Roboguru

Apa kaitan Kerajaan Melayu dan Kerajaan Sriwijaya ?

Pertanyaan

Apa kaitan Kerajaan Melayu dan Kerajaan Sriwijaya ?

Pembahasan Soal:

Kemunculan Kerajaan Melayu pada abad ke 7 secara kronologis merupakan lanjutan dari Kerajaan Kantoli. Sedangkan Kerajaan Sriwijaya adalah Kerajaan yang awalnya berkembang di Muara Takus selanjutnya mengembangkan kekuasaannya ke arah Selatan yang akhirnya memusatkan kekuasaannya di Palembang. Kerajaan Melayu dan Sriwijaya memiliki hubungan yang intens selama kurun waktu 7 abad lamanya. Kerajaan Melayu muncul pada tahun 644/645 sebagai kerajaan merdeka kemudian di aneksasi oleh Sriwijaya empat puluh tahun kemudian. Setidaknya hingga dikeluarkannya Prasasti Grahi pada tahun 1183 Melayu adalah bagian dari Sriwijaya. Meskipun demikian, Melayu tetap eksis sebagai bandar perdagangan yang penting. Terlepasnya Melayu dari Sriwijaya tampak jelas ketika terjadinya ekspedisi Pamalayu 1275 Adanya pengakuan Melayu terhadap supremasi Singhasari menggambarkan bahwa Sriwijaya tak lagi berkuasa atas Melayu.

Dengan demikian, keterkaitan antara kerajaan Melayu dengan kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan Melayu sebagai bandar perdagangan yang penting merupakan salah satu bagian dari Kerajaan Sriwijaya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Sriwijaya berkembang sebagai negara maritim yang selalu berusaha untuk menguasai seluruh wilayah Nusantara. Banyak para budayawan yang mengatakan bahwa kedaulatan pertama di Nusantara dicapai...

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari Kerajaan Maritim.

  1. Terletak di pesisiran pantai.
  2. Menganut paham Daulat Tuanku, yakni ekspresi tertinggi tentang kualitas raja, dan kepemilikannya oleh seorang raja merupakan pengabsahan keilahian atas kekuasaannya.
  3. Kegiatan ekonomi dijalankan dengan cara perdagangan, membuat kapal serta menjalankan perikanan.
  4. Birokrasinya sederhana dimana kekuasaan secara berurutan oleh Raja, Raja Muda atau Putera Mahkota, panglima angkatan bersenjata, syahbandar serta bendahara.
  5. Mempunyai pelabuhan yang menyediakan berbagai kemudahan yang berwujud pelabuhan entrepot (menjalankan kegiatan mengumpul dan mengedar) yang dikunjungi pedagang asing dari Eropa, Arab, India dan Cina.

Dengan demikian ciri utama dari kerajaan maritim adalah hidupnya ditopang dari pelabuhan dan perdagangan.space space

0

Roboguru

Perhatikan informasi-informasi berikut 1) Beras menjadi komoditas utama barang ekspor. 2) Banyaknya para pedagang yang menjalin kerja sama dengan Kerajaan Sriwijaya. 3) Menjadi pusat pertemuan para...

Pembahasan Soal:

Jawaban: E. 3) dan 4)

Pembahasan: Faktor yang mendukung Sriwijaya berkembang sangat pesat karena letaknya yang strategis. Sriwijaya terletak di jalur perdagangan internaisonal khususnya pada jalur perdagangan Tiongkok dan India. Akibatnya banyak pedagang-pedagang asing yang datang ke Sriwijaya. Sriwjaya telah menguasai Selat Malaka, Selat Sunda, Semenanjung Malaya dan Tanah Genting Kra yang merupakan pusat perdagang.

0

Roboguru

Raja pertama Kerajaan Sriwijaya adalah….

Pembahasan Soal:

Menurut catatan I-Tsing seorang pendeta yang berasal dari Tiongkok, Sriwijaya berdiri pada abad ke-7 M. I-Tsing mendalami agama Buddha dan sempat singgah di Sriwijaya untuk belajar bahasa Sansakerta pada tahun 682 M. Menurut catatan I-Tsing, pada saat itu Sriwijaya dipimpin oleh seorang raja bernama Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Raja Dapunta Hyang Sri Jayanasa ini, disebutkan dalam prasati Kedukan Bukit berangka tahun 605 saka (683 M). Isinya antara lain menerangkan bahwa seorang bernama Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci (siddhayatra) dengan menggunakan perahu. Ia berangkat dari Minangatamwan dengan membawa tentara 20.000 personel. Prasasti tersebut merupakan prasasti paling tua yang menjelaskan mengenai seorang pemimpin yang ada di Sriwijaya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu kerajaan Maritim terbesar yang ada di wilayah Indonesia yaitu ....

Pembahasan Soal:

Pada abad ke-7, muncul kerajaan yang berkembang begitu pesat di wilayah Sumatra, yaitu Kerajaan Sriwijaya. Awalnya Kerajaan Sriwijaya ini muncul setelah munculnya kota-kota perdagangan. Wilayah pantai timur Sumatra merupakan wilayah yang sangat ramai, hal ini dikarenakan wilayah tersebut menjadi salah satu jalur perdagangan. Pada abad ke-7 M, Kerajaan Sriwijaya berhasil menguasai jalur perdagangan di Selat Sunda, Selat Malaka, Selat Bangka, dan Laut Jawa. Seperti yang disebutkan dalam Prasasti Ligor, pangkalan kerajaan Sriwijaya berfungsi untuk mengawasi perdagangan di Selat Malaka. Hingga abad ke-8 M, Kerajaan Sriwijaya berhasil menguasai jalur perdagangan di Asia Tenggara. Oleh karena kekuasaannya yang sangat luas, Sriwijaya menjadi kerajaan maritim terbesar di seluruh Asia Tenggara pada saat itu.

Denagn demikian, salah satu kerajaan maritim terbesar yang ada di wilayah Indonesia yaitu Kerajaan Sriwijaya.

0

Roboguru

Kerajaan Buddha pertama kali yang berkembang di Nusantara adalah ...

Pembahasan Soal:

DIketahui bahwa pada abad ke IV sampai abad ke VII, mulai muncul kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia. Berikut ini merupakan kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha awal yang muncul sekitar abad IV-VII.

  1. Kerajaan Kutai, muncul abad ke-IV (bercorak Hindu).
  2. Kerajaan Tarumanegara, muncul abad ke-V (bercorak Hindu).
  3. Kerajaan Sriwijaya, muncul abad ke-VII (bercorak Buddha).
  4. Kerajaan Kalingga, muncul abad ke-VII (bercorak Hindu).

Dari keempat kerajaan tersebut, Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan bercorak Buddha tertua yang pernah berdiri di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan maritim terbesar di Nusantara. Adapun beberapa faktor yang mendukung Sriwijaya menjadi kerajaan maritim terbesar yang bertahan kurang lebih selama abad ke-VII-XIV, yaitu :

  1. memiliki armada laut yang kuat,
  2. terletak di wilayah yang strategis,
  3. menguasai jalur perdagangan (Jalur Sutera), dan
  4. memiliki pemimpin yang cakap, seperti Dapunta Hyang.

Dengan demikian, Kerajaan Buddha pertama kali yang berkembang di Nusantara adalah Kerajaan Sriwijaya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved