Roboguru

Apa perbedaan antara transportasi siklik dan nonsiklik?

Pertanyaan

Apa perbedaan antara transportasi siklik dan nonsiklik?space

Pembahasan Soal:

Perbedaan antara transportasi siklik dan nonsiklik tercantum pada tabel berikut.

space

space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada proses fotosintesis, pernyataan yang sesuai mengenai fosforilasi siklik dan nonsiklik adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada fotosintesis, suatu rantai transpor elektron yang melibatkan fotosistem I dan fotosistem II disebut sebagai sistem transpor elektron siklik dan nonsiklik. Kedua sistem transpor ini akan menghasilkan ATP dan ADP. Sistem transpor elektron siklik dan nonsiklik biasa disebut fotofosforilasi siklik dan nonsiklik.

  • Transpor elektron siklik

Transpor elektron siklik diawali dengan terangkutnya P700 oleh beberapa akseptor dan kembali lagi ke P700. Itulah mengapa, proses ini hanya melibatkan fotosistem I. Transpor elektron siklik menghasilkan ATP. Adapun serangkaian proses yang terjadi dalam transpor elektron siklik adalah sebagai berikut:

  1. Fotosistem I menerima cahaya, sehingga elektron di dalamnya mengalami eksitasi. Proses ini dikenal sebagai aktivasi klorofil.
  2. Elektron dari P700 ditransfer ke akseptor elektron, lalu kembali lagi ke P700. Proses ini dikenal sebagai transpor elektron.
  3. Elektron dari akseptor masuk ke dalam kompleks sitokrom. Masuknya elektron ke dalam kompleks sitokrom ini mengakibatkan peningkatan energi, sehingga mampu mengubah ADP menjadi ATP.
  • Transpor elektron nonsiklik

Pada transpor elektron nonsiklik, fotosistem yang dilibatkan adalah fotosistem I dan fotosistem II. Elektron dari P680 diangkut melalui beberapa akseptor menuju P700. Namun, elektron tidak akan kembali, sehingga prosesnya dikenal sebagai nonsiklik. Transpor elektron nonsiklik menghasilkan oksigen, ATP, dan NADPH. Adapun serangkaian proses yang terjadi pada transpor elektron nonsiklik adalah sebagai berikut:

  1. Fotosistem II menerima energi dalam bentuk cahaya, sehingga elektron di dalamnya mengalami eksitasi. Proses ini dikenal sebagai aktivasi klorofil.
  2. Elektron dari fotosistem II mampu memecahkan molekul air, sehingga dihasilkan ion H+, O2, dan elektron. Proses ini dikenal sebagai fotolisis air.
  3. Elektron dari P680 ditransfer menuju P700 melalui beberapa akseptor.
  4. Elektron dari akseptor elektron masuk ke dalam komplek sitokrom, sehingga terbentuk ATP. Tidak hanya itu, elektron dari akseptor elektron juga akan diterima oleh NADP. Oleh karena NADP mengikat ion Hidrogen hasil dari fotolisis air, maka NADP berubah menjadi NADPH.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.  

Roboguru

Reaksi terang dari fotosintesis meng­hasilkan produk penting yang diguna­kan dalam reaksi pembentukan glu­kosa, yaitu....

Pembahasan Soal:

Salah satu proses metabolisme yang terjadi adalah anabolisme yatu proses penyusunan senyawa sederhana menjadi kompleks. Contohnya adalah fotosintesis. Fotosintesis adalah penggunaan energi cahaya dalam menyusun makanan bagi tumbuhan. Dalam prosesnya, fotosintesis terjadi dalam dua tahap yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang merupakan tahap pembentukan senyawa yang nantinya akan digunakan dalam pembentukan glukosa di reaksi gelap. Senyawa yang dihasilkan pada reaksi terang adalah ATP dan N A D P H subscript 2.space  

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space

Roboguru

Dalam proses fotosintesis, pernyataan yang benar mengenai fosforilasi siklik dan nonsiklik adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahap, salah satunya adalah reaksi terang. Reaksi terang merupakan penyusunan senyawa anorganik menjadi senyawa organik yang membutuhkan cahaya dalam prosesnya. Reaksi terang terdiri dari 2 tipe, yaitu reaksi siklik dan reaksi nonsiklik. Pada reaksi siklik menghasilkan ATP, sedangkan reaksi nonsiklik menghasilkan ATP, NADPH, dan oksigen seperti pada tabel berikut ini.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Berilah istilah yang tepat dari pernyataan berikut!  Proses pengubahan ADP menjadi ATP selama tahap awal fotosintesis.

Pembahasan Soal:

Pada reaksi terang terdapat dua macam aliran elektron, yaitu aliran elektron siklik dan aliran elektron nonsiklik. Pembentukan ATP pada kedua macam aliran elektron berasal dari proses fotofosforilasi. Fotofosforilasi adalah proses pembentukan senyawa kaya energi berupa ATP (adenosine trifosfat) dari ADP (adenosine difosfat) dan fosfat anorganik (P) dengan memanfaatkan energi cahaya. space space 

Roboguru

Fotofosforilasi siklik dan fotofosforilasi nonsiklik menghasilkan ATP. Kita dapat menyimpulkan bahwa tujuan pembentukan ATP dalam fotosintesis untuk... .

Pembahasan Soal:

Pembentukan energi berupa ATP (adenosine trifosfat) dari ADP (adenosine difosfat) dan fosfat anorganik (P) pada fotofosforilasi siklik dan fotofosforilasi nonsiklik memerlukan energi cahaya. Selanjutnya ATP yang terbentuk akan digunakan untuk mereduksi karbon dioksida (CO2) menjadi bahan organik (makanan atau karbohidrat) pada reaksi gelap. 

Pembongkaran ATP akan menghasilkan energi dan fosfat yang berperan untuk mengubah senyawa PGA menjadi senyawa PGAL (fosfogliseraldehid). Dari proses tersebut dihasilkan 12 senyawa PGAL, 2 diantaranya digunakan untuk membentuk 1 molekul glukosa dan 10 sisanya akan membentuk RuBP kembali (regenerasi) sehingga siklus Calvin akan dimulai kembali. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved