Roboguru

Apa itu hormon LH ?

Pertanyaan

Apa itu hormon LH ?  

  1. . . .  

  2. . . .  

Pembahasan Soal:

Hormon LH merupakan Luteinizing Hormone. Tubuh pria maupun wanita sama-sama memproduksi LH. Hormon ini dibuat dan dilepaskan oleh kelenjar pituitari di otak dan berperan sangat penting dalam menjaga fungsi indung telur (ovarium) serta testis. 

Pada wanita, LH berperan penting dalam siklus menstruasi. Selama dua minggu pertama, hormon ini diperlukan untuk menstimulasi folikel di ovarium alias indung telur untuk memproduksi hormon seks wanita yang disebut estradiol. Lalu pada hari ke-14 pada siklus, kadar LH akan meningkat drastis dan memicu pelepasan sel telur. Pada dua minggu terakhir dari siklus menstruasi, LH melalui mekanisme khusus akan menstimulasi produksi hormon progesteron yang sangat penting untuk mendukung masa awal kehamilan. Hal ini terjadi sebagai mekanisme alami apabila pada masa ovulasi, terjadi pembuahan sel telur oleh sperma. Namun jika ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi oleh sperma, maka lapisan rahim akan keluar melalui vagina, dan fase inilah yang disebut sebagai masa menstruasi.  

Pada pria, LH berperan dalam produksi testosteron. Hormon ini akan menstimulasi sel yang dinamakan sel Leydig untuk menjalankan fungsi tersebut. Testosteron yang telah diproduksi akan berperan untuk menstimulasi produksi sperma dan membantu pria mendapatkan ciri khas fisknya, seperti suara yang dalam, kumis dan jenggot, serta rambut-rambut di badan.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved