Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa itu vagina....

Apa itu vagina....space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

vagina merupakan saluran akhir organ reproduksi yang terletak di bagian bawah serviks yang berfungsi sebagai saluran untuk aliran darah saat menstruasi dan jalan lahir bayi.

vagina merupakan saluran akhir organ reproduksi yang terletak di bagian bawah serviks yang berfungsi sebagai saluran untuk aliran darah saat menstruasi dan jalan lahir bayi.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Organ reproduksi dalam perempuan terdiri atas vagina, serviks, uterus, oviduk, dan ovarium. Vagina merupakan saluran akhir organ reproduksi yang terletak di bagian bawah serviks. Vagina tersusun atas otot-otot elastis yang dilapisi selaput membran disebut selaput dara (hymen). Vagina berfungsi sebagai saluran untuk aliran darah saat menstruasi dan jalan lahir bayi. Serviks (leher rahim) merupakan bagian dasar rahim yang berbentuk melingkar dan berbatasan dengan vagina. Uterus merupakan muara oviduk, berotot tebal dan sebagai tempat perkembangan janin. Oviduk merupakan saluran reproduksi yang berperan sebagai jalannya ovum dari ovarium menuju uterus serta tempat berlangsungnya pembuahan. Ovarium merupakan tempat untuk menghasilkan sel telur (ovum). Jadi, vagina merupakan saluran akhir organ reproduksi yang terletak di bagian bawah serviks yang berfungsi sebagai saluran untuk aliran darah saat menstruasi dan jalan lahir bayi.

Organ reproduksi dalam perempuan terdiri atas vagina, serviks, uterus, oviduk, dan ovarium. Vagina merupakan saluran akhir organ reproduksi yang terletak di bagian bawah serviks. Vagina tersusun atas otot-otot elastis yang dilapisi selaput membran disebut selaput dara (hymen). Vagina berfungsi sebagai saluran untuk aliran darah saat menstruasi dan jalan lahir bayi. Serviks (leher rahim) merupakan bagian dasar rahim yang berbentuk melingkar dan berbatasan dengan vagina. Uterus merupakan muara oviduk, berotot tebal dan sebagai tempat perkembangan janin. Oviduk merupakan saluran reproduksi yang berperan sebagai jalannya ovum dari ovarium menuju uterus serta tempat berlangsungnya pembuahan. Ovarium merupakan tempat untuk menghasilkan sel telur (ovum).

Jadi, vagina merupakan saluran akhir organ reproduksi yang terletak di bagian bawah serviks yang berfungsi sebagai saluran untuk aliran darah saat menstruasi dan jalan lahir bayi.

Latihan Bab

Pembelahan Sel

Sistem Reproduksi pada Pria

Sistem Reproduksi pada Wanita

Penyakit dan Upaya Pencegahannya pada Sistem Reproduksi Manusia

170

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar sistem reproduksi wanita berikut! Tuliskan nama bagian-bagian yang ditunjuk!

871

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia