Roboguru

Apa langkah-langkah yang ditempuh pemerintahan Orde Baru dalam bidang ekonomi?

Pertanyaan

Apa langkah-langkah yang ditempuh pemerintahan Orde Baru dalam bidang ekonomi?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia, yang berlangsung dari tahun 1966-1998. Dimana pada awal pemerintahannya, Presiden Soeharto bertekad untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Begitupun dengan membuat berbagai kebijakan maka merujuk kepada cita-cita tersebut. Dalam pemerintahannya masa Orde Baru kebijakan berupakan upaya untuk menata kehidupan politik dan perbaikan kehidupan ekonomi. Kehidupan ekonomi masa awal pemerintahan ini mewarisi kemerosotan ekonomi yang ditinggalkan oleh pemerintahan sebelumnya. Oleh karena itu langka/program dalam bidang ekonomi antara lain:

  1. Program pendek berdasarkan TAP MPRS No. XXIII/MPRS/1966 berkaitan dengan penekanan laju inflasi di Indonesia saat itu. 
  2. Bergabung kembali dengan IMF sehingga Indonesia memperoleh aliran dana dari dunia.
  3. Menerapkan Rencana pembangunan lima tahun (Repelita).
  4. Menerapkan  Revolusi Hijau yakni berkaitan dengan pengembangan teknologii budidaya pertanian

Dengan demikian langkah-langkah yang ditempuh oleh pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi, diantaranya dengan membuat regulasi tentang penekanan laju inflasi, kembali bergabung dengan IMF, menerapkan Repelita dan Revolusi Hijau. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer2

Terakhir diupdate 09 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Langkah pertama yang diperjuangkan Orde Baru adalah...

Pembahasan Soal:

Orde Baru lahir sebagai upaya untuk memperbaiki dan mengoreksi segala bentuk penyimpangan-penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD 1945 yang terjadi pada Orde Lama. Kekacauan yang terjadi pada bidang politik dan ekonomi selama masa Orde Lama menjadi fokus utama perbaikan pada masa Orde Baru. Pemerintah Orde Baru berpendapat bahwa perbaikan-perbaikan tersebut dapat dilakukan dengan menciptakan stabilitas politik dan ekonomi di masyarakat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari pemerintah Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan masa pemerintahan Presiden Suharto dengan masa jabatan paling lama dalam sejarah di Indonesia, yakni 32 tahun. Selama itu, berbagai kebijakan dilakukan untuk menstabilkan perkembangan ekonomi, politik, dan sosial di Indonesia. Kebijakan yang diambil memiliki kelebihan dan kekurangan yang dirasakan Indonesia. 

Kelebihan pada masa Orde Baru adalah sebagai berikut.

  • Meningkatnya Gros Domestic Product (GDP) perkapita Indonesia yang sebelumnya hanya mencapai $70 berhasil melonjak naik menjadi $1000 pada tahun 1996.
  • Berhasil melakukan Program Keluarga Berencana yang pada masa sebelumnya tidak dilakukan.
  • Semakin banyak rakyat yang pintar membaca dan menulis sehingga tingkat pengangguran berkurang.
  • Sudah mulai bekerja sama dengan pihak asing dan banyak menerima pinjaman dana dari luar.
  • Sukses melaksanakan gerakan wajib belajar dan gerakan nasional orang tua asuh.

Adapun kekurangan pada masa Orde Baru adalah sebagai berikut.

  • Meningkatnya kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme pada semua kalangan masyarakat.
  • Pembangunan negara tidak merata, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembangunan pada pusat dan di daerah. Kekayaan daerah banyak digunakan untuk melakukan pembangunan pada pusat kota.
  • Hak Asasi Manusia masih banyak dikekang, dan kekerasan banyak digunakan sebagai solusiuntuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Sebagai contoh, operasi rahasia Petrus (Penembakan Misterius).
  • Banyak koran dan majalah yang dihentikan penerbitan dan peredarannya secara paksa, karena dianggap tidak sepaham dengan pemerintah sehingga menyebabkan kebebasan pers sangat terbatas.
  • Terdapat kesenjangan sosial bagi si kaya dan si miskin, dimana orang kaya memiliki hak yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang miskin. Orang kaya lebih berkuasa.

Dengan demikian, kelebihan pada masa Orde Baru lebih terfokus pada sektor ekonomi dan pendidikan, sedangkan kekurangan pada masa Orde Baru lebih condong pada politik dan sosial.

2

Roboguru

Tugas pokok Kabinet Ampera adalah menciptakan stabilitas politik dan ekonomi yang disebut ....

Pembahasan Soal:

Pasca penyerahan mandat Supersemar dari Presiden Sukarno kepada Letjen. Suharto, terjadi dualisme kepemimpinan nasional di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan dibentuknya Kabinet Amanat Penderitaan Rakyat atau Ampera oleh Suharto. Kabinet Ampera dibentuk pada tanggal 28 Juli 1966 dengan jumlah total anggotanya 30. Kabinet Ampera memiliki sejumlah tugas yang sering dikenal dengan istilah Dwidharma Kabinet Ampera dan Catur Karya Kabinet Ampera. Dwidharma Kabinet Ampera berisikan tentang mewujudkan stabilitas politik serta stabilitas ekonomi. Upaya mewujudkan stabilitas politik dilakukan dengan pembubaran Partai Komunis Indonesia beserta underbouwnya. Sedangkan upaya mewujudkan stabilitas ekonomi dilakukan dengan membuat rencana pembangunan lima tahun atau dikenal dengan nama Repelita.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Sebutkan kebijakan rehabilitasi ekonomi masa Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan pemerintahan yang berlangsung setelah Orde Lama. Pada awal pemerintahan ini, Orde Baru membawa berbagai persoalan ekonomi Orde Lama seperti utang luar negeri dan anjloknya nilai tukar Rupiah yang membuat perekonomian Indonesia memburuk.

Pada masa ini dilakukan pemulihan ekonomi atau rehabilitasi ekonomi yang didasarkan pada Tap MPRS No.XXIII/1966 dengan berisi tentang pembaruan kebijakan landasan ekonomi, keuangan, dan pembangunan. Tujuan dikeluarkannya ketetapan tersebut adalah untuk mengatasi krisis dan kemerosotan ekonomi yang melanda negara Indonesia sejak tahun 1955. Berdasarkan ketetapan tersebut, Presiden Suharto mempersiapkan perekonomian Indonesia sebagai berikut.

  1. Mengeluarkan Peraturan 3 Oktober 1966, tentang pokok-pokok regulasi.
  2. Mengeluarkan Peraturan 10 Pebruari 1967, tentang harga dan tarif.
  3. Peraturan 28 Juli 1967, tentang pajak usaha serta ekspor Indonesia.
  4. UU No. 1 Tahun 1967 , tentang Penanaman Modal Asing.
  5. UU No. 13 Tahun 1967, tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB).

Dengan demikian, kebijakan rehabilitasi ekonomi masa Orde Baru adalah tentang pokok regulasi, harga dan tarif, pajak usaha, Penanaman Modal Asing, dan RAPB.

0

Roboguru

Dalam bulan April 1965, pemerintah Orde Baru mengeluarkan pernyataan yang menjadi landasan kebijakan ekonomi pemerintah, di antaranya sebagai berikut, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Rezim Orde Baru yang menggantikan Orde Lama, membawa serta beban perekonomian yang ditinggalkan, sehingga beban baru bagi pemerintahan Orde Baru adalah untuk memulihkan perekonomian yang kacau itu. 
Usaha yang dilakukan Orde Baru adalah dengan membentuk Tim Ahli di bidang Ekonomi dan Keuangan, tugasnya untuk menyusun Program Stabilisasi dan Rehabilitasi di awal pemerintahan Orde Baru 1966. 
Beda rezim beda kebijakan, demikian halnya yang terjadi dalam penerapan kebijakan ekonomi antara Orde Lama dan Orde Baru. Orde Baru tidak menutup bantuan asing sebagaimana dulu Orde Lama justru melarang hal tersebut, sehingga kebijakan-kebijakan seperti penundaan pembayaran utang luar negeri demi moratorium (penjadwalan ulang) agar Indonesia mendapat bantuan bisa tercapai. Selain itu, kebijakan perekonomian Orde Baru cenderung mengandung arti pembangunan, sehingga dari opsi jawaban tersedia, pilihan Nasionalisasi Ekonomi adalah pilihan benar, sebab narasi itu muncul dalam kebijakan perekonomian di Orde Lama.

Jadi, opsi benar adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved