair baik karena ulah manusia atau faktor alam lainnya. Sedangkan, laut ingresi terjadi karena proses penurunan kerak samudera dengan kerak benua sehingga terbentuk dasar laut yang mengalami penurunan akibatnya terbentuk palung dan lubuk laut.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Dirgantara

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Laut Jawa, Selat Malaka, dan Selat Karimata termasuk dalam ....

Pembahasan Soal:

Laut transgresi merupakan laut yang terbentuk akibat proses naiknya permukaan air laut sehingga menyebabkan daratan menjadi tergenang dan lama-kelamaan menjadi laut. Laut transgresi biasanya terbentuk karena mencairnya es dari gletser yang berada di kutub selatan atau utara pada zaman es Plesitosen. Pada umumnya laut transgresi bersifat relatif dangkal dibandingkan dengan jenis laut lainnya dikarenakan kenaikan permukaan air laut tidak terlalu banyak. Di Indonesia, contoh laut transgresi paling bisa ditemukan di Laut Arafuru, Laut Jawa, Selat Malaka dan Selat Karimata.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

 

0

Roboguru

Contoh laut transgresi adalah ....

Pembahasan Soal:

Laut transgresi merupakan jenis laut yang terbentuk akibat naiknya permukaan air laut dan mengakibatkan daratan di sekitarnya tenggelam serta menjadi lebih luas. Peristiwa terjadinya laut ini diakibatkan mencairnya es / gletser di kutub utara dan selatan pada zaman Pleistosen. Contoh laut transgresi di Indonesia adalah Laut Arafuru, Laut Jawa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Di bawah ini termasuk laut transgresi yaitu laut ....

Pembahasan Soal:

Laut Jawa, Selat Malaka dan Selat Bali merupakan laut transgresi, sebab laut ini terbentuk akibat kenaikan permukaan laut, seiring dengan berakhirnya Jaman Es dan mencairnya lapisan es di kutub bumi, yang menenggelamkan wilayah daratan di Paparan Sunda.

jawaban yang paling tepat adalah A

0

Roboguru

Laut Jawa dan Laut Arafura termasuk laut dangkal yang dulunya merupakan daratan rendah. Laut ini disebut laut....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan kejadian atau perubahan yang dialaminya, maka laut dapat dibedakan menjadi laut transgresi, laut regresi, dan laut ingresi. Laut transgresi adalah laut yang terbentuk karena naiknya ketinggian air laut secara global yang mengakibatkan permukaan laut menjadi lebih luas. Pembentukan laut transgresi paling banyak terjadi pada zaman glasial di mana terjadi pencairan es di kutub. Contohnya di Indonesia adalah Laut Jawa dan Laut Arafuru. Jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pengertian Laut Ingresi adalah...

Pembahasan Soal:

Laut merupakan badan perairan yang relatif sempit dibandingkan samudera namun lebih luas dibandingkan danau. Laut menurut cara terbentuknya dibagi menjadi 3, yaitu laut ingresi, laut transgresi, dan laut regresi. Laut ingresi merupakan istilah untuk laut yang terbentuk karena terjadi penurunan kerak samudera relatif dengan kerak benua. Hal ini menyebabkan laut menjadi semakin dalam sehingga secara visual akan berwarna biru tua. Oleh karena itu, laut-laut yang berjenis laut ingresi umumnya sangat dalam. Contoh laut ingresi adalah Laut Banda, Laut Falores, Laut Sulawesi, Laut Tengah, Laut Jepang.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved