Roboguru

Apa peran Gerakan Non-Blok dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia?

Pertanyaan

Apa peran Gerakan Non-Blok dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia?

Pembahasan Soal:

Pergolakan dalam perang Dunia I dan II memunculkan gerakan dari negara-negara ketiga yang mayoritas beranggotakan negara-negara berkembang yang tidak memiliki kepentingan atau keberpihakan secara langsung kepada negara adikuasa yang saling berseteru. Dengan semangat yang sama, untuk memupuk solidaritas dan perdamaian dunia, akhirnya memunculkan sebuah gerakan yang tergabung dalam Gerakan Non-Blok (GNB). Dalam semangatnya, Gerakan Non-Blok (GNB) adalah gerakan yang dicanangkan oleh negara-negara pada era dunia ketiga yang mempunyai anggota lebih dari 100 negara. Dimana gerakan Non Blok ini lahir pada 1 September 1962 Dalam KTT di Beograd , yang muncul setelah dilaksanakannya Konfrensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Indonesia. 

Didirikannya GNB, yang diprakarsai oleh lima negara, Indonesia, India, Yugoslavia, Ghana, dan Mesir. Beberapa tujuan dari dibentuknya Gerakan Nonblok antara lain.

  1. Meredakan ketegangan dunia sebagai akibat persaingan dan permusuhan dua blok adidaya
  2. Mengusahakan terciptanya suasana dunia yang aman dan damai
  3. Mengusahakan terwujudunya hubungan antar bangsa secara demokratis
  4. Menentang Kolonialisme, Politik Apartheid, dan Rasialisme
  5. Memperjuangkan kebebasan dalam bidang ekonomi dan kerja sama atas dasar persamaan derajat.
  6. Meningkatkan solidaritas di antara negara-negara anggota Gerakan-Nonblok.


Berdasarkan penjelasan di atas jika di lihat dari tujuan didirikannya GNB maka peran GNB dalam menjaga perdamaian dunia adalah dengan menentang keras Kolonialisme, Politik Apartheid dan Rasialisme serta meredakan ketegangan dunia sebagai akibat persaingan dan permusuhan dua blok adidaya contohnya adalah dengan dukungan yang diberikan untuk mendukung kemerdekaan Palestina, meminta diskriminasi ras di Afrika Selatan diakhiri, dan menolak penggunaan senjata nuklir. Indonesia juga turut membantu meredakan ketegangan di Yugoslavia pada tahun 1991.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Indonesia harus secara aktif mewujudkan tercapainya perdamaian dunia dengan terlibat aktif dalam penyelesaian konflik dikawasan tertentu. Indonesia memainkan peran penting dalam tatanan dunia internas...

Pembahasan Soal:

Perang Dingin yang terjadi pada 1947-1991 melibatkan dua blok yang kuat yakni Blok Barat (Amerika Serikat/Liberalis) dan Blok Timur (Uni Soviet/Komunis). Kedua blok ini saling menunjukkan diri sebagai negara dengan teknologi tinggi sehingga perang terjadi dengan ambisi kedua blok untuk menguasai dunia. Kdua blok berusaha meraih dukungan dari negara-negara berkembang khususnya yang baru merdeka seperti Indonesia. Menghadapi situasi tersebut Indonesia menunjukkan sikap tegas dan tidak berat sebelah. Untuk meredakan perang dingin yang telah menyebar hingga ke Asia, Indonesia melakukan beberapa upaya:

  • menjadi pelopor GNB (Gerakan Non Blok) untuk menjaga netralitas negara-negara dunia ketiga pada masa perang dingin,
  • menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dilakukan di Bandung pada 1955 untuk membendung pengaruh Blok Barat dan Blok Timur di negara-negara kawasan Asia dan Afrika, dan
  • menjadi pendiri organisasi regional ASEAN sebagai upaya menyatukan negara-negara Asia Tenggara untuk menjaga stabilitas dan perdamaian negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah C.

Roboguru

Tuliskan persamaan dan perbedaan Konfrensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok!

Pembahasan Soal:

Persamaan antara organisasi internasional KAA dan GNB adalah organisasi yang sama berdasarkan perjuangan hak zzasi manusia dan menolak kolonialisme dan imperialisme baru. Perbedaan organisasi KAA dan GNB tujuannya. KAA adalah organisasi negara asia afrika yang memiliki perasaan senasib yaitu pernah dijajah dan percaya bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, sedangkan GNB adalah organisasi internasional yang didirikan untuk negara yang tidak memihak blok barat maupun blok timur.

Jadi, jawabannya persamaannya organisasi berdasarkan perjuangan HAM, perbedaannya dalam hal tujuan organisasi.

Roboguru

Pada masa Perang Dingin, Indonesia berperan aktif dalam upaya menciptakan perdamaian dunia melalui kegiatan Gerakan Non Blok. Tujuan dibentuknya Gerakan Non Blok adalah...

Pembahasan Soal:

Gerakan Non-Blok (GNB) atau Non Align Movement (NAM) adalah suatu gerakan yang dipelopori oleh negara-negara dunia ketiga. Gerakan yang beranggotakan lebih dari 100 negara ini berusaha menjalankan kebijakan luar negeri yang tidak memihak dan tidak menganggap dirinya beraliansi dengan Blok Barat atau Blok Timur. Tujuan dibentuknya GNB adalah untuk mencegah terbentuknya aliansi diantara negara-negara di dunia, sehingga tidak memperparah konflik dalam Perang Dingin


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Pada awalnya Gerakan Non-Blok (GNB) dibentuk dengan tujuan ikut serta meredakan ketegangan dunia akibat Perang Dingin antara Amerika Serikat (blok Barat) dan Uni Soviet (blokTimur). Akan tetapi, saat ...

Pembahasan Soal:

Gerakan Non Blok atau GNB merupakan suatu gerakan yang dipelopori oleh negara-negara dunia ketiga yang menjalankan politik luar negeri tidak memihak kepada blok barat dan blok timur. Pelopor pendirian GNB adalah Ir. Soekarno (Indonesia), Ghamal Abdul Naser (Mesir), Kwame Nkrumah (Ghana), Josep Broz Tito(Yugoslavia), dan Jawaharlal Nehru (India). Lahirnya GNB dilatarbelakangi oleh kekhawatiran negara-negara dunia ketiga, dalam hal ini negara-negara Asia dan Afrika, terhadap munculnya ketegangan antara blok barat dan timur. Sedangkan tujuan utama dari pembentukan GNB adalah mengembangkan rasa solidaritas dengan jalan membantu perjuangan negara-negara berkembang. Pembentukan GNB dicanangkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) I di Beograd, Yugoslavia pada tanggal 16 September 1961. Pasca berakhirnya Perang Dingin pada tahun 1990-an, GNB masih eksis hingga saat ini. Eksistensi GNB dan Konferensi Tingkat Tingga masih terbilang relevan karena bertujuan untuk menjalin solidaritas dan membantu negara-negara berkembang.

Dengan demikian, eksistensi GNB dan Konferensi Tingkat Tingga masih terbilang relevan karena bertujuan untuk menjalin solidaritas dan membantu negara-negara berkembang.

Roboguru

Perhatikan tokoh-tokoh pada gambar berikut! Tujuan pembentukan organisasi global yang diprakarsai oleh tokoh-tokoh pada gambar adalah ....

Pembahasan Soal:

Gerakan Non Blok atau GNB merupakan suatu gerakan yang dipelopori oleh negara-negara dunia ketiga yang menjalankan politik luar negeri tidak memihak kepada blok barat dan blok timur. Pelopor pendirian GNB adalah Ir. Soekarno (Indonesia), Ghamal Abdul Naser (Mesir), Kwame Nkrumah (Ghana), Josep Broz Tito(Yugoslavia), dan Jawaharlal Nehru (India). Lahirnya GNB dilatarbelakangi oleh kekhawatiran negara-negara dunia ketiga, dalam hal ini negara-negara Asia dan Afrika, terhadap munculnya ketegangan antara blok barat dan timur. Sedangkan tujuan utama dari pembentukan GNB adalah mengembangkan rasa solidaritas dengan jalan membantu perjuangan negara-negara berkembang. Pembentukan GNB dicanangkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) I di Beograd, Yugoslavia pada tanggal 16 September 1961.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved