Roboguru

Apa manfaat keanekaragaman hayati dari segi ilmu pengetahuan?

Pertanyaan

Apa manfaat keanekaragaman hayati dari segi ilmu pengetahuan?

Pembahasan Soal:

Kekayaan aneka flora dan fauna sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Hingga saat ini masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang belum dipelajari dan belum diketahui manfaatnya. Dengan demikian, keadaan ini masih dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan pengetahuan dan penelitian bagi berbagai bidang pengetahuan. Misalnya, penelitian mengenai sumber makanan dan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Kartikasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jenis hewan yang dilindungi di Indonesia adalah....

Pembahasan Soal:

Jenis hewan dilindungi di Indonesia ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan beberapa faktor. Faktor penetapan jenis hewan dilindungi tersebut diantaranya adalah populasi menurun, sebaran terbatas (endemik), kerusakan habitat, eksploitasi atau pemanfaatan yang tidak dilakukan secara lestari. Hewan-hewan tersebut diantaranya gajah, orang utan, harimau sumatra, kasuari, dan lain sebagainya. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut : Menjaga keseimbangan ekologis Pengganti infrastruktur dan bangunan kota Atraksi pariwisata bagi turis mancanegara Pengembangan ekonomi lokal Sebagai lokasi lomba...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pernyataan di atas, yang merupakan manfaat dari flora dan fauna sebagai sumber daya alam ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 4. Flora dan fauna dapat berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekologis, atraksi pariwisata bagi turis mancanegara, dan pengembangan ekonomi lokal.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

1

Roboguru

Pengelolaan dan pemanfaatan flora dan fauna harus dilakukan secara berkelanjutan. Jelaskan alasannya!

Pembahasan Soal:

Flora dan fauna termasuk dalam sumber daya hayati. Sumber daya hayati diolah dan dimanfaatkan dalam bentuk pangan, sandang atau pakaian, peralatan dan perabotan, obat, perawatan tubuh, dan sebagainya. Sumber daya hayati sebaiknya dikelola dengan memerhatikan prinsip efisiensi dan berkelanjutan. Artinya, manusia dalam mengolah dan memanfaatkan dalam jumlah seperlunya saja, sesuai kebutuhan, sehemat mungkin, dan tidak  mengeksploitasi secara berlebihan. Dengan demikian diharapkan pengolahan dan pemanfaatan sumber daya hayati tidak menimbulkan kerusakan alam, terganggunya ekosistem, atau bahkan menimbulkan punahnya flora maupun fauna, sehingga generasi selanjutnya dapat melihat secara langsung flora dan fauna yang ada bahkan juga bisa mempelajari hal yang baru sesuai dengan teknologi yang mereka kembangkan nantinya.space space 

2

Roboguru

Berikut ini yang bukan temasuk nilai manfaat dari keanekaragaman hayati adalah....

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, spesies dan ekosistem di suatu daerah. Ada beberapa nilai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia, diantaranya adalah nilai biologi, nilai pendidikan, nilai estetika dan budaya, nilai ekologi, nilai ekonomi, nilai strategis, serta nilai religius.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Salah satu alasan tikus menjadi salah satu fauna yang sering dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian yaitu karena ….

Pembahasan Soal:

Setidaknya terdapat lima alasan mengapa tikus menjadi hewan yang sering dijadikan objek penelitian diantaranya tikus adalah hewan dengan reproduksi yang cepat sehingga tikus tidak akan cepat punah meski banyak dijadikan objek penelitian, lalu harga tikus yang biasa dijadikan objek penelitian cenderung terjangkau. Dari sisi sifat, tikus mudah beradaptasi jika berada pada pada ruang yang baru. Selain itu, jika percobaan dilakukan untuk mengetahui pengaruh suatu zat, anatomi tubuh tikus memiliki struktur yang mudah untuk dipahami. Alasan terakhir adalah tikus memiliki karakteristik yang mirip dengan manusia. Salah satu percobaan yang dilakukan terhadap tikus adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan MSG terhadap tubuh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved