Roboguru

Apa perbedaan data kualitatif data kuantitatif?

Pertanyaan

Apa perbedaan data kualitatif data kuantitatif?  

Pembahasan Soal:

Data adalah himpunan fakta-fakta, angka-angka, huruf-huruf, kata-kata, atau lambang-lambang yang menyatakan suatu gagasan, objek, kondisi, atau situasi yang dapat dijadikan dasar kajian atau analisis. Terdapat dua jenis data berdasarkan sifatnya, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.

  1. Data kuantitatif adalah data hasil pengukuran (observasi) berupa kumpulan angka yang memiliki nilai tertentu.
  2. Data kualitatif adalah data hasil pengukuran (observasi) yang dinyatakan dalam bentuk kalimat atau uraian.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dua contoh data kuantitatif!

Pembahasan Soal:

Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran/ observasi yang berupa angka-angka yang memiliki nilai tertentu. Data kuantitatif bersifat objektif sehingga dapat menafsirkan dan menginterpretasi hal yang sama. Contoh data kuantitatif yaitu data intensitas curah hujan suatu wilayah, data jumlah penduduk suatu wilayah, dta ketinggian tempat, data umur produktif penduduk, dan sebagainya.

0

Roboguru

Data yang diperoleh dari hasil pengukuran (observasi) yang berupa kumpulan angka-angka yang memiliki nilai tertentu ialah data...

Pembahasan Soal:

Data merupakan bentuk jamak dari dantum yang berisi informasi berupa himpunan fakta-fakta, angka, kata, atau lambang yang menyatakan gagasan, objek, kondisi, atau situasi yang dijadikan dasar kajian atau analisis. Data dibedakan menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran/ observasi yang berupa angka-angka yang memiliki nilai tertentu. Data kuantitatif bersifat objektif sehingga dapat menafsirkan dan menginterpretasi hal yang sama. Contoh data kuantitatif yaitu data intensitas curah hujan, data jumlah penduduk suatu wilayah.
 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A dan D.

0

Roboguru

Data-data yang terdapat dalam analisis kuantitatif pada penelitian geografi berupa...

Pembahasan Soal:

Data dibedakan menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran/ observasi yang berupa angka-angka yang memiliki nilai tertentu. Data kuantitatif bersifat objektif sehingga dapat menafsirkan dan menginterpretasi hal yang sama. Contoh data kuantitatif yaitu data intensitas curah hujan suatu wilayah, data jumlah penduduk suatu wilayah, dta ketinggian tempat, data umur produktif penduduk, dan sebagainya.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E.

0

Roboguru

Salah satu karakteristik penelitian kuantitatif dari segi analisis data adalah ....

Pembahasan Soal:

Analisis kuantitatif adalah analisis data numerik dengan menggunakan statistik. Peneliti dapat merangkum hasil pengumpulan datanya dengan cara pengolahan data statistik. Statistik seperti ini disebut pengolahan data secara statistik deskriptif. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Data tidak dapat dimengerti oleh orang lain jika tidak disusun dalam bentuk lain yang mudah dimengerti. Bagaimana agar data dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain?

Pembahasan Soal:

Data adalah himpunan fakta-fakta, angka-angka, huruf-huruf, atau lambang-lambang yang menyatakan suatu gagasan, objek, kondisi atau situasi yang dapat dijadikan dasar kajian atau analisis. Data dapat disusun dalam bentuk lain yang mudah dimengerti, misalnya disampaikan dalam bentuk tabel, grafik, dan peta. Oleh kerena itu, dapat dikatakan bahwa tabel, grafik, dan peta merupakan bentuk penyajian data secara visual. Data dalam bentuk peta, tabel, dan grafik akan lebih mudah dipahami maksud dan tujuannya data tersebut disajikan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa agar data dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain data dapat disajikan secara visual melalui bentuk peta, grafik dan tabel.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved