Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!


Alkisah, di sebuah dusun di daerah Sulawesi Tenggara, hiduplah seorang anak laki-laki yatim bernama La Moelu yang masih berusia belasan tahun. Pekerjaan yang mereka jalani sehari-hari yaitu memancing ikan di sungai. Suatu ketika, mereka memperoleh seekor ikan kecil yang lucu dan aneh. Mereka merawat ikan yang lucu dan aneh tersebut. Esok harinya, ikan tersebut sudah tumbuh dengan ukuran yang besar. Bahkan ketika di pindah ikan tersebut terus saja membesar hingga membuat wadahnya menjadi tidak cukup untuk menampung ikan tersebut. Sang ayah memutuskan untuk meminta La Moelu melepaskan ikan yang diberi nama Jinnade tersebut ke sungai. Ia memberikan pesan bahwa ketika ia memanggilnya, maka ikan tersebut harus segera datang dan akan diberikan makan nantinya.

Suatu ketika ada tetangganya yang mencoba untuk memanggil ikan tersebut. Setelah berhasil memanggilnya, sang tetangga memasaknya. Setelah La Moleu mengetahui hal tersebut, ia memutuskan untuk mengubur duri ikannya. Tiba-tiba dari kuburan duri ikan tersebut tumbuh sebuah pohon emas yang akhirnya bisa dipakai untuk kebaikan olehnya.space 

Apa jenis cerita fiksi di atas?

Apa jenis cerita fiksi di atas?space 

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jenis cerita fiksi di atas ialah cerita rakyat.

jenis cerita fiksi di atas ialah cerita rakyat.space 

Iklan

Pembahasan

Cerita fiksi adalah karya sastra berisi berbagai cerita rekaan atau yang didasari fantasi dan bukan berdasarkan atas kejadian nyata. Cerita fiksi terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya cerita rakyat. Cerita rakyat disajikan dengan bahasa Melayu klasik yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya. Teks di atas berisi kemustahilan yang ada pada duri ikan yang dapat tumbuh menjadi pohon emas. Jadi, jenis cerita fiksi di atas ialah cerita rakyat.

Cerita fiksi adalah karya sastra berisi berbagai cerita rekaan atau yang didasari fantasi dan bukan berdasarkan atas kejadian nyata. Cerita fiksi terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya cerita rakyat. Cerita rakyat disajikan dengan bahasa Melayu klasik yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya. Teks di atas berisi kemustahilan yang ada pada duri ikan yang dapat tumbuh menjadi pohon emas.

Jadi, jenis cerita fiksi di atas ialah cerita rakyat.space 

Latihan Bab

Mengenal Hikayat

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Hikayat

Unsur Kebahasaan Hikayat

Menganalisis Hikayat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

63

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Karakteristik kutipan hikayat tersebut adalah ....

11rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia