Roboguru

Apa pengaruh letak geologis Indonesia terhadap kegiatan ekonomi?

Pertanyaan

Apa pengaruh letak geologis Indonesia terhadap kegiatan ekonomi?

Pembahasan Soal:

Letak geologis adalah letak suatu daerah yang dilihat berdasarkan susunan atau struktur batuan pada tubuh bumi. Secara geologi, Indonesia terletak di pertemuan tiga buah lempeng tektonik yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempang Pasifik. Dampak letak geologis tersebut terhadap kegiatan ekonomi di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Terdapat banyak gunung api, sehingga banyak lahan subur di daerah sekitar gunung api dan cocok untuk aktivitas pertanian
  2. Kaya akan barang tambang seperti emas, perak, dan besi untuk kebutuhan industri.
  3. Kegiatan ekonomi di sektor pariwisata juga merupakan potensi yang besar di Indonesia karena bentang alamnya yang beragam dan indah.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermati pernyataan berikut :  Diapit oleh dua samudera Peringkat ke 3 dunia dalam produksi perikanan Berbentuk kepulauan dan memiliki sejumlah 17.504 pulau Sebagian besar jumlah penduduknya berm...

Pembahasan Soal:

Bentuk wilayah, luas laut, potensi dan letak geografis dari Indonesia menjadikan Indonesia sebagai poros maritim, yang memberikan banyak manfaat bagi Indonesia, namun juga menimbulkan berbagai dampak negatif sebagai tantangan. Indonesia adalah negara kepulauan , yang tersusun dari 17508 pulau, dengan 5 pulau terbesar adalah pulau Papua, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. Bentuk pulau ini menjadikan Indonesia memiliki bidang kemaritiman yang berperan penting. Misalnya, untuk memindahkan barang dan jasa dari satu pulau ke pulau lain, menggunakan kapal laut. Penduduk di pesisir pulau-pulau ini juga menggunakan laut untuk mencari nafkah. Faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah sebagai berikut :

  1. bentuk negara yang merupakan negara kepulauan
  2. wilayah laut yang luas
  3. potensi kelautan karena letaknya di wilayah beriklim tropis
  4. memiiki lokasi geografis yang strategis

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Wilayah Indonesia banyak dijumpai gunung berapi, sehingga menyebabkan Indonesia memiliki kesuburan yang cukup tinggi. Hal ini dipengaruhi dari segi...

Pembahasan Soal:

Letak geologis Indonesia yang berada di titik pertemuan dari tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Di daerah pertemuan antar lempeng ini mengakibatkan Indonesia banyak terbentuk gunung api dan rawan terjadi gempa bumi.

Berdasarkan penjelasan diatas, diketahui bahwa tanah subur di Indonesia terbentuk akibat dari erupsi gunung api yang banyak terdapat di Indonesia akibat letak geologis Indonesia.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space space  

0

Roboguru

Jelaskan letak geologis dan geostrategi negara republik Indonesia dari aspek Trigatra dalam konteks Wawasan Nusantara!

Pembahasan Soal:

Trigatra merupakan aspek alamiah yang meliputi posisi serta lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, serta keadaan dan kemampuan penduduknya

Kondisi geologis Indonesia dipengaruhi oleh kondisi geologisnya yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Pasifik, selain itu secara geologis, Indonesia juga dilalui oleh dua jalur pegunungan dunia, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Posisi geostrategis Indonesia berada pada posisi silang dunia, yaitu diantara dua benua, dua samudera, dan berada di daerah khatulistiwa.

Kondisi geografis Indonesia dipengaruhi oleh letak geologisnya, yaitu memiliki bentuk muka bumi yang bervariasi, kaya akan barang tambang dan memiliki jenis tanah yang subur. Jenis tanah yang subur kemudian menyebabkan Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang pertanian (agraris). Dan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga tengah berupaya untuk memanfaatkan posisi geostrategisnya sebagai poros maritim dunia.

 

0

Roboguru

Secara geologis, Indonesia terletak pada dua dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Dangkalan Sahul merupakan bagian dari Benua ....

Pembahasan Soal:

Letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan struktur batuannya. Secara geologis, Indonesia terletak pada dua dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Dangkalan Sunda merupakan bagian dari Benua Asia dan Dangkalan Sahul merupakan bagian dari Benua Australia. Kedua wilayah tersebut kemudian terpisah dari benua masing- masing saat berakhirnya zaman es.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Jelaskan kondisi Indonesia secara astronomis, geologis, dan geografis!

Pembahasan Soal:

Secara astronomis, Indonesia berada pada begin mathsize 14px style 6 ˚ LU space minus space 11 ˚ LS space dan space 95 ˚ BT space minus space 141 ˚ BT end style yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dan disinari matahari sepanjang tahun. Berdasarkan letak garis bujur, Indonesia memiliki 3 (tiga) perbedaan wilayah waktu, yaitu: wilayah Indonesia bagian timur (WIT), wilayah Indonesia bagian tengah (WITA), dan wilayah Indonesia bagian barat (WIB).

Secara geografis, Indonesia terletak antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sedangkan secara geologis, Indonesia dikategorikan menjadi 3 (tiga) daerah, yaitu daerah dangkalan Sunda, daerah dangkalan Sahul, dan daerah antara dangkalan Sunda dan Sahul. Indonesia juga berada pada rangkaian 2 (dua) jalur pegunungan muda, yaitu rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania (Indonesia bagian barat) dan rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik (Indonesia bagian timur). Selain itu, secara geologis Indonesia juga terletak di antara beberapa lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik, serta satu lempeng minor yaitu lempeng Filipina yang terletak di sebelah utara Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved