Roboguru
SD

Apa kegunaan dari alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat, dan ester?

Pertanyaan

Apa kegunaan dari alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat, dan ester?space

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Alkohol dapat dimanfaatkan sebagai pelarut organik, pelarut cat, bahan pelembut; eter dapat dimanfaatkan sebagai obat bius, pendingin, zat aditif pada bensin; aldehid dapat dimanfaatkan untuk memproduksi resin, zat warna, obat-obatan; keton dapat dimanfaatkan sebagai cairan pembersih cat kuku, pelarut lilin, bahan wewangian dalam sabun; asam karboksilat dimanfaatkan mengumpulkan latek, pembuatan selulosa dalam industri rayon, pembuatan sabun; ester dimanfaatkan sebagai essence pada makanan dan minum, cat/pelapis mobil dan mebel, bahan pembuatan mentega.

Senyawa turunan alkana adalah senyawa alkana yang atom H-nya diganti oleh gugus lain. Kegunaan senyawa turunan alkana adalah sebagai berikut:

  • Alkohol merupakan senyawa turunan alkohol yang memiliki gugus hidroksi (-OH). Alkohol dapat dimanfaatkan sebagai pelarut organik, pelarut cat, bahan pelembut, bahan dasar industri serat sintesis, bahan baku pembuatan obat sintesis, bahan kosmetik, dan lain-lain.
  • Eter merupakan senyawa turunan alkana yang dilambangkan dengan R-O-R. Eter dapat dimanfaatkan sebagai obat bius, pendingin, zat aditif pada bensin, dan lain-lain.
  • Aldehid merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus fungsi -COH. Aldehid dapat dimanfaatkan untuk memproduksi resin, zat warna, obat-obatan, dan lain-lain.
  • Keton merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus karboksil (C = O) dalam rantai karbon. Keton dapat dimanfaatkan sebagai cairan pembersih cat kuku, pelarut lilin, bahan wewangian dalam sabun, zat anestesi, dan lain-lain.
  • Asam karboksilat merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus fungsi -COOH. Asam karboksilat dimanfaatkan mengumpulkan latek, pembuatan selulosa dalam industri rayon, pembuatan sabun, dan lain-lain.
  • Ester merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki memiliki rumus R-COO-R'. Ester dimanfaatkan sebagai essence pada makanan dan minum, cat/pelapis mobil dan mebel, bahan pembuatan mentega, dan lain-lain.

3rb+

5.0 (3 rating)

Pertanyaan serupa

pasangan senyawa serta kegunaannya yang sesuai adalah ...

2rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia