Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?

Pertanyaan

Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hubungan rempah-rempah dengan penjajahan di Indonesia adalah bahwa bangsa Eropa datang ke Indonesia karena ingin mencari rempah-rempah yang ingin dijadikan sebagai komoditas utama mereka dalam perdagangan di pasar Eropa, namun bangsa Eropa justru melakukan praktik monopoli perdagangan dan melakukan penjajahan di berbagai daerah di Indonesia.

Pembahasan

Pasca jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani tahun 1453, akses bangsa Eropa untuk memperoleh rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup. Hal tersebut mengakibatkan bangsa Eropa melakukan pelayaran ke timur untuk mencari rempah-rempah. Salah satu kepulauan yang dituju adalah kepulauan Indonesia. Hal tersebut dikarekan ketersediaan rempah-rempah di Indonesia yang melimpah, harga yang murah serta mutu dari rempah-rempah yang baik. Beberapa rempah-rempah yang diperoleh dari kepulauan Indonesia yakni cengkeh, kopi, nilai, jarak, dan lain-lain. Dalam mendapatkan rempah-rempah tersebut bangsa Eropa melakukan monopoli perdagangan dan bahkan melakukan penjajahan di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan demikian, hubungan rempah-rempah dengan penjajahan di Indonesia adalah bahwa bangsa Eropa datang ke Indonesia karena ingin mencari rempah-rempah yang ingin dijadikan sebagai komoditas utama mereka dalam perdagangan di pasar Eropa, namun bangsa Eropa justru melakukan praktik monopoli perdagangan dan melakukan penjajahan di berbagai daerah di Indonesia.

4rb+

5.0 (4 rating)

Pertanyaan serupa

Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong bangsa Portugis ingin menemukan pusat rempah-rempah di Asia?

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia