Roboguru

Apa kelebihan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara?

Pertanyaan

Apa kelebihan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara?space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dalam penelitian terutama penelitian geografi terdapat berbagi jenis teknik yang digunakan dalam mengumpulkan informasi mengenai peneltian salah satunya adalah wawancara. Teknik wawancara adalah jenis teknik pengumpulan yang biasanya digunakan dalam penelitian berjenis kualitatif. Teknik wawancara digunakan karena memiliki kelebihan sebagai berikut :

  • Dapat memperoleh  informasi  dari responden dengan lebih mendalam dan berkualitas.
  • Peneliti dapat mengembangkan pertanyaan yang faktual.
  • Responden Tidak terbatas pada tingkat pendidikan, ekonomi dan keadaan ertentu, asalkan responden dapat berbicara dengan baik dan paham tentang pertanyaan yang ditanyakan. 
  • Instrumen terbaik untuk mendapatkan data pribadi selain itu responden juga tidak merasa jika sedang menjadi objek dalam peneltian.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa syarat berikut! Permasalahan rumit Peneliti harus yakin, responden bersedia mengisi sebaik mungkin  Kesedian responden untuk memberikan reaksi tidak dapat dipastikan Tidak me...

Pembahasan Soal:

Penelitian survey wawancara langsung adalah jenis penelitian yang melibatkan interaksi langsung antara peneliti dan responden. Syarat dari penelitian wawancara langsung adalah peneliti menyakini bahwa responden dapat mengisi dan menjawaba pertanyaan dengan baik dan tanpa ada batasan tertentu tentang jawaban respoden yang dibuat oleh peneliti. Selain itu responden harus juga mempunyai reaksi yang pasti mengenei repon yang diteliti, dan waktu dalam melakukan wawancara tidak terlalu lama karena akan menganggu dalam penentuan reasi responden.

Jadi, jawaban yang benar adalah E

1

Roboguru

Dalam pengumpulan data geografi, terdapat metode penelitian wawancara. Apa keuntungan dan kerugian metode tersebut?

Pembahasan Soal:

Kelebihan dan kekurangan metode peneltian wawancara dapat dilihar dari tabel dibawah ini :

Kelebihan   Kekurangan 
Dapat memperoleh informasi  dari responden dengan lebih mendalam dan berkualitas Membutuhkan banyak waktu dan tenaga baik dari peneliti maupun responden
Peneliti dapat mengembangkan pertanyaan sesuai dengan situasi terbaru. Keberhasilan proses wawancara tergantung dari kepandaian peneliti dalam menggali informasi yang diperlukan
Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu, asalkan responden dapat berbicara dengan baik. Interpretasi peneliti bisa terpengaruh oleh responden sehingga tidak objektif.
Instrumen terbaik untuk mendapatkan data pribadi Kecukupan data yang diperoleh sangat tergantung pada kesediaan responden untuk menjawab pertanyaan yang diajukan

 

0

Roboguru

Apa langkah yang akan kamu lakukan dalam penelitian geografi jika sudah menentukan rumusan masalah dan hipotesis?

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menguji kebenaran dan memecahkan permasalahan geografi (gejala alam) secara sistematis yang meliputi ruang sebagai objek penelitian. Jika masalah sudah dirumuskan dan hipotesis diajukan, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut.

  • Observasi lapangan.
  • Studi kepustakaan.
  • Wawancara 
  • Studi dokumenter

0

Roboguru

Teknik wawancara yang termasuk dalam kategori in depth interview adalah ....

Pembahasan Soal:

Wawancara adalah teknik pengumpulan data melalui proses tanya jawab lisan yang berlangsung satu arah antara pewawancara dengan responden. Ada tiga macam jenis wawancara, yaitu 

  1. Wawancara terstruktur (structured interview) yang merupakan teknik wawancara dimana instrumen penelitian berupa pertanyaan-pertanyaan tertulis telah disiapkan.
  2. Wawancara semi terstruktur (semistructure interview), merupakan teknik wawancara yang termasuk dalam kategori in-depth interview. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaannya, wawancara lebih bebas dibandingkan dengan wawancara terstruktur. Tujuan dari wawancara ini adalah untuk menemukan permasalahan secara lebih terbuka dengan cara responden menyampaikan pendapatnya.
  3. Wawancara tidak terstruktur adalah wawancara yang bebas dan tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis. Pedoman wawancara yang digunakan hanyalah berupa garis-garis besar permasalahan yang akan ditanyakan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Teknik yang bisa dilakukan oleh peneliti untuk mendapatkan data primer dari responden adalah ....

Pembahasan Soal:

Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan data penelitian. Contohnya adalah melakukan wawancara, angket, dan observasi untuk mendapatkan data primer. Jika peneliti membutuhkan data primer yang berasal dari responden, ia bisa menggunakan teknik wawancara ataupun mengumpulkan angket.space 

Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved